Tips Agar Mesin TV Cina Awet Atau Tidak Mudah Rusak

Mengganti mesin TV apapun dengan mesin TV buatan cina seperti merk W-COM, Wansonic, Monstar dan lain-lain bukan berarti tidak boleh, walau jujur untuk saya pribadi kurang suka melakukannya. Yang terpenting dan harus diperhatikan adalah bagaimana caranya agar mesin TV Cina yang digunakan sebagai pengganti mesin TV bawaannya bisa awet tahan lama atau tidak mudah rusak. Karena baik sobat ataupun pemilik TV pasti menginginkan hal sama.

Tips Agar Mesin TV Cina Awet
Gambar diambil dari bukalapak

Ketika kita mendapati kerusakan pada mesin TV  bawaan yang sudah terlampau parah yang apabila diperbaiki akan makan biaya yang sangat mahal, alternatif terbaik adalah menggantinya dengan mesin TV Cina. Selain harganya relatif murah, juga dalam mengerjakannya lumayan mudah. Bahkan bisa dilakukan oleh seorang pemula.

Baca Juga: Cara memasang mesin TV Cina dan panduan lengkapnya.

Namun masalah yang akan dihadapi oleh kita sebagai teknisi adalah ketika baru beberapa hari atau beberapa bulan sudah rusak lagi tentu akan merusak refutasi kita sebagai teknisi. Karena belum tentu sipemilik televisi bisa menerima kenyataan kalau yang namanya alat dan komponen elektronik baik yang harganya mahal atau yang murah tetap akan mengalami kerusakan.

Mungkin bagi sobat yang berniat mengganti mesin TV yang sudah dianggap rusak parah akan muncul pertanyaan. Memangnya mesin TV Cina jarang awet?

Kalau begitu dibeli langsung dipasang tanpa ada tindakan lain sebagai upaya agar mesin tersebut bisa awet, saya berani jamin mesin TV tersebut akan bertahan paling kuat 1 tahun. Untuk hari-hari selanjutnya akan mulai muncul masalah-masalah baru.

Lalu bagaimana agar mesin TV Cina bisa awet dan tahan lama ketika kita pasang?

Nah sebelum kita lanjut ke tips agar mesin TV Cina bisa awet, saya akan menjelaskan sedikit tentang kekurangan dan kelebihan mesin TV cina dibanding dengan mesin TV bawaan seperti Mesin TV Polytron, LG, Sharp. Samsung, Toshiba, Sony dan lain-lain.

Apa saja kekurangan mesin TV Cina?

Pada dasarnya cara kerja rangkaian televisi yang terintegritas dalam sebuah mesin sama saja. Yang membedakan hanyalah komponen-komponen pendukungnya.

Untuk mesin TV selain mesin TV Cina sudah menggunakan komponen dengan standart internasional dan sudah teruji walau tetap terkadang ada kegagalan. Berbeda dengan mesin TV Cina, mungkin pihak produsen lebih mengutamakan nilai ekonomisnya. Kalau mesin TV Cina dilengkapi dengan komponen-komponen berkualitas bagus tentu harga jualnya tidak mungkin bisa ditekan lebih rendah dibanding memperbaiki mesin TV bawaan TV itu sendiri.

Apa saja kelebihan dari mesin TV Cina?

Selain harganya murah, cara kerja rangkaiannya pun sangat mudah dipahami. Jadi apabila suatu saat terjadi kerusakan, akan dengan sangat mudah diperbaiki oleh siapa saja. Dalam artian tidak perlu menggunakan jasa teknisi level dewa lah.

Selain itu dalam hal pengerjaan atau instalasi sangat mudah dilakukan bahkan oleh teknisi yang masih tahap belajar, karena sudah disediakan semua keperluan yang dibutuhkan oleh sebuah perangkat televisi.

Setelah sobat membacva tetntang kelebihan dan kekurangan dari mesin TV Cina, apakah masih berlanjut mau memasangnya?

Kalau iya, silahkan simak penjelasan dibawah ini agar hasilya nanti tidak kalah awet dengan mesin TV bermerk.

Cara agar mesin TV Cina awet dan tahan lama

Sebenarnya bukan hal yang sulit, hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian saja. Karena begitu melihat fisiknya saja tentu kita sudah dapat menebak apa yang bisa menyebabkan mesin TV Cia mudah rusak.

1. Solder ulang

Sebelum dipasang pastikan sobat melakukan penyolderan ulang semua kaki komponen, karena timah yang digunakan pada mesin TV Cina itu perbandingan aloynya 70/30. Jadi apabila komponen terkena panas dalam waktu yang lumayan lama akan cepat retak.

Bagian-bagian yang sangat cepat retak solderannya pada mesin TV Cina diantaranya bagian power suplay regulator, bagian IC Micom dan IC Osilator, kaki IC vertikal, kaki Flyback, bagian horisontal dan bagian RGB.

Silahkan solder ulang dulu dengan hati-hati jangan sampai ada kaki komponen yang harusnya terpisah malah jadi konslet atau terhubung singkat.

2. Ganti elko-elko untuk filter regulator

Untuk komponen lain selain elko saya rasa sudah memenuhi standart. Atau bisa dibilang sama saja dengan komponen yang digunakan pada mesin TV bermerk.

Namun untuk komponen Elko menurut pengalaman saya adalah komponen yang akan paling lebih dulu rusak pada mesin TV Cina.

Secara kasat mata pun bisa terlihat elko-elko mana yang kerjanya lumayan berat tapi hanya menggunakan elko dibawah standart. Seperti elko untuk bagian primer power suplay, elko-elko untuk output atau bagian skunder power suplay regulator, elko untuk output vertikal.

3. Ganti karet kop Flyback

Loh kenapa harus diganti bukannya itu masih baru? Memang masih baru bahkan belum pernah dipakai. Tapi menurut pengalaman saya untuk daerah-daerah tertentu dengan udara yang mengandung zat asam tinggi, karet kop Flyback bawaan mesin TV Cina sangat kurang kuat apabila digunakan untuk waktu yang lama.

Jadi sebaiknya diganti saja dengan karet kop Flyback bekas yang masih bagus dan banyak dijual di toko-toko online dengan harga yang sangat murah. Hanya sekitar 1.000-2000 perak saja.

4. Pastikan memasang mesin TV Cina dengan dudukannya

Banyak kasus memasang mesin TV Cina hanya digeletakin begitu saja. Sementara PCB yang digunakan oleh mesin TV Cina tergolong jenis PCB murah yang mudah melengkung. Nah apabila melengkung dan terkena panas maka otomatis bisa memaksa kaki-kaki komponen jadi mudah lepas.

5. Pastikan memasang mesin TV Cina dengan serapih mungkin

Memang untuk mendapatkan hasil yang terbaik kita dituntut untuk sabar dan teliti. Walau tergolong mudah tapi pada kenyataannya kita sering mengalami kesulitan dalam mengatur tata letak mesin pada cashing TV, sehingga banyak teknisi yang mengabaikan hal kerapihan.

Nah kalau bisa usahakan apabila sobat mengganti mesin TV dengan mesin TV cina agar rapih jangan sampai ada kabel yang terlalu kencang atau kabel flyback yang menampung tegangan tinggi berdempetan dengan kabel pembawa sinyal data yang rentan rusak apabila terkena percikan tegangan tinggi.

Apabila sobat melakukan 5 hal yang saya sebutkan diatas, maka saya yakin mesin TV Cina yang sobat pasang akan awet dan tahan lama.

Demikianlah tips agar mesin TV Cina awet dan tidak mudah rusak yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan tentunya semoga bermanfaat bagi pembacanya.

0 Response to "Tips Agar Mesin TV Cina Awet Atau Tidak Mudah Rusak"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel