Apa Itu Fragmentasi dan Bagaimana Cara Defragmentasi Hardisk

Fragmentasi Hardisk

Apabila Anda merasa ada masalah pada hardisk baik dalam hal kecepatan maupun dalam kapasitas ruang penyimpanan, hal tersebut bisa disebabkan karena hardisk pada komputer Anda mengalami fragmentasi. Apa itu fragmentasi dan bagaimana cara mengatasinya? Itu yang akan saya bahas pada artikel ini.

Apa itu Fragmentasi?

Fragmentasi dalam perangkat komputer adalah terbentuknya ketidak efensienan penyusunan file pada Hard drive (Hardisk). Sehingga kalau hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus selain akan merugikan ruang penyimpanan, juga akan memperngaruhi kinerja komputer, biasanya menjadi lebih lambat.

Aktivitas seseorang dengan perangkat komputer tentu tidak hanya sekedar tulis menulis. Instal dan uninstal program, browser, main game, live streaming dan lain sebagainya merupakan aktivitas yang menyebabkan terbentukan fragmentasi.

Coba Anda bayangkan, dalam 30 hari saja sudah berapa juta file yang diacak-acak dalam hardisk? Inilah alasan utama kenapa terbentuknya fragmentasi tidak mungkin bisa dihilangkan. Hanya bisa diatasi dengan cara rutin melakukan defragmentasi hardisk.

Tapi perlu Anda ketahui juga, kalau melakukan defragmentasi terlalu sering tidak bagus juga untuk kesehatan hardisk. Karena proses defrgamentasi akan menguras kecepatan putaran hardisk menjadi tidak wajar.

Sebab proses defragmentasi adalah mengisi ruang-ruang kosong pada hardisk dengan file yang seharusnya ada pada celah tersebut. Hal ini jelas akan membuat optik pada hardisk akan bergerak maju mundur dengan frequensi yang sangat tinggi. Belum untuk proses penulisan data dan penghapusan dari tempat semula. Kinerja hardisk akan sangat dipertaruhkan.

Setelah Anda paham dengan apa yang dimaksud dengan fragmentasi dan apa efek negatifnya terhadap kinerja perangkat komputer, mungkin Anda berniat untuk melakukan defragmentasi hardisk secepatnya.

Dibawah ini akan saya jelaskan langkah-langkahnya, tapi sekali lagi saya ingatkan, kalau proses defragmentasi tidak boleh dilakukan terlalu sering. Batas wajar untuk menjaga keawetan hardisk, saya sendiri biasa melakukannya paling sering 3 bulan sekali.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Laptop Terbukti Berhasil.

Cara defragmetasi hardisk

Bila Anda menggunakan windows 7, cara untuk melakukan defragmentasi hardisk adalah sebagai berikut:

  • Klik Start lalu di kolom pencarian agar mudah tuliskan Disk Defragmenter lalu klik icon Disk Defragmenter yang muncul, maka akan mucul tab seperti gambar berikut ini
Cara defragmentasi Hardisk di windows 7
  • Pilih satu persatu drive yang ada di dalam tab tersebut lalu klik Analyze disk, biarkan proses analyzer sampai selesai, nanti akan muncul berapa persen tingkat fragment dari masing-masing drive lalu langkah selanjutnya adalah meng-klik Defragment disk.
  • Tunggu sampai prosesnya benar-benar selesai, ini memerlukan waktu yang cukup lama tergantung tingkat fragment dari hardisk kita.
  • Setelah proses selesai silahkan reboot komputer Anda.

Lalu bagaiamana cara defragmentasi hardisk pada windows 10? Caranya tidak begitu beda dengan windows 7. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pada menu pencarian ketik "defragment" tanpa tanda kutip.
  • Lalu klik pada Defragment And Optimize Drives.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan yang sama seperti pada windows 7.
  • Pilih drive yang akan di defragmentasi.
  • Klik pada analize disk dan selanjutnya klik pada Defragment disk.
  • Tunggu sampai selesai dan setelah selesai jangan lupa untuk mereboot komputer.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu fragmentasi dan cara defragmentasi hardsik yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter