TV Polytron IC Memori (EEPROM) Tidak Menyimpan Data

Berawal dari membaca keluhan seorang teknisi di forum tanya jawab seputar kerusakan elektronik yang mempertanyakan kenapa IC memori atau EEPROM TV Polytron tidak mau menyimpan data setingan, dan kebetulan saya sendiri pernah punya pengalaman yang sama, maka disini saya akan berbagi pengalaman tentang apa penyebab IC Memori atau EEPROM pada TV Polytron tidak mau menyimpan data dan bagaimana cara tepat untuk memperbaikinya.

TV Polytron IC Memori (EEPROM) Tidak Menyimpan Data

Pengalaman yang pernah saya alami adalah ketika memperbaiki TV Polytron yang volume suaranya setiap kali dinyalakan langsung besar dan suaranya pun terdengar cacat (kurang jernih).

Kecurigaan saya langsung tertuju pada IC memori yang datanya error. Tanpa pikir panjang saya langsung membuka menu factory dan melalukan penyetingan sesuai dengan type TV Polytron tersebut.

Setelah penyetingan semua data selesai, lalu saya simpan dan hasilnya sangat menggembirakan. Suara sudah jernih dan tidak langsung keras walaupun berulang kali saya coba matikan dan hidupkan TV dari remot.

Namun ketika saya cabut stiker listrik TV tersebut dan mendiamkannya bebera menit, lalu saya colokan kembali TV langsung nyala, chanel langsung berada di ch 3 padahal waktu saya matikan ada di ch 1, dan volume langsung keras padahal waktu saya matikan posisi volume ada di posisi min.

Lalu saya coba cek lagi data setingan ternyata balik lagi seperti sebelum saya seting.

Perkiraan saya ini IC memori yang rusak, lalu saya ambil IC memori baru dan memflashnya lalu saya pasang pada TV Polytron tersebut. Ketika saya coba colokan TV ternyata TV langsung nyala sendiri padahal belum saya tekan power pada remot.

Masih ada masalah pikir saya, soalnya kalau bagian EEPROM tidak ada masalah, TV akan standby dulu ketika kita sambungkan pada arus listrik. Kecuali kalau waktu kita putus arus listrik, TV masih dalam keadaan nyala.

Dari situ saya mulai berpikir keras, ada apa ini? Alhamdulillah alloh membukakan pikiran saya. Saya teringat pada TV polytron yang menggunakan IC HBM 00-01 dan variannya yang tidak menggunakan IC memori diluar. Atau langsung menggunakan IC memori yang terpasang didalam Micom.

Ditambah lagi dengan pengalaman saya yang pernah mengganti IC HBT 00-01 dengan IC micom TV Cina TMP8873. TV bisa menyala normal walau harus merubah bagian tuner, tapi menu, logo display dan lain-lain berubah total jadi seperti menu TV Cina.

Nah akhirnya saya ambil kesimpulan kalau IC HBT 00-01 dan variannya juga IC HBT 05-01 model SMD dan variannya menggunakan IC memori yang tertanam langsung didalam IC micom. Atau dengan kata lain menggunakan 2 IC Memori.

Berarti yang kasus yang saya hadapi bukan error pada IC Memori yang dipasang diluar, melainkan IC memori yang tertanam didalam IC Micom.

Nah seperti itulah pengalaman saya ketika memperbaiki kerusakan TV Polytron dengan gejala IC memori atau EEPROM tidak mau menyimpan data.

Lalu langkah apa yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Simak baik-baik penjelasan saya dibawah ini agar kalau suatu saat para sobat menghadapi masalah seperti yang pernah saya alami sudah tidak perlu lagi berpikir keras.

Cara memperbaiki TV Polytron IC memori EEPROM tidak nyimpan data

Seperti yang sudah saya jelaskan berdasarkan pengalaman saya diatas, langkah yang harus sobat ambil adalah memperbaiki langsung dengan data memori yang ada didalam IC micom.

Caranya sebagai berikut:
  • Matikan TV menggunakan tombol power pada remot.
  • Setelah TV standby tekan dan tahan tombol menu beberapa detik sampai TV menyala dan mewajibkan memasukan kode seting.
  • Masukan angka 3101 untuk mereset total memori atau mengembalikan setingan standart pabrik.
  • Tunggu sampai TV mati atau standby sendiri.
  • Tekan dan tahan lagi tombol menu pada remot.
  • Masukan kode 1014.
  • Seting ulang semua data sesuai type TV Polytron yang bersangkutan.
  • Setelah selesai tekan menu untuk menyimpan data.
  • Matikan lagi TV dengan remot.
  • Tekan dan lagi menu pada remot dan setelah nyala masukan kode 1013.
  • Seting semua data seperti warna, vertika, horisontal dan lainnya yang ada pada menu kode 1013. Tekan menu untuk menyimpan dan keluar.
  • Matikan lagi TV lalu tekan dan tahan lagi menu setelah menyala masukan kode 1206.
  • Seting sesuai dengan data TV Polytron yang bersangkutan, kalau sudah tekan menu untuk menyimpan dan keluar.
  • Matikan lagi TV lalu tekan dan masukan kode 1207 lalu seting sesuai dengan type TV Polytron yang bersangkutan. Tekan menu untuk menyimpan dan keluar.
  • Setelah melakukan cara yang saya terangkan diatas maka inshaa alloh TV akan normal kembali.
Mungkin ada diantara sobat yang belum tau tentang menu option TV Polytron lengkap. Silahkan baca artikel ini:
Demikianlah cara mengatasi atau memperbaiki TV Polytron dengan kerusakan IC memori tidak mau menyimpan data seting yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter