Polytron IC STV 2247 IC Vertikal TDA 8174 AW Mati Protek

Banyak sekali penyebab TV Polytron mati protek, seperti yang akan saya share kali ini yaitu TV Polytron yang menggunakan IC Osilator STV 2247 dan menggunakan IC Vertikal TDA 8174 AW yang gejala kerusakannya mati protek.

Polytron IC STV 2247 IC Vertikal TDA 8174 AW Mati Protek

Memang kalau bicara protek TV Polytron sepertinya tidak akan ada habisnya, dan kalau salah langkah dalam memperbaikinya bisa membuang-buang biaya tanpa ada hasil yang menggembirakan.

Seperti kasus yang belum saya alami, TV Polytron tersebut sudah coba diperbaiki oleh sahabat saya, IC osilator sudah diganti dan juga beberapa komponen lainnya, tapi tetap saja TV tidak mau hidup.

Dibawah ini cara saya dalam menangani TV Polytron yang Protek dan tidak mau start sama sekali

Ketika pertama kali saya periksa begitu TV di nyalakan baik menggunakan tombol CH maupun pakai tombol power pada remot, TV seperti mau hidup, lampu indikator standby namun tidak lama kemudian menyala lagi. Itulah yang umum disebut protek.

Bagian pertama yang saya periksa adalah tegangan 5 volt untuk standby, teganan 5 volt setelah TV tidak standby dan tegangan  volt untuk IC Osilator.

Yang menunjukan kelainanan adalah tegangan 8 volt untuk IC Osilator, terukur hanya 6,8 volt itupun sedikit turun naik.

Lalu saya ganti resistor 15 ohm 2 watt yang dari output 14 volt regulator menuju kaki kolektor transistor D 313. Alhasil tegangan 8 volt jadi bagus, namun tetap saja TV tidak mau start.

Lalu saya periksa tegangan SCL SDA ketika standby terukur 4.9 volt berarti normal, dan tegangan VCC data terukur 1 volt.

Ketika TV di start tegangan VCC data naik jadi 5 volt dan tegangan SCL SDA terukur hanya 2 volt itupun goyang-goyang. Wajar saja teman saya mengira kalau IC Osilator bermasalah makanya sempat beliau ganti.

Berlanjut mengukur tegangan basis transistor driver horisontal, ternyata ketika standby dan ketika start terukur 0 volt. Ketika PIN 48 untuk H out saya lepas terlihat ada pergerakan voltase pada kaki basis transistor horisontal dan kaki kolektor langsung drop menjadi 0 volt.

Siapapun pasti akan mengira kalau kerusakan ada pada IC osilator, karena ketika PIN 48 terpasang pada kaki basis transistor horisontal sama sekali tidak ada tegangan, sehingga transistor horisontal dan FBT (Flyback) tidak mau bekerja.

Tapi ketika saya mengukur tegangan pada PIN 47 V out menemukan adanya kejanggalan, disitu ketika start seperti ada beban yang mengganggu tegangan Vertikal out untuk naik.

Nah dari situ saya mulai curiga kalau masalah ada pada IC Vertikal TDA 8174 AW, lalu saya coba lepas kaki input VCC nya dan coba nyalakan TV, tetap saja tidak ada hasil.

Penasaran saya cabut IC Vertikal lalu saya nyalakan TV dan pada PIN Out FBT keluar tegangan menandakan FBT bekerja.

Ternyata penyebab protek TV Polytron yang saya tangani kali ini ada pada IC Vertikal TDA 8174 yang konslet total, sehingga menggangu tegangan V Out dan data membaca kalau ada masalah sehingga TV tidak mau mengeluarkan sinyal horisontal dan karena PIN Protek tidak mendapatkan tegangan dari hasil kerja IC Vertikal maka akhirnya protek.

Jadi inti dari pembahasan kali ini adalah, penyebab TV Polytron protek dengan tanpa hidup dulu penyebabnya karena IC Vertikal konslet dibagian inputnya sehingga menggangu sinyal vertikal out dari IC Osilator.

Semoga pengalaman yang saya share kali ini bisa menambah wawasan teman-teman semua dalam menangani kerusakan TV Polytron dengan gejala protek.

Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter