Apakah FET dan IGBT itu Sama? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sejak hadirnya teknologi baru baik dibidang pertelivisian maupun dibidang elektronik lainnya maka komponen-komponen baru yang bentuknya kecil tapi memiliki daya watt besar mulai dikenali oleh banyak teknisi dan penghobi elektronik, seperti diantaranya komponen FET dan IGBT. Dua komponen tersebut terlihat sama. Sehingga banyak yang bertanya, apakah FET dan IGBT itu komponen yang sama?

FET dan IGBT

Apa itu FET?

FET atau (Field Effect Transistor) atau kalau dalam bahasa indonesia disebut Transistor Efek medan. Cara kerja FET hampir sama dengan transistor bipolar, yang membedakan adalah pada pengendalian arus outputnya.

Arus output pada Transistor Bipolar dikendalikan oleh arus input, sedangkan arus output pada FET dikendalikan oleh tegangan input. Jadi yang perlu diperhatikan perbedaan yang paling mendasar antara Transistor bipolar dengan Field Effect Transistor adalah terletak pada pengendalinya.
  • Transistor bipolar dikendalikan oleh arus input.
  • FET dikendalikan oleh tegangan input.
FET
Simbol FET

Kaki FET menggunakan 3 buah terminal sama dengan transistor bipolar. Kalau transistor bipolar terminalnya B C E atau Basis Colector Emitor, sementara FET terminalnya G D S atau Gate Drain Source.

Apa itu IGBT?

IGBT atau (Insulated Gate Bipolar Transistor) atau bisa dibilang gabungan antara BJT dengan Mosfet. Sesuai dengan namanya, komponen IGBT ini merupakan komponen yang menggabungkan struktur dan sifat-sifat dari kedua jenis transistor BJT dan MOSFET.

IGBT
Simbol IGBT

Kaki IGBT juga sama memiliki 3 terminal G C E atau Gate Colector Emitor.

Artikel Terkait: Keterangan lengkap tentang IGBT.

Kalau dijelaskan secara terperinci komponen FET dan IGBT disini tentu akan sangat panjang. Saya hanya akan fokus pada penjelasan tentang perbedaannya saja sebagai jawaban dari beberapa pertanyaan yang masuk mempertanyakan apakah FET dan IGBT itu sama?

Setelah membaca keterangan singkat diatas, sekarang Anda mulai paham, ternyata FET dan IGBT itu adalah 2 komponen elektronik yang fungsinya sama tapi cara pengoperasiannya jelas beda.

Muncul pernyataan kalau banyak diantara teknisi yang pernah mengganti FET dengan IGBT ternyat bisa. Saya tidak punya pengalaman untuk itu, dan tidak mungkin melakukan percobaan mengganti FET dengan IGBT.

Karena baik itu FET maupun IGBT bukanlah komponen yang langka, kedua komponen tersebut sangat mudah dibeli dimana saja.

Nah demikianlah penjelasan tentang apakah FET dan IGBT itu sama? jawabannya adalah sangat jelas berbeda.
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter