Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool Untuk Download ISO dan Membuat Bootable USB

Apabila kamu hendak menginstal Windows 10 pada perangkat komputer hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat dulu file instalasi seperti Bootable USB Windows atau DVD instaler windows. Untungnya untuk windows 10 pihak microsoft telah menciptakan sebuah alat yang sangat canggih yang diberi nama Windows media creation tool.

Dimana kemampuan dari alat tersebut adalah bisa digunakan untuk mendownload file ISO windows, membuat Bootable USB dan bisa langsung digunakan untuk melakukan instalasi Windows. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan windows 10 media creation tool untuk mendownload dan membuat Bootable USB windows instaler hanya dengan beberapa klik saja.

Menurut saya ini akan jadi terobosan baru buat kamu yang tidak suka dengan cara-cara ribet dan tidak yakin dengan file ISO windows yang banyak beredar di internet. Karena dengan cara ini, file ISO yang akan kamu dapatkan langsung dari pihak microsoft sendiri (Asli bukan bajakan).

Namun sebelum kamu mulai menggunakan windows media creation tool untuk mendownload dan membuat Bootable USB Windows, tentu ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Diantaranya:

  1. USB Flash drive minimal ukuran 8GB
  2. Koneksi internet dan kuota yang cukup

Setelah apa yang dibutuhkan sepenuhnya kamu persiapkan, sekarang kita lanjut pada tahap berikutnya.

Cara menggunakan windows media creation tool untuk download dan membuat Bootable USB Windows 10

1. Pertama silahkan buka link berikut "Download Windows 10" Lalu gulir kebawah dan klik pada tombol Download Tool Now untuk mendownload file Media Creation tool. Ukuran filenya sekitar 18 MB.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool

2. Setelah filenya berhasil kamu download, silahkan pasangkan dulu USB Flash drive yang tadi saya rekomendasikan pada perangkat USB komputer kamu.

3. Setelah USB terpasang dengan benar, selanjutnya silahkan jalankan file tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih jalankan sebagai administrator.

4. Maka akan muncul Pemberitahuan yang berlaku dan persyaratan lisensi dari microsoft. Setelah kamu membaca semua pemberitahuan dan persyaratan yang berlaku yang tertulis disitu, selanjutnya klik saja accept.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool langkah 1

5. Akan muncul 2 pilihan yaitu Upgrade This PC Now dan Create instalation media (USB flash drive, DVD, or ISO file for another PC). Nah kamu pilih yang kedua dan lanjut dengan mengklik tombol Next.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool langkah 2

6. Selanjutnya kamu akan disuruh Select language, architecture, anda edition. Pada Language dan Edition biarkan saja default, lalu pada Architecture kamu pilih jenis OS yang akan kamu gunakan nantinya. Perlu diingat, dalam memilih OS harus yang sekiranya cocok dengan spesifikasi komputer yang kamu gunakan. Agar performa terbaik dari windows 10 bisa kamu rasakan.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool langkah 3

Baca Juga: Minimum Requirement Untuk Instal Windows 10.

7. Akan muncul pilihan Choose which media tu use atau pilihan media yang akan kamu gunakan. Karena disini yang kita bahas adalah membuat file USB Bootable windows, maka kamu pilih yang USB Flash drive. Lalu klik Next.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool langkah 4

8. Dialog baru yang akan muncul adalah Select a USB flash drive. Dimana system windows telah mendeteksi adanya USB flas drive yang telah kamu pasang pada tahap 1 tadi, dan kalau yang dimunculkan disitu bukan USB yang dimaksud, kamu disuruh merefreshnya. Tapi kalau sudah benar, silahkan lanjutkan dengan langsung mengklik tombol Next.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool langkah 5

9. Sampai disitu maka windows akan mulai memproses permintaan kamu, dan proses berjalan dimulai dengan mendowload windows 10 dulu. Kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.

Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool

10. Setelah proses download windows 10 selesai, windows akan meneruskan ke proses Verifiying Your Download dan akan berlanjut ke Creating Windows 10 Media. Proses ini bisa saja lembih lama dari proses download windows. Jadi kamu harus bersabar menunggu sampai prosesnya beanr-benar selesai.

11. Setelah proses pembuatan windows 10 media selesai, akan muncul dialog baru Your USB flash drive is ready. Silahkan cek USB flash drive kamu akan berubah menjadi Bootable USB windows yang siap digunakan untuk melakukan instalasi windows 10 kapan saja.

Demikianlah panduan lengkap cara menggunakan windows 10 media creation tool yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter