Tips Agar Baterai Android Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips agar baterai Android awet dan tidak mudah rusak - Android adalah perangkat keras yang didalamnya terdapat puluhan bahkan sampai ratusan perangkat lunak mobile. Perangkat lunak atau aplikasi yang terdapat pada Android kalau kita tidak tau pengoprasiannya itu bisa berjalan sendiri dan sangat menguras kinerja baterai, sehingga kebanyakan Android sangat boros kunsumsi daya.

Tips Agar Baterai Android Awet dan Tidak Mudah Rusak

Sebagus-bagusnya sebuah Android paling hanya mampu bertahan 4-6 jam saja baterainya, walaupun sudah dicarger sampai full. Apalagi kalau kita melakukan kesalahan pengecasan sejak awal membeli Android. Untuk itu kita harus tahu betul bagaimana cara pengecasan baterai Android yang benar sejak Android pertama kali dibeli.

Memang terkadang karena kita kurang sabar ingin segera menggunakan perangkat Android, maka ketika Android pertama kali dihidupkan sudah langsung dipakai bahkan bisa sampai baterainya ngedrop. Padahal sangat tidak dianjurkan untuk perangkat Android baru langsung digunakan sampai baterainya habis. Karena molekul-molekul yang terdapat pada baterai baru harus melalui beberapa proses pengisian yang benar agar kinerja molekul-molekul batrei Android tersebut bisa bekerja secara maksimal.

Berikut adalah cara mengecas baterai Android baru agar awet dan tips agar baterai Android tidak mudah rusak.

1. Carger 4 kali di awal penggunaan Android

Ketika pertama kali Android hendak dijalankan, disarnakan untuk di isi dulu baterainya sampai benar-benar penuh dalam keadaan Android dimatikan.

Setelah penuh biarkan suhu baterai sampai dingin dulu karena suhu baterai akan naik ketika selesai dicarger. Setelah baterai benar-benar dingin silahkan hidupkan Android lalu gunakan sampai batreinya habis total atau sampai drop.

Setelah baterai habis total biarkan sejenak sampai suhu baterai benar-benar dingin, lalu isi kembali baterai Android dalam keadaan mati sampai benar-benar penuh kembali. Kalau sudah penuh biarkan sampai suhu baterai menjadi dingin, dan setelah dingin silahkan hidupkan dan gunakan kembali Android sobat sampai baterainya habis total lagi.

Lakukan cara diatas sampai 4 kali secara berturut-turut. Tujuannya agar molekul-molekul yang terdapat pada baterai Android benar-benar terisi dan bekerja secara sempurna.

2. Jangan aktifkan data internet dijaringan yang tidak stabil

Kenapa jangan mengaktifkan koneksi internet apabila sinyal atau jaringan internet sedang tidak bagus? karena kinerja baterai akan dipaksa bekerja dua kali lipat oleh sistem penerimaan sinyal, suhu android dan juga baterai akan sangat panas.

Apabila baterai terus-terusan dioperasikan dalam temperatur yang terlalu tinggi, bisa mempercepat kerusakan pada baterai itu sendiri.

Apalagi untuk Android yang menggunakan baterai jenis tanam, ini sangat riskan terjadi panas apabila dipaksakan bekerja pada sinyal internet yang tidak stabil.

3. Non aktifkan aplikasi yang tidak penting

Perlu Anda ketahui, tanpa sepengetahuan Anda banyak sekali aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Hal inilah yang jadi penyebab baterai Android jadi lebih boros. Untuk itu sebaiknya non aktifkan aplikasi-aplikasi tersebut agar tidak berjalan sendiri.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di Android bisa dengan cara berikut:

  • Masuk ke pengaturan Android lalu klik pada Aplikasi
  • Selanjutnya klik pada info aplikasi
  • Lalu klik titik 3 di pojok kanan atas dan pilih tamplikan sistem.
  • Anda akan melihat aplikasi mana yang sedang aktif dan tidak.
  • Silahkan klik pada aplikasi yang menurut Anda tidak penting lalu non aktifkan.

4. Hindari penggunaan Android pada suhu yang terlalu panas

Selain dari suhu ketika Android sedang digunakan, suhu tempat Android Anda digunakan pun tidak boleh terlalu panas. Karena panas yang terjadi didalam perangkat Android butuh pendinginan.

Coba saja Anda bayangkan, apabila panas dari dalam ditambah panas dari luar bersatu? Tentu akan menyebabkan pemanasan 2 kali lipat. Dan ini sangat tidak bagus untuk keawetan baterai Android.

5. Jangan gunakan Android pada suhu yang terlalu dingin

Selain suhu panas, suhu yang terlalu dinginpun tidak bagus untuk baterai Android. Apalagi kalau Anda hendak mengisi baterai, sangat tidak dianjurkan mengisi baterai Android apabila suhu baterai sedang dalam keadaan sangat dingin.

Jadi disarankan dalam menggunakan perangkat Android agar baterainya lebih awet dan tidak mudah rusak, jangan digunakan pada suhu atau temperatur yang terlalu panas, dan juga terlalu dingin.

6. Gunakan carger original

Setiap perangkat Android sudah dibekali dengan baterai yang kapasitasnya sudah disesuaikan, juga dengan pengisi baterai atau carger yang memang sudah seharusnya.

Terkadang karena alasan carger original tertinggal atau hilang, Anda berani-berani menggunakan carger yang bukan aslinya.

Ini sangat beresiko terhadap keawetan baterai. Karena terkadang untuk carger yang bukan aslinya, cara pengisiannya bisa terlalu cepat dan bisa terlalu lama.

7. Jangan mengisi baterai sambil bermain game

Untuk penggunakan wajar seperti bersosial media, chat, telpon dan SMS menggunakan Android sambil dicarger masih bisa dibilang pemakaian wajar. Tapi kalau sudah mengisi baterai sambil digunakan bermain game, itu hal yang sangat tidak wajar.

Karena rata-rata seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game. Ini sangat beresiko untuk ketahanan baterai yang terus-menerus di isi dan dibuang.

Jadi sebaiknya isi dulu baterai sampai penuh sebelum bermain game. Dan kalau sudah mau habis, hentikan permainan Anda dan isi kembali baterai sampai penuh.

Nah demikianlah beberapa tips agar baterai Android lebih awet dan tidak mudah rusak yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai Android Baru Agar Berumur Panjang.

Loading...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter