Ini 10 Cara Sederhana Merawat Laptop Agar Awet dan Terjaga Performanya

Cara Merawat Laptop

Cara merawat laptop - Laptop adalah perangkat elektronik yang sangat rentan rusak, apalagi kalau tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Maka bisa dipastikan dalam waktu yang relatif singkat, perangkat laptop bisa rusak. Sebenarnya bukan hal sulit merawat laptop, namun terkadang untuk sebagain orang ada rasa takut kalau malah jadi rusak.

Di zaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini rasanya hampir semua orang pasti memiliki laptop apalagi bagi anda yang bekerja di instansi pemerintah, dinas pendidikan, dinas pertanian, pelaku bisnis, pelajar dan masyarakat sipil, blogger, YouTuber dan lainnya.

Laptop bisa di bilang kantor kedua bagi pemiliknya, dengan memiliki laptop kita bisa melakukan pekerjaan di mana saja dan kapan saja, alangkah di sayangkan apabila laptop kita yang penuh dengan data-data penting tiba-tiba rusak hanya karena kurang baik dalam merawat nya, barang apapun kalau kurang baik dalam merawat pasti akan cepat rusak.

Lalu bagaimana cara merawat laptop agar awet dan selalu terjaga performa terbaiknya? Dibawah ini ada 10 tips sederhana yang bisa Anda praktekan tanpa harus melibatkan teknisi laptop.

1. Rutin mengisi baterai sampai penuh

Pastikan baterai laptop dalam keadaan terisi penuh sebelum kita menggunakanya, luangkan waktu untuk mengisi batrei setiap kali kita selesai melakukan pekerjaan, biasakan mengisi batrei laptop dalam keadaan laptop mati, tujuannya untuk memperpanjang umur batrei, karena molekul-molekul yang terdapat dalam batrei akan cepat rusak apabila di pakai sambil di isi, jadi jangan di biasakan menggunakan laptop sambil di carger.

2. Beri sirkulasi udara yang cukup

Gunakan laptop dalam ruangan/tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Jangan menggunakan laptop pada ruangan yang udaranya terlalu panas. Juga kalau laptop dalam keadaan tidak digunakan, jangan menyimpannya ditempat yang terlalu dingin. Karena dikhawatirkan akan terjadi pengembunan dan bisa menyebabkan konslet pada komponen apabila laptop dihidupkan.

3. Hindarkan dari debu

Agar laptop lebih awet, selalu gunakan laptop di tempat yang bebas dari debu, karena sirkulasi kipas pendingin yang ada di dalam laptop itu bekerja mengambil udara lalu di tiupkan ke hatsink/pendingin lalu di buang keluar, bayangkan saja kalau udara yang masuk itu bercampur debu tentunya apapun yang dilewati oleh udara tersebut akan ditempeli debu, bahaya nya adalah komponen yang di tempeli debu akan mudah berkarat dan lubang udara lama kelamaan akan tersumbat, ini bahaya karena sirkulasi udara yang kurang bagus akan menyebabkab komponen utama seperti prossessor cepet panas dan bisa menimbulkan kerusakan mendadak.

4. Bersihkan bagian luar

Membersihkan laptop bagian luarnya setiap habis di gunakan itu sangat dianjurkan, karena kalau kotoran yang menempel di biarkan lama akan menempel dan tentunya akan menyebabkab laptop terlihat lusuh, padahal laptop masih terbilang baru, ini bisa merusak keindahan dari laptop Anda. Selain itu kotoran dan debu apabila tidak rajin dibersihkan bisa menutup sirkulai udara dan menyebabkan laptop lebih cepat panas.

5. Bersihkan bagian dalam

Membersihkan laptop bagian dalam secara berkala juga sangat dianjurkan, misalnya 3 atau 6 bulan sekali, kalau anda tidak sanggup membuka nya karena khawatir terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, untuk memberssihkan laptop bagian dalamnya bisa menggunakan jasa teknisi. Jangan takut kemahalan, karena kalau sekedar diperintahkan untuk membersihkan saja biasanya teknisi jarang pasang tarif mahal.

6. Jangan terlalu memprosir laptop

Gunakan laptop dengan wajar dan sesuai dengan kemampuannya, sangat tidak di anjurkan laptop bekerja full 24 jam. Karena sekalipun laptop sudah dirancang untuk digunakan berhari-hari tanpa henti asal diberi sirkulasi udara yang cukup. Tapi tetap saja komponen-komponen didalam laptop butuh waktu untuk istirahat juga.

7. Jangan mematikan laptop langsung dari tombol power

Terkadang karena terburu-buru seringkali saya melihat orang mematikan laptop secara paksa, langsung menekan tombol power beberapa saat sampai laptop mati. Nah hal ini sangat tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan hardisk cepat rusak dan data yang ada pada hardisk bisa menjadi korup.

Perlu Anda ketahui, kalau ketika laptop dimatikan secara normal, system akan menyimpan dulu file temporary yang membantu Anda mempersingkat waktu ketika hendak digunakan lagi nati. Juga akan meletakan posisi optik hardisk pada tempat yang aman sebelum dimatikan.

Berbeda kalau Anda mematikan laptop secara paksa, ketika optik akan bergeser ke posisi semula bisa menyebabkan gesekan pada piringan hardisk. Sebab proses pergeserannya tidak dibarengi dengan tegangan untuk optik hardisk.

8. Refresh system

Biasakan ketika Anda sedang menggunakan laptop untuk merefreshnya secara berkala, tapi terlalu sering juga kurang baik. Pokoknya setiap kali Anda selesai mengerjakan sesuatu dengan laptop, sebelum berlanjut kepekerjaan lainnya, refresh dulu agar system selalu fresh.

9. Selalu matikan laptop apaila tidak sedang dipakai atau hendak dibawa pergi

Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati sebelum di simpan atau di bawa kemana-mana. Perlu Anda ketahui, kalau membawa laptop dalam keadaan hidup ini sangat berbahaya. Khususnya untuk laptop yang masih menggunakan hardisk sebagai penyimpanan data dan system. Karena hardisk akan tetap hidup dan bergerak apabila laptop tidak dimatikan sambil dibawa jalan. Ini akan membuat hardisk menjadi cetap rusak.

10. Bersihkan file sampah secara berkala

Satu lagi yang terakhir agar laptop Anda tetap awet, disarankan untuk rutin membersihkan file sampah. Lagian hal tersebut bukan hal yang sulit dilakukan, cukup dengan mengklik kanan pada tempat sampah lalu hapus secara permanen.

Demikianlah beberapa cara sederhana merawat laptop agar tetap awet dan tetap terjaga performa terbaiknya.

Baca Juga: Cara meningkatkan kinerja dan performa komputer / laptop.

Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter