TV Cina Gambar Noise dan Bergelombang

Salah satu kerusakan umum pada TV merk cina jadul adalah gambar keluar noise dan bergelombang. Walau bukan kerusakan parah tapi tidak sedikit teknisi terutama yang masih pemula belum tau apa penyebabnya.

Nah oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan membahas penyebab dan cara memperbaiki kerusakan TV cina dengan gejala gambar keluar noise dan bergelombang.

Baca Juga: Kerusakan umum TV Cina.

TV Cina Gambar Noise dan Bergelombang

Penyebab gambar TV keluar noise bergelombang pada TV cina

Kerusakan seperti ini saya tegaskan pasti hanya terjadi pada TV cina jadul, seperti TV konka, Mitoshiba, Fujitec, Akira, dan mesin TV cina keluaran lama.

Penyebabnya karena tidak adanya filter untuk tegangan video amplifier, sehingga munculan noise pada layar TV. Kalau di audio kerusakan karena hilangnya filter tegangan pasti suaranya mendengung. Nah kalau di gambar yah seperti itu munculnya noise.

Untuk TV cina keluaran lama tegangan video amplifier masih banyak yang mengambil langsung dari output regulator, atau bisa dikatakan hanya satu kali pemfilteran. Berbeda dengan TV selain TV cina yang selalu mengambil tegangan video amplifier dari FBT. Jadi sekalipun filternya rusak masih terbantu oleh filter tegangan B+.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kerusakan TV cina gambar noise dan bergelombang?

Caranya sangat mudah, cukup dengan mengganti elko yang nilainya sekitar 22uf 250 volt yang memfilter tegangan video amplifier dari power suplay, maka masalah akan langsung teratasi.

Agar lebih jelas saya akan memberikan keterangan dari tegangan-tegangan output power suplay regulator TV cina keluaran lama.
  • B+ 115 volt untuk keperluan tegangan Horisontal.
  • 180 Volt untuk tegangan video amplifier.
  • 24 Volt untuk tegangan IC Vertikal.
  • 14-16 Volt untuk tegangan awal IC Micom dan IC osilator.
  • 20-22 volt untuk tegangan IC Audio.
  • Ground.

Mungkin ada sedikit perbedaan dengan mesin-mesin TV cina keluaran baru yang sudah menggunakan IC audio jenis TDA 2003 A. Untuk tegangan audio biasanya hanya 12 volt dan untuk tegangan video amplifier sudah mengikuti TV non cina yaitu mengambil tegangan 180 volt dari FBT (Flyback).

Kesimpulannya:

Kalau sobat menemukan kerusakan TV cina yang gambarnya mengeluarkan noise, yang harus sobat lakukan cukup dengan mengganti elko yang ada pada titik output regulator 180 voltnya.

Saya rasa cukup jelas, dan semoga artikel ini walau singkat tapi bermanfaat bagi pembacanya.

0 Komentar untuk judul "TV Cina Gambar Noise dan Bergelombang"

Posting Komentar