Cara Meningkatkan Kecepatan Windows 10 Dengan 3 Langkah Mudah

Cara meningkatkan kecepatan Windows 10 - Untuk Anda yang biasa menggunakan Windows selain Windows 10 tentu akan merasakan perbedaan yang mencolok dalam hal kecepatan. Terutama ketika Windows sedang booting, atau sedang memulai membuka aplikasi dan ketika sedang mengcopy atau memidahkan file.

Hal tersebut sebenarnya wajar, karena Windows 10 dirancang untuk mengutamakan keamanan. Jadi system keamaan pada Windows 10 akan memindai dulu semua file dan program yang terinstal didalamnya sebelum bisa dan siap untuk digunakan.

Juga ketika mengcopy atau memindahkan file baik di internal hardisk maupun ke eksternal hardisk sistem keamanan akan memindai semua file setiap byte ketika proses pengcopyan dan pemindahan.

Namun bagi Anda yang tidak terbiasa tentu akan membuat kesal. Nah artikel ini sengaja saya buat untuk membantu para pengguna Windows 10 yang ingin meningkatkan kecepatan atau meningkatkan performa dari Windows 10.

Ada 3 langkah mudah yang bisa Anda coba dan semoga berhasil. Tapi perlu saya tegaskan kalau langkah yang akan saya jelaskan tidak mungkin bisa membuat Windows 10 secepat Windows-windows yang lain. Atau dengan kata lain, cara yang akan saya jelaskan hanya untuk membantu meningkatkan dari kecepatan aslinya saja.

Cara Meningkatkan Kecepatan Windows 10

Langkah 1: Mematikan program yang berjalan otomatis saat startup

Cara yang pertama ini akan membantu meningkatkan kecepatan Windows 10 ketika komputer sedang booting. Yaitu dengan cara mematikan semua program dan aplikasi yang berjalan otomatis paa saat startup.

Caranya sebagai berikut:
  • Tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard untuk menampilkan opsi Lock, Switch User, Sign Out dan Task Manager. Nah silahkan klik pada Task manager.
  • Selanjutnya klik pada menu Startup dan Anda akan melihat program atau aplikasi apa saja yang statusnya Enable.
  • Klik kanan pada semua aplikasi yang statusnya Enable dan rubah menjadi Disable.
Mematikan program yang berjalan otomatis di startup

  • Setelah melakukan langkah tersebut, silahkan coba restart Windows dan rasakan kalau sekarang proses booting Windows akan terasa lebih cepat dan enteng.

Baca Juga: Cara Mengatasi Software Aplikasi Tidak Bisa Dijalankan di Windows 10.

Langkah 2: Mematikan semua program dan aplikasi pihak ketiga yang berjalan dilatar belakang

Mungkin tanpa sepengtahuan Anda, ada banyak program dan aplikasi yang sebelumnya Anda instal ternyata berjalan sendiri dilatar belakang.

Hal ini jelas akan memperlambat kinerja windows. Karena kapasitas RAM dan CPU juga hardisk akan terbagi untuk menjalankan aplikasi dan program-program tersebut. Dengan mematikannya akan menghemat RAM,CPU dan kinerja hardisk.

Namun perlu Anda ketahui juga, kalau dengan mematikan program-program tersebut akan memperlambat ketika program tersebut hendak dijalankan. Karena program tersebut akan memulai dari awal lagi dan akan melalui proses pemidaian keamanan Windows.

Untuk mematikan semua program yang berjalan dilatar belakang, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.
  • Pada menu pencarian silahkan ketik "MSCONFIG".
  • Selanjutnya Anda akan melihat menu System Configuration.
  • Pilih pada Services.
  • Disitu Anda akan melihat semua program dan aplikasi pihak ketiga yang sedang berjalan.
  • Nah disini tugas Anda adalah mematikan program dan aplikasi selain microsoft services.
  • Untuk menjaga agar jangan sampai melakukan kesalahan dengan mematikan system bawaan microsoft yang akan membuat windows error, silahkan centang pada Hide all Microsoft Services.
  • Setelah Hide all Microsoft Services dicentang maka semua system bawaan microsoft yang tidak boleh diganggu akan disembunyikan. Anda hanya akan melihat aplikasi dan program pihak ketiga saja.
  • Langkah selanjutnya adalah mencentang semua lalu klik disable, atau langsung klik Disable all.

Langkah 3: Menggunakan tampilan Windows dinamis

Kalau langkah 1 dan langkah 2 masih kurang, langkah ketiga adalah dengan mengaktifkan tampilan dinamis di Windows 10.
Namun Anda akan kehilangan keindahan fitur dari Windows 10, karena dengan mengaktifkan tampilan dinamis, semua aero dan keindahan animasi fitur dari windows 10 akan dinonaktifkan.
Caranya sebagai berikut:
  • Pada menu pencarian ketik 'Advanced System Settings".
  • Selanjutnya klik tombol Settings.
  • Lalu klik pada pilihan Adjust for best performance.
  • Klik aplly lalu OK.
  • Restart Windows
  • Selesai.

Demikianlah 3 cara meningkatkan kecepatan dan performa Windows 10 yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter