Gambar TV Blank Merah, Hijau, Biru dan Bergaris

Salah satu kerusakan yang lumayan sering dijumpai pada pesawat televisi yaitu pada layar TV hanya menampilkan gambar blank merah atau hijau atau biru dan bergaris. Untuk pemula tentu sedikit bingung apabila menemukan kerusakan seperti itu.

Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang penyebab gambar TV blank merah, hijau, biru dan bergaris serta cara tepat untuk memperbaikinya.

Gambar TV Blank Merah, Hijau, Biru dan Bergaris


Penyebab gambar TV blank merah, hijau, biru dan bergaris

Berdasarkan teori dan juga berdasarkan pengalaman saya, ada 3 hal yang bisa menyebabkan gambar TV blank diwarna tertentu disertai dengan garis horisontal.
Yaitu:
  1. Transistor penguat RGB short
  2. Resistor yang dari tegangan video amplifier ke transistor RGB putus
  3. Tabung CRT short.
Setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana langkah-langkah cara untuk memperbaikinya?

1. Periksa transistor penguat RGB

Pada hampir kebanyakan merk TV, untuk transistor RGB hanya menggunakan penguat akhir tanpa driver. Silahkan buka transistor yang berhubungan dengan warna yang blank. Misalnya kalau blank merah periksa transistor untuk R, kalau blank hijau periksa transistor untuk G, dan kalau blank biru silahkan periksa transistor untuk B.

Untuk mempermudah pengecekan sebaiknya dilepas dulu transistornya baru diukur, dan kalau memang transistornya rusak silahkan ganti, biasanya kerusakan akan langsung teratasi.

2. Periksa resistor untuk kolektor transistor RGB

Mungkin ada yang belum begitu paham kalau resistor untuk kolektor transistor RGB biasanya menggunakan resistor berukuran 2 watt dengan nilai antara 10 Kilo Ohm sampai 22 Kilo Ohm, ada yang 10 Kilo Ohm, ada yang 12 Kilo ohm, ada yang 15 Kilo ohm, ada yang 18 Kilo ohm dan ada yang 22 Kilo ohm.

Keruskan umum untuk resistor tersebut adalah putus, jarang sekali ditemukan berubah nilai walau pada bentuk fisiknya sudah gosong. Silahkan periksa resistor yang terhubung dengan kolektor transistor yang menunjukan adanya kerusakan.

3. Periksa tabung CRT

Nah kalau transistor dan resistornya tidak ada yang rusak, maka kemungkinan kerusakan ada pada tabung CRT nya itu sendiri yang mengalami short.

Baca: Cara mengecek atau mengukur kondisi dan kualitas tabung layar CRT tanpa menggunakan mesin TV.

Kalau memang kerusakan ada pada tabung CRT, hanya tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu mengganti tabung CRT dengan yang masih bagus atau mengakalinya dengan cara menembak tabung CRT tersebut, atau memisahkan tegangan Heater jangan menggunaka groud yang sama dengan rangkaian RGB.

Baca: Cara tembak tabung CRT tanpa alat khusus.

Baca: Rangkaian CRT restorer atau penembak tabung CRT.

Walau sebenarnya menembak tabung CRT sifatnya untung-untungan, dari 10 kasus mungkin hanya 70% yang berhasil, 30% nya kemungkinan gagal. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Ada juga kalau memang terjadi short antara lampu RGB ke kaki Heater masih bisa diatasi dengan cara memisahkan tegangan Heater jangan menggunakan ground yang sama dengan rangkaian RGB. Yaitu bisa dengan cara membuat lilitan pada batang ferit flyback sebanyak 2 atau 3 lilitan sampai terukur sekitar 4-6 volt AC, lalu hubungkan dengan kaki heater 1 dan 2 yang sebelumnya dilepas dulu yang terhubung ke groundnya.

Saya rasa cukup jelas, demikianlah penjelasan tentang penyebab gambar TV blank merah atau hijau atau biru disetai dengan garis-garis horisontal (garis buku) serta cara tepat untuk memperbaikinya yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter