4 Siklus Yang Menentukan Perkembangan Sebuah Blog

Siklus Yang Menentukan Perkembangan Sebuah Blog

Siapa blogger yang tidak tertarik untuk hidup sukses hanya dari pekerjaan menulis di blog? Tentu semua blogger berkeinginan meraih hal yang sama. Tapi untuk meraih sukses jadi seorang blogger bukan perkara mudah, dan tidak mungkin bisa ditempuh dalam waktu singkat, setau saya ada 4 fase atau siklus yang menentukan perkembangan dan keberhasilan sebuah blog.

Pasti Anda pernah mendengar tentang kisah sukses para blogger yang bisa menghasilkan banyak uang yang nilainya bisa mencapai ratusan, bahkan ribuan dollar setiap bulannya? dan tidak diragukan lagi termasuk saya sendiri saya ingin merasakan sesukses mereka. Dengan alasan itulah saya mencoba menggali bagaimana membangun blog ini sampai bisa menghasilkan uang.

Berbagai usaha mungkin sudah kita lakukan, tapi keberhasilan yang kita inginkan belum juga kunjung datang. Nah bagi anda-anda yang sedang berusaha mencapai semua itu, janganlah putus asa, marilah sama-sama belajar dan belajar agar bisa mendulang sukses sesuai dengan yang kita harapkan.

Sekali lagi saya tegaskan, untuk meraih kesuksesan bukanlah hal yang mudah. Semuanya butuh proses, dibutuhkan kesabaran, dan butuh kerja keras.

Bagi Anda yang belum tahu tentang fase atau siklus pengembangan sebuah blog, berikut ini adalah fase-fasenya.

1. Fase pendirian

Fase ini adalah tahap dimana kita harus membangun konten berkualitas, yang selalu dibutuhkan oleh orang, konten abadi, konten yang tidak akan jatuh diterpa waktu, konten yang akan selalu dicari generasi demi generasi.

Jangan puas dengan 10 atau 20 artikel yang telah kita buat, tetap dan teruslah menulis, sains dan pengetahuan tidak ada batasnya. Jadi tidak ada alasan untuk kita berhenti menulis, selama otak kita masih bisa berfikir, selama jari-jari kita masih mampu mengetik, teruslah menulis dan menulis.

2. Fase pertumbuhan trafik atau pengunjung blog

Apakah blog berumur 2-3 bulan akan bisa mendatangkan traffic yang bagus? Dalam kasus ini, saya berkonsentrasi pada lalu lintas organik, bukan lalu lintas media sosial, bukan lalu lintas palsu, tapi benar-benar murni lalu lintas dari mesin telusur. Tentunya butuh waktu yang sangat lama, dan tentunya juga harus didukung dengan konten berkualitas, seperti yang saya sebutkan di tahap pertama, mungkin setelah melalui beberapa perubahan algoritma Google. Kemudian artikel atau konten kita baru akan menghasilkan lalu lintas organik yang sempurna.

3. Fase pematangan dan fase memonetisasi blog

Fase ini seharusnya hanya dilakukan jika blog kita sudah memiliki setidaknya seribu pengunjung per hari yang berasal dari kunjungan organik. Agar penghasilan yang kita dapatkan benar-benar murni, kita akan terbebas dari prasangka klik iklan sendiri dan lain-lain. Sementara untuk mendatangkan pengunjung organik tidaklah mudah, sangat, sangat membutuhkan waktu dan kesabaran.

4. Fase pemeliharaan

Setelah ketiga fase tersebut terlewatkan, maka fase terakhir adalah maintenance blog, apa lagi, kontennya sudah cukup, pendapatan sudah ada. Yang harus kita lakukan adalah menjaga blog agar tetap terjaga stabilitas, baik dari sisi pengunjung maupun kecepatan akses serta menjaga blog dari spam-spam yang tidak disukai oleh Google. Meski blogger dan platform lainnya telah mengaktifkan deteksi spam secara otomatis dan akan memberitahukan kita sebagai pemilik blog tentang spam yang berbahaya bagi kesehatan blog, ada juga kita ditekankan untuk lebih intensif untuk menjaganya.

Setelah mengetahui 4 fase yang telah saya jelaskan diatas, mudah mudahan rasa putus asa dan kurang percaya diri dalam meraih kesuksesan segera teratasi. Dan diganti dengan sikap optimisme yang kuat, jika kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja.

Itulah 4 fase atau siklus yang menentukan keberhasilan sebuah blog yang yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Komentar dari unknown, komentar link, komentar diluar topik tidak akan disetujui dan dipublikasikan. Terimakasih.

Subscribe Our Newsletter