Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika Booting dan Cara Memperbaikinya

Mungkin Anda sedang mengalami masalah ketika hendak menyalakan laptop pada saat booting atau mau masuk windows tiba-tiba malah mati seperti terputus arus baterai. Padahal laptop tersebut menggunakan baterai yang terisi penuh, bahkan sambil terhubung dengan adaptor. Nah kalau benar kejadian yang sedang Anda alami sesuai dengan yang saya terangkan, disini saya akan berbagi informasi tentang apa penyebab dan cara memperbaikinya.

Penyebab:

Menurut pengalaman saya, hal tersebut disebabkan oleh cacat atau tidak stabilnya tegangan vCore untuk processor. Karena sebuah processor tidak akan mampu bekerja dengan baik apabila tegangan yang mensuplaynya masih berbentuk gelombang sinus atau begeirigi.

Seiring dengan bertambahnya umur laptop biasanya diikuti dengan melemahnya kinerja baterai, sehingga kebiasaan buruk menggunakan baterai sambil dalam di carger akan dilakukan oleh siapa saja. Nah hal tersebutlah yang membuat rangkaian penyetabil tegangan vCore harus bekerja lebih maksimal sehingga menjadi cepat rusak.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet dan Terjaga Performanya

Cara memperbaikinya:

Sudah saya jelaskan diatas kalau setiap laptop baik notebook ataupun netbook pasti dilengkapi dengan sebuah rangkaian penyetabil vCore. Rangakain tersebut menggunakan komponen inti yang disebut kapasitor NEC TOKIN.

Nah kalau laptop ketika dihidupkan langsung mati sendiri seperti terputus arus listrik dan baterai, sangat mungkin kalau yang rusak adalah komponen kapasitor NEC TOKIN nya.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bentuk dan berada dibagian mana, kapasitor NEC TOKIN tersebut. Kapasitor NEC TOKIN bentuknya seperti gambar dibawah ini..

Kapasitor NEC TOKIN

Posisinya biasa berdekatan dengan processor atau bahkan kebanyakan berada dibawah processor.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menggganti kapasitor NEC TOKIN, Yaitu menggantinya dengan kapasitor NEC TOKIN yang sesuai nilainya, atau menggantinya dengan kapasitor tantanlum.

Kalau menggantinya dengan kapasitor NEC TOKIN lagi, pastikan harus yang sama nilainya, misalnya OE 907 atau OE 128 dan banyak lagi. Karena biasanya setiap vendor mainboard menggunakan ukuran yang berbeda.

Lalu kalau menggunakan kapasitor tantalum sebagai pengganti kapasitor NEC TOKIN, harus terdiri dari beberapa buah, ini juga harus disesuaikan dengan nilai aslinya.

Kalau saya biasa menggunakan minimal 4 buah kapasitor tantalum ukuran 330 uf 2,5 volt yang dipasang secara paralel.

Untuk bentuk dari kapasitor tantalum yang umum dijual dipasaran biasanya ada 2 varian warna, ada yang berwarna hitam dengan polet garis putih sebagai positifnya. Ada juga yang berwarna kuning dengan polet cokelat sebagai positifnya.

Kapasitor Tantalum

Cara mengganti kappasitor NEC TOKIN menggunakan kapasitor tantalum:

  • Lepas kapasitor NEC TOKIN dengan cara mencongkelnya menggunakan pisau cutter dengan hati-hati jangan sampai merusak jalur PCB.
  • Bersihkan dan beri sedikit timah agar mudah memasang kapasitor tantalum.
  • Pasang kapasitor tantalum bagian positif ke posisi luar dan bagian negatif ke bagian dalam.
  • Rekatkan dengan timah menggunakan solder.

Nah setelah kapasitor NEC TOKIN kita ganti, maka kasus laptop mati sendiri ketika dihidupkan akan langsung teratasi.

Demikianlah artikel kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi laptop mati sendiri ketika sedang booting atau ketika mau masuk windows yang bisa saya sampaikan. Kalau ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga: Penyebab laptop sering mati sendiri secara tiba-tiba.

Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter