Baterai Android di Carger Malah Berkurang

Bukan hal aneh dan bukan fenomena langka, kalau baterai android di isi atau dicarger bukannya penuh, tapi malah berkurang. Disini akan saya coba jelaskan apa penyebabnya serta cara tepat untuk mengatasinya.

Seharusnya, ketika baterai android sudah berkurang atau sudah low bat, ketika kita isi maka walau lambat tapi pasti baterai tersebut menjadi penuh. Tapi karena beberapa faktor justru malah sebaliknya jadi tambah habis.

Lalu apa sebenarnya penyebab baterai android kalau isi bukannya penuh tapi malah berkurang? simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Baterai Android Dicarge Malah Berkurang

1. Carger yang digunakan palsu atau sudah rusak

Penyebab pertama adalah karena carger yang kamu gunakan adalah carger palsu. Kalau kamu tidak merasa kalau carger yang kamu gunakan itu palsu, berarti carger HP kamu sudah rusak. Sudah saatnya diganti atau diperbaiki.

Walau carger yang digunakan merupakan carger asli bawaan dari smartphone android saat kamu beli, tapi kalau sudah digunakan dalam waktu yang sudah lama, atau karena kesalahan dalam pemakaian, bisa saja cepat rusak.

2. Kabel carger atau kabel data palsu

Penyebab kedua yang paling umum adalah karena kabel carger yang kamu gunakan itu palsu. Perlu kamu ketahui, walau kabel carger tersebut baru saja kamu beli, tapi karena banyaknya beredar kabel-kabel data + carger yang dijual di outlet-outlet kualitasnya tidak bagus, maka jangan heran kalau ketika kamu gunakan untuk mengisi baterai, bukannya penuh tapi malah berkurang.

Menurut pengamatan saya, kabel-kabel carger yang banyak dijual diluaran menggunakan jenis kabel yang sangat buruk. Sehingga tidak sangup menghantar arus dari carger ke HP berdasarkan kebutuhan voltase dan ampere ponsel android.

Umumnya sebuah pengisi daya baterai HP akan mengeluarkan tegangan sebesar 4,9 volt sampai 5,1 volt dengan ampere antara 1 sampai 2 ampere.

Tegangan tersebut harus masuk ke IC pengisi daya baterai di HP sesuai dengan tegangan yang dikeluarkan oleh pengisi daya. Oleh karena kabel yang digunakan kualitasnya tidak bagus, maka arus yang dihantarkan tidak sepenuhnya.

Karena pada dasarnya HP android sekalipun tidak sedang digunakan, tetap ada beberapa aplikasi terutama fitur-fitur layanan Google tetap berjalan. Nah akibat sumber arus yang keluar lebih besar daripada yang masuk, maka kejadiannya akan tetap seperti itu, bukannya penuh tapi malah berkurang.

3. Kamu mengisi baterai sambil menggunakan android

Menggunakan hp android ketika sedang dicarge bukannya tidak boleh sama sekali. Tapi jangan sampai penggunaan sumber daya baterai terlalu atau lebih besar dari pengisian.

Misalnya kamu mengisi baterai sambil bermain game yang lumayan berat. Itu salah satu factor penyebab baterai HP ketika di isi jadi berkurang. Karena tidak ada pengisi daya yang amperenya lebih besar dari ampere baterai didalam android.

Pihak produsenpun telah mempertimbangkan agar umur baterai bisa lebih panjang, maka dalam pengisian digunakan ampere yang lebih kecil dari ampere baterainya.

Jadi saran saya, jangan sesekali mengisi baterai sambil digunakan untuk apalikasi yang lumayan berat. Karena selain dapat merusak ponsel dan baterai, untuk pengisi daya juga akan lebih panas. Dan ini sangat berbahaya bagi keseluruhan perangkat.

Bisa baterainya yang cepat rusak, bisa HP Androidnya yang cepat rusak, bisa juga pengisi daya nya yang cepat rusak.

4. Baterai android sudah lemah

Apabila 3 hal diatas tidak merasa terjadi pada android kamu, apabila baterai android di isi malah berkurang, bisa saja karena memang baterainya yang sudah lemah (rusak).

Apabila baterai android sudah rusak dan tetap terpasang didalam android, selamanya tidak akan pernah terisi daya secara penuh.

5. HP Android bermasalah

Nah kalau 4 hal diatas tidak terjadi pada HP Android kamu, bisa saja karena memang HP nya yang sudah rusak.

Mungkin kamu punya alasana, kalau HP kamu tidak rusak. Buktinya kalau dipakaikan baterai yang di isi dengan pengisi daya universal, seperti menggunakan desktop, HP kamu tetap bisa digunakan dengan sempurna.

Arti kata rusak diatas bukan berarti HP Android rusak secara keseluruhan. Tapi rangkaian pengisi daya yang ada didalam HP Android sudah bermasalah. Sehingga ketika diberi tegangan untuk megisi baterai, rangkaian tersebut tidak bisa meneruskan tegangan dengan baik ke baterai.

Baca Juga: Tips Agar Baterai Android Awet dan Tidak Mudah Rusak.

Demikianlah beberapa factor penyebab baterai android ketika di isi bukannya penuh, tapi justru sebaliknya malah berkurang bahkan habis sama sekali.

Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter