Inilah 2 Cara Paling Mudah Pasang Iklan Adsense Di Wordpress

Buat kamu yang baru menggunakan wordpress dan baru mendapatkan akun Google Adsense tapi bingung cara pasang kode iklannya, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara pasang kode iklan Adsense di wordpress yang menurut saya paling mudah.

Cara pasang iklan adsense di wordpress

Memang kalau kita baru mengenal wordpress atau baru membuat situs menggunakan platform wordpress akan sedikit bingung. Sebab di wordpress ruang gerak kita untuk mengenal strukturnya sedikit terbatas. Karena hampir semua fitur yang ada pada wordpress dikendalikan oleh plugin.

Terlebih kalau kita menggunakan template gratis yang ada disana, tidak sebebas mengutak-atik template seperti di blogger. Begitu juga kalau mau memasang kode iklan adsense, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin.

Kecuali kalau kita sudah mahir dengan HTML dan CSS, tentu akan mudah mau meletakan kode iklan didalam HTML semau kita. Beda lagi dengan yang masih awam seperti saya, oprek-oprek HTML malah sering membuat situs jadi error.

Nah daripada ribet dan beresiko error pada situs, lebih baik kalau mau pasang kode iklan adsense, ikuti cara yang akan saya jelaskan saja, toh hasilnya nanti sama saja.

Lagipula cara yang akan saya jelaskan direkomendasikan juga oleh pihak Google yang sebelumnya saya baca-baca.

2 Cara Paling Mudah Pasang Iklan Adsense Di Wordpress

1. Menggunakan kode iklan auto Ads

Pasti kalian sudah pada tahu kalau saat ini untuk menampilkan iklan adsense diberbagai lokasi situs tidak perlu memasang banyak kode. Cukup 1 kode saja yang pengaturannya sudah disesuaikan dengan keinginan kita, maka secara otomatis iklan akan tampil dibeberapa lokasi yang menurut Google paling cocok ditempati iklan.

Ini sangat cocok buat kalian yang tidak mau ribet atur ini itu, cukup aktifkan iklan otomatis di dashboard adsense, lalu ceklist jenis iklan apa saja yang ingin ditampilkan, pasang kode, beres.

Dan untuk pasang kode iklan auto ads atau iklan adsense otomatis, sama saja dengan cara memasang di blogger. Tingal taruh kode diantara <head> dan </head>, maka semuanya sudah selesai.

Atau kalau kamu mendaftar adsense dan ketika memasang kode iklan sudah diatara <head> dan </head>, tidak usah dirubah lagi, tinggal seting saja pengaturan iklan otomatis di dashboard adsensenya.

2. Menggunakan Plugin Ad Inserter

Cara yang kedua adalah menggunakan plugin. Walau banyak sekali plugin untuk memasang kode iklan di wodpress, tapi saya sarankan bagi pemula untuk menggunakan plugin Ad inserter. Karena cara menggunakannya sangat mudah dan hasil penataan iklannya sangat bagus dan rapih.

Caranya sebagai berikut:

  • Instal dulu plugin Ad Inserter
  • Setelah terinstal, buka setelan -> Ad inserter.
Pasang iklan adsense dengan plugin ad inserter
  • Selanjutnya klik pada settings, maka akan terbuka menu pemasangan kode iklan berupa block 1 sampai block 16 sesuai dengan setingan awalnya.
  • Misalnya kamu mau pasang 3 kode iklan untuk di atas posting, tengah posting dan akhir posting. Maka kamu harus memasang 3 kode di 3 block.
  • Contohnya kode untuk iklan diatas posting kamu simpan di block 1, untuk ditengah posting kamu simpan di block 2, dan untuk iklan di akhir postingan kamu simpan di block 3.
  • Untuk kode iklan bisa menggunakan 1 kode atau mau dibuat beberapa kode, itu terserah kamu. Saran saya agar mudah mengontrol performa sebaiknya dibuat kode iklan yang berbeda untuk setiap posisi.
Pasang kode iklan pada kolom block ad inserter
  • Lalu untuk memposisikan letak iklan sesuai dengan keinginan kamu, gulir kebawah pada menu Ad inserter, cari Insertion.
  • Klik dropdown di Insertion dan pilih posisi tempat meletakan iklan.
  • Misalnya kode yang di block 1 akan diletakan diatas postingan, klik pada block 1 lalu di bagian insertion pilih before content. Artinya sebelum artikel.
  • Lalukan juga hal yang sama untuk setiap block yang kamu isi. Dan kalau sudah dirasa benar, jangan lupa mengklik tombol Save All Settings, agar setingan yang kamu buat tersimpan dan segera aktif.

Nah mudah bukan? Demikianlah 2 cara memasang kode iklan adsense di wordpess secara manual dan menggunakan plugin yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter