3 Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Laptop Terbukti Berhasil

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Atau Laptop - Tentu Anda merasa jengkel apabila hendak menjalankan perangkat komputer harus menunggu dulu booting yang lambat. Atau ketika mau menjalankan aplikasi sepertinya tidak ada respon, bahkan lebih sering gagal dan bahkan komputer Anda malah menjadi hank atau crash.

Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Laptop

Kalau komputer atau laptop Anda mengalami hal seperti itu, tandanya Anda memiliki komputer dengan performa yang kurang bagus, kalau hal tersebut dibiarkan selain bisa mengganggu pekerjaan, juga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Nah oleh sebab itu pada tutorial kali ini saya mencoba berbagi informasi tentang cara meningkatkan atau mengoptimalkan kinerja komputer yang lambat.

Sebenarnya melambatnya kinerja komputer atau laptop bisa disebabkan oleh menurunnya kinerja Prosessor, RAM dan HDD, defragmentasi file, atau bisa juga karena komputer atau laptop anda terjangkit virus yang merusak kinerja system sehingga menjadikannya bekerja tidak maksimal.

Lebih jelasnya dibawah ini beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan buruknya kinerja sebuah perangkat komputer/laptop:

  • Umur dari hardware komputer tersebut memang sudah tua, ini bisa jadi faktor utama.
  • Kurang baik dalam merawat.
  • System yang memang tidak baik.
  • Virus yang menempel di System.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kinerja komputer/laptop agar performanya lebih baik? Dibawah ini 3 cara yang bisa Anda terapkan dan menurut pengalaman saya cukup berhasil.

1. Matikan aplikasi yang tidak di perlukan saat startup

Mungkin sebagian pengguna komputer tidak sadar kalau setiap kali menginstal aplikasi ada beberpa aplikasi yang secara otomatis akan berjalan pada saat start up atau pada saat komputer dihidupkan. Setiap aplikasi yang berjalan pada saat start up membutuhkan RAM, coba Anda bayangkan kalau semakin banyak aplikasi yang berjalan pada saat start up akan menghabiskan RAM. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mematikan aplikasi yang berjalan pada saat start up tersebut.

Karena aplikasi-aplikasi tersebutlah yang menggangu kinerja komputer pada saat melakukan booting menjadi sangat lambat.

Cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan pada saat komputer mulai dihidupkan:

  • Start lalau pilih run lalu tulis msconfigENTER. akan mucul dialog seperti ini
Cara Meningkatkan dan Memaksimalkan Kinerja Komputer atau Laptop
  • Lalu pilih startup lalu disable all atau disable yang tidak perlu saja lalu apply, perhatikan gambar di bawah
Mematikan fitur startup di windows

Baca Juga: Cara Agar Program atau Aplikasi Bisa Berjalan Otomatis di Startup Windows.

2. Matikan Visual Effects pada windows

Visual efek adalah fitur bawaan windows yang sudah terseting secara otomatis pada saat kita melakukan instalasi windows. Yang tujuannya untuk mempercantik tampilan windows. Namun sayangnya semakin bagus tampilan otomatis akan memakan RAM dan processor karena memuat source animasi yang lumayan besar. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mematikan visual efek bawaan windows tersebut atau paling tidak menguranginya saja.

ara mematikan visual effects pada windows adalah sebagai berikut:

  • Start lalu di my computer klik kanan pilih proferties akan muncul dialog seperti ini
Advanced system setings
  • Pilih Advanced system settings, akan muncul dialog seperti ini
Masuk ke menu system properties windows
  • Klik advanced lalu klik settings, kalau saya lebih suka menyeting seperti ini
Mengkostumisasi system performa windows
  • Setelah setingannya sesuai dengan yang tertera pada gambar diatas, silahkan klik apply.

3. Hapus temporary file secara berkala

Temporary file adalah sekumpulan cache yang dihasilkan setiap kali Anda menjalankan aplikasi-aplikasi di komputer. Semakin lama temporary file tersebut akan memenuhi ruang hardisk dan bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat. Untuk itu sangat disarankan untuk menghapus temporary file secara berkala.
Namun ada satu hal yang harus Anda ketahui, kalau file temporary atau cache dihapus, maka ketika Anda hendak membuka aplikasi pertama kali setelah melakukan penghapusan file temporary, Anda akan merasakan sedikit lambat. Tapi itu bukan masalah, karena untuk membuka aplikasi yang kedua kali dan seterusnya akan kembali cepat. Karena untuk seterusnya system akan membaca dulu file cache dan kalau sudah pernah dijalankan akan mengambil start dari cache.

Cara menghapus temporary file di komputer adalah sebagai berikut:

  • Start lalu run lalu ketik %tmp% lalu enter, akan muncul semua file sampah, agar praktis tekan Ctrl+A lalu Ctrl+D.

Selanjutnya setelah Anda melakukan cara-cara diatas, silahkan reboot komputer dan rasakan performa komputer akan meningkat dari sebelumnya.

Catatan tambahan, selain melakukan cara-cara yang telah saya jelaskan diatas, jangan lupa juga untuk mengecek hardware yang digunakan. Seperti memeriksa RAM, Hardisk, CPU, dan juga mengontrol tingkat panas pada komputer. Karena selain masalah software, terkadang akibat adanya hardware yang sudah bermasalah bisa menyebabkan kinerja komputer jadi terganggu.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk meningkatkan dan memaksimalkan kinerja atau kecepatan komputer dan laptop yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kalau ada pertanyaan silahkan layangkan pertanyaan anda pada halaman komentar yang disediakan. semoga bermanfaat.

Baca Juga: 10 Cara sederhana merawat laptop.

Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter