Sharp LCD LC-32M4071 Panel Blank Suara Normal

Panel blank tapi suara normal pada TV LCD Sharp LC-32M4071 yang saya bahas kali ini mungkin hanya satu dari sekian banyak kasus yang gejalanya sama tapi penyebabnya berbeda. Jadi saya tegaskan tidak semua kerusakan panel blank penyebabnya sama, tapi paling tidak catatan saya ini bisa menjadi solusi apabila sobat sedang menangani kasus yang sama dan penyebabnya juga sama.

Sharp LCD LC-32M4071 Panel Blank Suara Normal

Awal pemeriksaan saya coba nyalakan TV dan terlihat lampu backlight CCPL menyala, menandakan kalau rangkaian DC to DC inverter untuk menyalakan lampu backlight tidak ada masalah.

Setelah TV diberi siaran dari perangkan receiver digital terdengar suara bagus namun panel atau layar tetap blank.

Kecurigaan langsung tertuju pada block t-con, antara IC gama rusak atau tidak ada tegangan untuk block t-con. Ternyata benar setelah melakukan pengukuran tegangan, VCC 12 Volt untuk blok t-con hanya ada pada titik input R Fuse, sementara titik output R Fuse tidak ada tegangan.

R Fuse putus penyebab panel blank

Pemeriksaan berlanjut dengan mengukur R Fuse, ternyata putus. Lalu lanjut mengukur beban setelah R Fuse dan ternyata short. Sebelum memeriksa IC, saya coba ukur semua kapasitor filter dari titik 12 volt ke ground dan ditemukan ada 2 buah kapasitor yang terpasang secara paralel short.

Kapasitor short penyebab R Fuse putus

Singkat cerita saya lepas kapasitor yang short dan mengukur titik 12 volt ke ground sudah tidak ada lagi yang short. Lalu saya ganti R Fuse menggunakan resistor biasa berukuran 1 ohm 1 watt dan coba nyalakan TV ternyata langsung menyala dengan sempurna.

TV Normal setelah diperbaiki

Kesimpulan dari artikel yang berjudul "Sharp LCD LC-32M4071 Panel blank suara normal" ini adalah sebagai berikut: Biasakan mengukur semua tegangan-tegangan yang harusnya ada pada titik-titiknya masing-masing. Dengan begitu akan lebih mudah menemukan letak kerusakannya ada dibagian mana.

Atau agar lebih jelas silahkan simak baik-baik.

Cara memperbaiki kerusakan TV LED atau LCD dengan gejala gambar atau panel blank tapi suara normal:

  • Periksa semua tegangan yang berhubungan dengan t-con
  • Pastikan mengukur diawali dari power suplay dulu dan diakhiri pada titik komponen dan rangkaian paling akhir.
  • Kalau menemukan tegangan yang tidak hadir pada suatu titik maka kemungkinannya ada 2 yaitu:
  1. Ada fuse yang putus
  2. Ada komponen yang short.
  • Atau ketika sobat menjumpai sebuah komponen yang putus maka kecurigaan harus tertuju pada adanya komponen setelah komponen yang putus tersebut short.
  • Mengenai komponen yang short atau konslet tidak selalu ada pada kapasitor seperti kasus yang pernah saya tangani.
  • Makanya diawal saya jelaskan kalau kerusakan panel blank tapi suara normal untuk TV LCD Sharp LC-32M4071 yang saya tulis ini merupakan satu dari sekian banyak kerusakan yang gejalanya sama tapi penyebabnya berbeda.

Saya rasa cukup disini pembahasan kali ini. Kalau ada diantara sobat yang pernah menjumpai kerusakan yang sama tapi penyebabnya berbeda, silahkan berbagi pengalaman dengan kami dengan cara menulis pengalaman sobat lewat kolom komentar yang saya sediakan.

0 Komentar untuk judul "Sharp LCD LC-32M4071 Panel Blank Suara Normal"

Posting Komentar