Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Menggunakan Smartphone Android dan iPhone

Cara Mengunci Windows 10 Secara Otomatis Menggunakan Smartphone Android

Mengunci komputer ketika Anda sedang tidak didepan komputer merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan. Karena bisa saja tanpa sepengetahuan Anda ada orang jahat yang membuka komputer dan mencuri data-data penting dikomputer Anda. Namun untuk mengunci komputer terkadang kita malas, karena perlu melakukan beberapa langkah.

Namun khusus Anda yang menggunakan Windows 10, kini ada kabar baik, karena Microsoft telah menambahkan fitur baru pada Windows 10 untuk mengunci komputer secara otomatis dengan fitur yang bernama Dynamic Lock.

Yang dimana fitur dari Dynamic Lock ini  membuat proses penguncian lebih mudah dan bisa tanpa sepengetahuan orang lain. Karena terkadang ketika kita sedang diluar, lalu ada orang yang masuk dan hendak membuka komputer kita, kita akan merasa canggung untuk melarangnya. Nah dengan adanya fitur Dynamic Lock ini Anda bisa mengunci komputer hanya menggunakan perangkat smartphone Android atau iPhone.

Bagi Anda yang pada windows 10 nya belum terdapat fitur Dynamic Lock, segera update windows 10 Anda untuk mendapatkan fitur baru tersebut.

Tentu Anda merasa penasaran, seperti apa sih cara kerja dari fitur Dynamic Lock dan bagaimana cara menggunakannya? Simak saja artikel ini sampai tuntas.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Windows 10 Dengan 3 Langkah Mudah.

Berikut ini langkah-langkah cara mengunci Windows 10 secara otomatis menggunakan smartphone Android atau iPhone.

Langkah 1. Koneksikan Bluetooth smartphone Android atau iPhone dengan PC

Fitur Dynamic Lock Windows 10 bergantung pada penggunaan koneksi Bluetooth antara PC smartphone. Itulah kenapa Anda harus mengkoneksikan dulu Bluetooth komputer dengan bluetooth Android atau iPhone.

Untuk beberapa perangkat komputer yang belum terinclude bluetooth devices didalamnya, mau tidak mau agar bisa menggunakan fitur Dynamic Lock ini, harus memasang terlebih dahulu bluetooth eksternal.
  • Nyalakan bluetooth di Smartphone android atau iPhone
  • Lalu pada fitur pencarian windows ketik "bluetooth" dan klik pada Bluetooth and other devices settings.
  • Selanjutnya klik pada Add bluetooth or other device dan pilih bluetooth.
  • Koneksikan dengan perangkat smartphone yang terdeteksi di fitur add tersebut.

Langkah 2. Pada komputer masuk ke setelan sign-in account

Setelah bluetooth komputer dan bluetooth smartphone android atau iPhone sudah teekoneksi dengan baik. Langkah selanjutnya adalah mengatur setelan sign-in account.

Caranya sebagai berikut:
  • Klik pada start windows lalu klik pada icon gigi atau settings.

Settings windows 10

  • Selanjutnya klik pada Accounts, lalu Acounts Sign-in dan gulir kebawah temukan Dynamic Lock.

Mengaktifkan dynamic lock di windows 10

  • Selanjutnya ceklist pada "Allow Windows to automatically lock your device when you're away". Yang artinya "Izinkan Windows mengunci perangkat Anda secara otomatis saat Anda pergi".
  • Setelah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka ketika koneksi bluetooth antara komputer dan smartphone Android atau iPhone terputus otomatis komputer akan terkunci sendiri.

Langkah 3. Menguji apakah fitur Dynamic Lock bekerja atau tidak

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menguji apakah setingan penguncian windows 10 otomatis tersebut berhaasil atau tidak. Untuk menguji berhasil atau tidaknya penerapan fitur Dynamic Lock bisa dengan cara.
  1. Mematikan bluetooth di smartphone Android
  2. Menjauhi komputer agar koneksi bluetoothnya terputus.

Baca Juga: 6 Cara Membuka File Explorer dan Windows Explorer di Windows 7, 8 dan 10.

Nah gimana mudah bukan? Demikianlah cara mengunci Windows 10 secara otomatis menggunakan smartphone Android atau iPhone dengan fitur terbaru dari windows 10 yaitu Dynamic Lock.
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter