Problem TV Cina Susah Start

Seringkali saya membaca pertanyaan lucu dari beberapa sahabat teknisi pemula yang mengeluhkan problem TV Cina semua tegangan normal tapi TV susah start katanya. Semoga artikel yang saya tulis kali ini bisa membantu keluhan para sobat pembaca.

TV Cina Susah Start

Sebenarnya kalau semua tegangan normal kemungkinan TV tidak mau start hanya 0.1% saja. Diperkirakan kerusakan ada pada komponen micom atau dari IC EPPROM nya. Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan TV Cina susah start. Silahkan simak baik-baik.

Beberapa penyebab TV Cina susah Start

1. Masalah power suplay

Pastikan kalau semua tegangan output dari power suplay regulator sudah pasti seperti yang seharusnya. Banyak kejadian ada salah satu tegangan yang kurang atau kotor sehingga TV tidak mau start. Solusi dari saya coba ganti dulu semua elko dibagian output regulator lalu bandingkan hasil pengukuran sebelum dan sesudah mengganti semua elko. Apakah ada perubahan atau tidak.

2. Tegangan 5 volt dan 8 volt bermasalah.

Tegangan 5 volt biasanya dihasilkan oleh sebuah transistor yang mengambil tegangan input kolektor dari tegangan 12-14-16 volt output regulator. Basis diberi tegangan bias menggunakan resistor dan sebagai penentu tegangan menggunakan dioda zener 5.6 volt. Sehingga pada kaki emitor akan keluar tegangan antara 4,9 volt sampai 5,1 volt untuk tegangan micom (itu tegangan normalnya).

Lalu untuk tegangan 8 volt dikendalikan oleh sebuah transistor yang dipekerjakan sebagai saklar. Apabila micom bekerja dengan baik, ketika TV distart maka tegangan 8 volt akan muncul dan menyuplay IC osilatot bagian horisontal oailator untuk menghasilkan sinyal frekuensi horisontal ke transistor driver horisontal.

3. Tegangan reset 3.3 volt bermasalah.

Ketika sobat sudah yakin kalau tegangan 5 volt sudah benar dan komponen lain untuk membangkitkan tegangan 8 volt dan yang lainnya sudah benar, coba periksa apakah tegangan 3.3 volt untuk reset sudah benar? Seringkali saya menemukan kebocoran pada dioda zener 3,6 volt untuk basis transistor reset. Sehingga IC micom tanpa adanya tegangan reset yang baik tidak akan bekerja dan menyebabkan TV susah start.

4. IC MEMORI EEPROM bermasalah.

Arti kata bermasalah disini bisa error atau rusak. Apabila IC EEPROM error atau rusak tidak akan ada perintah data apapun terhadap IC Micom. Jelas hal ini akan menyebabkan TV tidak mau start karena tidak adanya perintah apapun dari IC EPPROM. Solusi dari saya coba ganti atau flash ulang IC EEPROM menggunakan firmware yang sesuai dengan jenis mesin TV tersebut.

5. IC Micom rusak.

Walau sangat jarang tapi bukan berarti tidak mungkin. Dalam beberapa kasus yang pernah saya tangani ada kalanya IC micom rusak dibagian resetnya. Sehingga walaupun tegangan-tegangan sudah normal, TV tetap tidak mau start.

6. IC osilator rusak.

Walau untuk saat ini sudah sangat jarang TV Cina yang menyediakan IC micom dan IC osilator terpisah tapi walau bagaimanapun dalam IC tersebut tetap ada beberapa IC yang ditampung menjadi satu. Termasuk didalamnya ada IC osilator horisontal dan vertikal. Jadi walaupun semua tegangan sudah normal, perintah reset sudah ada, perintah data dari micom ke osilator sudah ada, tapi kalau IC osilatornya sudah rusak otomatis tidak akan menjalankan perintah memberikan sinyal output osilator horisontal ke transistor driver horisontal.

7. Kristal rusak.

Dari pengalaman saya, kristal yang mungkin dianggap jarang rusak tapi kenyataannya bisa rusak juga. Bahkan sering saya menjumpai kristal yang kelihatan baik-baik saja tapi ketika disentuh ada salah satu kaki yang langsung terlepas. Berarti kaki kristal tersebut sudah korosi dan sudah tidak terhubung dengan sempurna, sehingga sinyal frekuensi yang dihasilkan sudah tidak sesuai dengan frekuensi yang diinginkan oleh IC micom dan IC EEPROM.

Saya rasa cukup jelas. Jadi kesimpulannya tidak mungkin TV tidak mau start kalau tidak ada masalah pada komponen dan rangkaiannya. pastikan kalau semua tegangan sudah ada dan sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap komponen, baru menentukan bagian mana yang benar-benar rusak.

0 Response to "Problem TV Cina Susah Start"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel