Top 10 Antivirus Terbaik Untuk Komputer Laptop Saat Ini dan Sepanjang Masa

Untuk menjaga keamanan system komputer sangat disarankan untuk menginstal antivirus, karena walau dalam system operasi windows itu sendiri sudah menyertakan antivirus bawaan, tapi belum menjamin keamanan komputer Anda bisa terjaga dengan baik. Anda masuk ke artikel ini tentunya sedang mencari Antivirus yang sekiranya bagus. Nah saya sarankan pada Anda untuk memilih salah satunya, karena di artikel ini saya akan menjelaskan top 10 antivirus terbaik untuk windows 7, windows 8.1 dan windows 10.

Namun sebelum Anda tentukan antivirus apa yang akan anda pilih, sebaiknya simak dulu penjelasan singkat tentang apa itu virus dan sseperti apa bahayanya terhadap komputer.

Virus adalah momok yang paling menakutkan bagi pengguna komputer, apa yang akan terjadi apabila komputer kita terkena virus? tiba-tiba komputer lemot, tiba-tiba komputer hank, tiba-tiba hardisk penuh padahal kita tidak melakukan penambahan data, tiba-tiba file-file penting hilang, tiba-tiba file tidak bisa di buka, tiba-tiba komputer kita mengirim link-link spam ke berbagai media sosial, dan banyak lagi kasus yang di timbulkan oleh jahatnya virus.

Dan yang paling parah tiba-tiba komputer mati dan minta instal ulang, wah wah data-data yang sangat penting yang belum sempat di backup akan hilang, sungguh menakutkan.

Antivirus Terbaik

Lalu bagaimana cara kita mencegah semua itu terjadi? tiada lain kecuali harus menggunakan ANTIVIRUS.

Antivirus banyak sekali macam nya, dan tentunya setiap antivirus di rancang untuk membasmi virus, tapi mesti anda ketahui, setiap antivirus memiliki kriteria yang berbeda, jadi disini kita harus benar-benar jeli memilih antivirus agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Top 10 Antivirus Terbaik Untuk Komputer Laptop

Dan tentunya dari top 10 antivirus diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. AVG

AVG adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. AVG sudah memiliki fitur yang lengkap perihal keamanan. Jadi sistem proteksi pada AVG dinilai lengkap dan canggih.

  • Kelebihan AVG: Keunikan AVG dari antivirus lain ialah LinkScanner. Guna LinkScanner adalah men-scan tautan pranala saat menjelajah di dunia maya. Link Scanner berfungsi dengan baik pada peramban Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Selain itu, kelebihan dari AVG adalah tersedianya fitur Anti-Rootkit.
  • Kekurangan AVG: Hanya satu kekurangan AVG. AVG sebagian besar hanya akan men-karantina virus yang dideteksi, tidak seperti antivirus lain yang dapat menghapus saat pendeteksian. AVG memang kuat pada pendeteksian, tetapi sering dinilai lambat dalam pemindaian.

2. Avira

Antivirus ini sudah merakyat dan umum digunakan karena antivirus ini bisa dipasang sampai pada komputer lama baik xp, windows 7 dan lain lain.

  • Kelebihan antivirus avira: Tidak terlalu over protektif, dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits, update offline mudah.
  • Kekurangan antivirus avira: Memblokir semua file autorun.inf yang bukan termasuk dalam kategori virus sehingga akan sedikit mengganggu. sistem update langsung-nya yang lumayan lama.

3. Bitdefender

BitDefender adalah perangkat lunak antivirus yang dapat digunakan untuk Microsoft Windows, Symbian OS, Windows Mobile, Mac OS X (beta) dan freeBSD.Untuk saat ini Antivirus bitdefender diklaim sebagai antivirus nomor satu didunia oleh beberapa orang. karena saya sendiri penasaran setelah saya mencoba memanfaatkan jasa gratis untuk antivirus ini didapat kelemahan dan kelebihannya.

  • Kelebihan bitdefender: Cara sistem kerjanya sangat bagus, protect filenya sangat kuat mulai dari dalam maupun luar seperti malware yang berbahaya dari internet, sangat teliiti dan update-nya mudah dan tidak begitu besar
  • Kekurangan bitdefender: Bagi anda yang sering berselancar dunia internet dari sinyal hotspot maupun modem kelas rev A kebawah dengan adanya antivirus ini maka akan semakin memperlambat koneksi internet anda sebab sitem kerja bitdefender memang mempergunakan koneksi internet. cukup berat bila dipasang pada komputer dibawah dualcore.
  • Solusi: Mematikan fitur anti malware internet bitdefender anda dan gunakan anti malware bawaan windows saja.

4. Kaspersky

  • Kelebihan antivirus kaspersky: Komponen Proactive Defense merupakan kelebihan utama program ini. Dibuat dengan tujuan untuk menganalisa kebiasaan program yang terinstall, memonitor perubahan di system registry, tracking macros, dan mencegah ancaman tersembunyi.
  • Kekurangan antivirus kaspersky: Proses awal start program agak lama karena loading database terlebih dahulu sekalian scan critical object Proses scanning virus yang lama dan proses update lama.

5. Norton

Antivirus ini ringan dan bekerja sangat cepat (Berjalan pada ram 256 MB), antivirus ini sudah bisa dipakai diberbagai windows baik 32 bit maupun 64 bit. updatenya cukup cepat.
  • Kelemahan: Antivirus ini terlalu over protektive.

6. Windows Defender

  • Kelebihan windows defender: Antivirus ini sangat ringan, mudah digunakan dan juga gratis Karena windows defender tersedia secara cuma-cuma bagi komputer yang menginstal OS windows 10, tidak ada proses registrasi yang membutuhkan penagihan atau pengumpulan informasi pribadi. tetap otomatis up-to-date dengan teknologi perlindungan spyware terbaru.
  • Kekurangan windows defender: Terlalu sensitif terhadap aplikasi yang bebasis TCP IP.

7. MCAfee

Antivirus ini tak kalah menarik dengan yang lain karena viturnya yang sangat lengkap.

  • Kelebihan: Dilengakapi dengan fitur setting agar anak-anak dapat bermain bebas di internet namun tetap dapat dikontrol untuk akses ke website tertentu. Melindungi secara menyeluruh dari gangguan beberapa hacker yang ingin mencoba mengambil alih akses komputer Anda.
  • Kelemahan: Update lama, berat dijalankan pada komputer dibawah dual core.

8. Avast!

Avast! adalah sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh Alwil Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko.

  • Kelebihan antivirus avast: Antivirus ini bekerja sangat teliti.Tampilan sederhana, sehingga tidak memberatkan proses kerja komputer, updatenya lumayan cepat.
  • Kelemahan antivirus avast: Karena ketelitiannya scan-nya pun bekerja dengan memakan waktu yang cukup lama. false alarmnya lumayan banyak.

Baca Juga: Panduan cara instal Antivirus Avast premier dengan 22 fitur canggih didalamnya.

9. Eset NOD32

Antivirus ini menjuarai antivirus paling ringan diantara antivirus yang lain.

  • Kelebihan: Antivirus ini memang terbukti sangat ringan, proses scannya yang sangat cepat.
  • Kelemahan: Antivirus eset NOD32 :antivirus ini sangat overprotektive, belum tersedia update offline.

10. Smadav

Antivirus lokal ini sangat ringan, bisa dipakai di berbagai macam windows, dan banyak digandrungi oleh masyarakat indonesia. antivirus ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh antivirus lain yaitu mampu membetulkan segala file hidden akibat virus shorcut dengan cepat. antivirus ini bagus digunakan sebagai pelengkap antivirus kesukaan anda selain smadav.

Nah itulah 10 top antivirus terbaik saat ini bahkan sepanjang masa untuk komputer/laptop dan windows 7, windows 8.1 juga untuk windows 10.

Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter