Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer Dengan Mudah

Cara melihat atau mengetahui spesifikasi lengkap sebuah komputer yang meliputi desktop atau laptop adalah hal wajib yang harus diketahui oleh setiap pengguna komputer. Karena ketika kita mau membeli, atau menjual, atau menginstal software, OS dan lain sebagainya, hal pertama yang diperhatikan adalah spesifikasinya.

Misalnya kamu mau membeli laptop untuk digunakan keperluan tentu, tentunya kamu harus tahu apakah spesifikasi laptop tersebut sesuai atau tidak dengan sesuatu yang akan kamu gunakan dengan laptop tersebut.

Atau misalnya kamu mau menjual laptop, pasti si calon pembeli akan menanyakan tentang spesifikasi laptop yang akan kamu jual.

Juga ketika kamu hendak menginstal software, aplikasi, game atau OS windows misalnya. Pasti ada spesifikasi minimal yang harus dipenuhi sebagai syarat agar apa yang akan kamu instal bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Minimum Requirement Untuk Instal Windows 10.

Untuk mengetahui secara lengkap spesifikasi sebuah perangkat komputer bukannya hal yang sulit. Tidak perlu menggunakan software atau aplikasi yang ribet untuk dijalankan. Kalau kamu belum tau cara melihat spesifikasi lengkap dari laptop atau komputer kamu, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara melihat atau mengetahui spesifikasi lengkap komputer atau laptop

Panduan ini berlaku untuk semua jenis OS yang digunakan, baik di windows 7, windows 8.1 dan windows 10. Bahkan untuk jenis windows dibawahnya pun tetap melakukan cara ini.

  • Pertama-tama silahkan buka menu pencarian (Untuk windows 8.1 dan 10), atau tekan tombol windows + R untuk windows 7 kebawah.
  • Selanjutnya ketik "DXDIAG" boleh huruf kecil atau besar tanpa tanda kutip
  • Maka akan muncul dialog yang didalamnya terdapat fitur System, display, sound dan input.

Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer Dengan Mudah

Dari dialog tersebut kamu bisa melihat secara detail dari mulai waktu kamu melakukan pengecekan, nama komputer, OS yang digunakan, bahasa yang digunakan, system manufacture atau merk laptop kamu, system model, bios, processor, memory page file, dan directx yang terinstal.

Juga kalau kamu ingin tahu lebih lengkapnya, seperti jenis VGA, driver dan yang lainnya, tinggal klik saja tombol Next Page. Kamu akan melihat semuanya dengan jelas dan pastinya memang sesuai dengan spesiifikasi sesungguhnya dari laptop kamu.

Baca Juga: 6 Cara Membuka File Explorer dan Windows Explorer di Windows 7, 8 dan 10.

Nah itulah cara melihat secara lengkap spesifikasi dari sebuah perangkat komputer, desktop atau laptop yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bemranfaat.

Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter