Cara Menggabungkan LNB Biasa dan Dual Out Untuk Palapa dan Telkom 4

Menggabungkan dua buah LNB dual out untuk menangkap siaran yang ada di satelit palapa dan telkom 4 agar bisa diterima bersama-sama oleh dua buah receiver digital dan tidak saling mengganggu, pasti semua teknisi bisa melakukannya. Karena semua alat yang dibutuhkan sudah ada dalam satu paket ketika membeli 1 set (2 buah LNB dual out) untuk dua buah receiver.

Tapi kalau hanya menggunakan 1 buah LNB biasa dan 1 buah LNB dual out agar cara kerjanya sama seperti menggunakan 2 buah LNB dual out yaitu bisa digunakan oleh 2 buah receiver digital untuk menangkap siaran palapa dan telkom agar tidak saling mengganggu, belum tentu semua teknisi bisa. Karena tidak semua bahan yang dibutuhkan tersedia untuk dibeli.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik atau cara menggabungkan 1 buah LNB biasa dan 1 buah LNB dual out agar bisa menangkap siaran yang ada di satelit palapa dan telkom 4 oleh 2 buah receiver tanpa saling mengganggu satu sama lain.

Cara Menggabungkan LNB Biasa dan Dual Out Untuk Palapa dan Telkom 4

Apa saja keuntungan dari hanya menggunakan 1 buah LNB dual out dibandingkan dengan menggunakan 2 buah LNB dual out?

Keuntungannya selain menghemat biaya juga sobat akan mendapat ilmu baru seputar teknik parabola. Karena seperti yang kita ketahui untuk dua buah LNB dual out harganya lumayan mahal, beda dengan membeli 1 buah LNB saja.

Selain itu ilmu yang akan sobat dapatkan dari trik ini akan menaikan level teknisi sobat menjadi lebih profesional dari teknisi-teknisi lain. Sebab belum tentu teknisi lain mampu melakukan hal seperti ini kalau tanpa memiliki tingkat kecercasan dalam merangkai LNB.

Baca juga: Cara tracking atau melock satelit Telkom 4.

Langsung saja pada pembahasan pokoknya.

Cara menggabungkan 1 buah LNB biasa dan LNB dual out untuk satelit palapa dan telkom 4

Disini sobat membutuhkan beberapa bahan yang mungkin salahsatunya tidak mudah didapatkan di toko-toko penjual perangkat satellit parabola.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
  • 1 Buah LNB C-Band biasa.
  • 1 Buah LNB C-Band dual out.
  • 2 Buah switch 22 k atau bisa juga menggunakan 2 buah diseq 2x1.
  • 1 buah diseq atau switch 22 k rusak untuk membuat DC Pass.
  • 2 Buah dioda IN4002
  • 2 Buah kapasitor 102 1kv.
  • 2 Buah receiver digital.
  • Konektor F secukupnya.
  • Kabel kabelsecukupnya.

Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia,sekarang lanjut ke cara merangkainya.

Terlebih dulu sobat harus membuat DC Pass, yang nantinya fungsi DC Pass ini untuk dipasang pada LNB biasa yang bagian telkom 4.

Cara membuat DC pass saya rasa tidak begitu sulit dan semua teknisi pasti bisa membuatnya. Cukup menggabungkan kutub posistif atau anoda dari dioda IN4002 untuk terhubung ke LNB dan 2 ujung katoda dipisah yang nantinya akan kita hubungkan dengan 2 buah diseq atau 2 buah switch. Jangan lupa untuk diodanya di kople dengan kapasitor 102 1kv.

Atau agar lebih jelas untuk rangkaian dasar DC Pass bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.

Rangkaian DC pass

Sebaiknya merangkai DC Pass langsung dilakukan didalam kaleng bekas diseq yang sudah kita buang dulu mesin yang rusaknya.Jadi hanya pakai dudukan konektornya saja.

Setelah selesai membuat DC pass, sekarang kita lanjut ke cara merangkai secara keseluruhannya:
  • Dari diseq atau switch A untuk 22K Off nya masuk ke lubang 1 LNB yang dual out yang untuk Palapa nya.
  • Dari diseq atau switch B untuk 22K Off nya masuk ke lubang 2 LNB yang dual out yang untuk Palapa nya.
  • Lalu untuk DC Pass yang bagian out atau yang penggabungan dua ujung dioda bagian anodanya hubungkan dengan LNB yang biasa untuk bagian Telkom 4 nya.
  • Lalu dari diseq atau switch A untuk 22K ON nya masuk ke input DC Pass 1.
  • Dan untuk diseq atau switch B 22K ON nya masuk ke input DC Pass 2.

Setelah proses merangkai selesai, lanjut ke pemsangan kabel receiver ke LNB dan penyetingan reiver digitalya.
  • Pasang kabel parabola seperti biasa dari recevier A ke diseq atau Switch A.
  • Pasang kabel dari receiver B ke diseq atau switch B.
  • Untuk setingan diseq pada receiver ditentukan oleh jenis diseq atau Switch 22K yang sobat gunakan.
  • Misalnya Palapa OFF dan Telkom ON.
  • Atau Palapa diseq 1 Telkom diseq 2.
  • Scan atur dan selesai.

Muncul pertanyaan, kenapa khusus bagian satelit Telkom 4 bisa menggunakan LNB biasa yang hanya dibantu oleh DC pass dan tidak menggunakan LNB dual out seperti untuk Palapa?

Karena Frequensi dari saluran yang ada pada satelit Telkom 4 yang umum ditonton oleh penggunanya hanya 3 Channel. Yaitu Trans TV, Trans 7 dan ANTV. Yang ketiganya sama-sama menggunakan polaritas Horisontal.

Jadi tidak akan ada perubahan permintaan vertikal dan horisontal khusus untuk LNB untuk Telkom. Beda dengan yang untuk Palapa yang wajib menggunakan LNB dual out karena polaritas vertikal dan horisontal sama-sama digunakan.

Nah saya rasa cukup jelas. Demikianlah cara menggabungkan LNB biasa dan LNB dual output untuk menerima saluran satelit Palapa dan Telkom 4 oleh 2 buah receiver digital tanpa harus saling mengganggu.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter