TV Cina Gambar Gelap Ketika Screen Dinaikan Jadi Blank

Pengalaman yang akan saya share kali ini adalah memperbaiki kerusakan TV Cina dengan gejala gambar gelap seperti kekurangan tegangan screen, tapi ketika mencoba menaikan screen terlihat gambar seperti akan terang bagus, namun hanya sesaat lalu blank hitam.

Lalu saya coba kecilkan screen FBT dan terlihat gambar gelap, setiap kali mencoba menaikan tegangan screen FBT kejadiannya tetap sama, yaitu gambar seperti terlihat akan terang bagus, namun hanya sesaat langsung blank.

Memang sedikit aneh, karena semua tegangan baik itu tegangan RGB pada CRT, tegangan input RGB, tegangan screen, tegangan fokus, tegangan heater, tegangan 180 volt, tegangan ABL tegangan AFC, semuanya hadir.

TV Cina Gambar Gelap Ketika Screen Dinaikan Jadi Blank

Apa penyebab TV cina gambar gelap ketika screen dinaikan malah jadi blank?

Untuk penyebab pastinya saya belum bisa memastikan, tapi sebatas kecurigaan terjadi protek pada RGB CRT yang tidak mampu mengimbangi sinyal amplifier RGB yang terlalu besar.

Karena ketika saya mencoba memasang mesin TV tersebut pada tabung lain yang sudah yakin normal, ternyata tidak ada masalah.

Yang jadi bikin penasaran adalah ketika saya naikan tegangan screen itu kok terlihat gambar yang sangat bagus lalu sebentar kemudian blank.

Apa mungkin layar rusak? bisa jadi karena memang layar sudah lemah, tapi saya sangat yakin kalau masalah ini masih bisa diakali dan memang berhasil.

Nah kalau ada diantara sobat yang mengalami kasus yang sama seperti yang pernah saya tangani, untuk mengatasinya silahkan ikuti cara berikut:
  • Putus tegangan 180 volt dari FBT yang menjadi tegangan utama amplifier RGB.
  • Buat lilitan dari tegangan B+ 115 volt kebatang ferit FBT sekitar 5 lilitan agar tegangan naik menjadi diatas 115 volt.
  • Sambungkan ujung lilitan ke dioda penyearah yang tadi diputus dari FBT.
  • Coba ukur tegangan harus ada sekitar 130-140 volt. Jangan sampai mendekati 150 - 180 volt.
  • Coba naikan lagi screen FBT dan apakah masih kembali blank?

Untuk kasus yang pernah saya tangani bisa diselesaikan dengan cara diatas, walau ada sedikit kekurangan yaitu kontras gambar jadi sedikit berkurang.

Sekali lagi saya tegaskan kalau penyebab pastinya masih dalam pemikiran, karena TV terlanjur diambil sama pemiliknya jadi saya belum terlalu banyak melakukan penyelidikan.

Kalau diatara sobat pembaca punya kasus yang sama dan punya cara lain untuk memperbaikinya, silahkan berbagi dengan kami lewat kolom komentar artikel ini.

Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter