Cara Agar Judul Postingan Muncul di Pencarian Google

Cara agar judul postingan muncul di pencarian Google menurut saya bukan suatu hal yang sulit, bahkan bisa dibilang cukup mudah. Asalkan situs blog kita sudah terdaftar di Google webmaster, sudah mengirim sitemap, sudah melakukan Inspeksi URL artikel, dan meminta pengindeksan, maka lambat tapi pasti setiap judul postingan di blog akan muncul dimesin pencari Google.

Kedengarannya sangat simple dan sederhana, namun tidak sedikit yang belum paham, terutama bagi mereka yang bisa dikatakan masuk blogger pemula, karena belum begitu mengerti tentang langkah-langkah yang benar dari mulai bagaimana cara mendaftarkan situs atau blognya ke Google webmaster sampai berbagai upaya lainya yang wajib dilakukan oleh seorang webmaster.

Nah oleh sebab itu saya akan berbagi sedikit informasi tentang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar setiap kali membuat artikel atau postingan bisa diindeks oleh Google, dan pada saatnya nanti kalau memang artikel yang Anda buat tersebut memenuhi standart mutu Google webmaster maka akan dimasukan ke daftar indeks dan tentunya kalau sudah ada di indeks Google suatu saat akan muncul juga di mesin pencarinya.

Seperti yang saya katakan diawal, cara agar agar setiap judul postingan terindeks dan muncul di pencarian Google cukup melakukan 4 (empat) hal, diantaranya:

  1. Mendaftarkan blog ke google webmaster tools
  2. Memverifikasi kepemilikan situs
  3. Mengirim Peta Situs atau Sitemap
  4. Melakukan inspeksi URL dan meminta pengindeksan.

Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya, silahkan disimak baik-baik!.

1. Daftarkan blog ke google webmaster tools

Mendaftarkan blog ke Google webmaster tools adalah wajib hukumnya dilakukan oleh semua webmaster. Karena langkah tersebut sama dengan upaya supaya blog tampil di pencarian Google. Dan, sebaiknya itu dilakukan sejak awal atau sejak pertama kali blog tersebut dibuat. Tujuannya agar kita mendapatkan bisa kode verifikasi kepemilikan situs, dan situs atau blog kita terdaftar di mesin indeks Google.

Cara mendaftarkan blog ke Google webmaster adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan kunjungi Google Webmaster.
  • Kalau Anda baru pertama kali mengunjungi Search Console, begitu masuk akan langsung disuruh memasukan properti baru. Dan kalau sudah pernah mendaftar maka untuk menambahkan properti baru silahkan klik tambah properti di setelan situs.
  • Maka akan muncul halaman untuk memasukan domain dan subdomian.
  • Silahkan isi seperti contoh gambar dibawah ini.
Cara Agar Judul Postingan Muncul di Pencarian Google
  • Kalau domain dan subdomain sudah terisi dengan benar, silahkan klik tombol TERUS.
  • Maka properti situs/blog baru Anda akan terdaftar di search console Google.

2. Memverifikasi kepemilikan situs

Langkah selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan situs, untuk meyakinkan Google kalau situs yang didaftarkan adalah benar merupakan situs milik Anda.

Cara memverifikasi situs adalah sebagai berikut:

  • Dihalaman beranda search console tempat blog Anda didaftarkan silahkan klik setelan --> Verifikasi kepemilikan dan pilih Tag HTML
  • Selanjutnya salin kode verifikasi search console dan simpan pada template situs/blog Anda tepat dibawah kode <head> atau diatas kode </head>
  • Setelah kode tersimpan silahkan buka kembali serach console dan klik tombol verifikasi.
  • Sampai disitu maka blog Anda sudah resmi terdaftar di Google webmaster sebagai situs milik Anda.

3. Mengirim peta situs atau sitemap

Setelah selesai mendaftarkan situs atau blog ke Google webmaster, dan sudah berhasil memasang kode verifikasi kepemilikan situs, langkah selanjutnya adalah mengirim sitemap atau peta situs. Tujuan mengirim sitemap atau peta situs ini adalah supaya setiap kali kita membuat postingan otomatis akan mengirim informasi kepada Google kalau di situs kita ada artikel atau postingan baru.

Cara mengirim peta situs ke Google webmaster Tools atau search console Google adalah sebagai berikut:

  • Dihalaman beranda search console klik pada peta situs atau sitemap.
  • Selanjutnya pada kolom yang disediakan ketik sitemap.xml lalu klik kirim.
  • Sistem perayap Google akan menghitung jumlah postingan dan memprosesnya dalam beberapa waktu yang tidak bisa dipastikan
  • Namun biasanya dalam waktu beberapa hari setelah jumlah URL muncul di peta situs, akan langsung muncul di indeks Google
  • Periksa secara berkala mengenai jumlah URL jumlah URL yang diindeks maupun yang belum atau tidak di indeks di menu liputan.

4. Inspeksi URL dan minta pengindeksan

Langkah selanjutnya agar proses pengideksan bisa lebih cepat dilakukan oleh Google, lakukan inspeksi URL dan mintalah pengindeksan.

Caranya sebagai berikut:

  • Masih dihalaman beranda search console silahkan klik Inspeksi URL.
  • Masukan URL dari blog Anda yang ingin di inspeksi
  • Anda akan melihat proses pengambilan data dari indeks Google
  • Selanjutnya Anda akan melihat status dari URL tersebut, apakah sudah ada di indeks Google atau belum
  • Lalu klik pada UJI URL AKTIF dan tunggu sampai muncul laporan apakah URL bisa di indeks atau tidak
  • Selanjutnya Anda akan melihat laporan tentang status URL apakah bisa diindeks atau tidak dengan alasan tertentu. Misalnya URL bisa di indeks atau URL tidak bisa diindeks dengan alasan duplikat dan lain sebagainya.
  • Kalau URL dinyatakan oleh Google sebagai URL yang bisa di indeks, maka silahkan klik pada Minta pengindeksan.

Setelah melakukan empat langkah yang saya jelaskan diatas , untuk memastikan apakah judul postingan sudah muncul atau belum di mesin pencarian Google, Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala.

Untuk cara mengeceknya cukup ketik (site:URL postingan), contoh "site: https://www.flyin-dvb.com/2016/05/cara-agar-judul-postingan-muncul-di-pencarian-google.html"  tanpa tanda kutipBiasanya kalau situs atau blog kita sudah terindeks dengan baik, hanya butuh beberapa menit setiap ada postingan baru akan muncul di indeks Google.

Demikianlah cara agar judul postingan muncul di pencarian Google yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini walau singkat tapi bermanfaat.

Baca juga: Panduan lengkap cara menggunakan Google Webmaster Tools.

Loading...

Related Posts

5 comments

  1. Emmmm.... Mungkin itu salah satu penyebab penolakan google adsense yang sering dialami yaitu situs tidak sesuai kebijakan gugel yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adsense selalu jadi misteri bagi calon publishernya, jangan pernah menyerah dan putus asa, coba dan coba lagi sampai adsense bosan menolak :)

      Delete
  2. Semangat terus dan belajar dari pengalaman yang ada mas yaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar dari unknown, komentar link, komentar diluar topik tidak akan disetujui dan dipublikasikan. Terimakasih.

Subscribe Our Newsletter