Cara Mudah Memodifikasi Berbagai Power Suplay Regulator Dengan IC DM0565R

Kerusakan seputar power suplay regulator perangkat elektronik seperti TV tabung, TV LCD, TV LED, DVD Player, Receiver digital dan lain sebagainya terkadang membuat kita sebagai teknisi merasa kesulitan, terlebih kalau sudah dihadapkan dengan rusaknya salah satu komponen yang tidak mudah untuk didapatkan. Seperti contoh kerusakan yang sering terjadi pada power suplay regulator TV LED yang menggunakan IC PWM kecil, selain harga IC PWM tersebut lumayan mahal, juga untuk saat ini masih lumayan sulit untuk mendapatkannya.

Namun untuk saat ini banyak sekali alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keruskan seputar power suplay regulator., seperti menggantinya dengan Gacun. Untuk Gacun itu sendiri saat ini sudah tersedia 2 pilihan, yaitu ada gacun 3 kabel dan ada gacun 5 kabel. Tapi terkadang dengan menggunakan modul Gacun masih muncul masalah baru yaitu tidak cukup ruang untuk menempatkan modul gacun, atau tegangan yang dihasilkan oleh rangkaian gacun belum cukup stabil untuk sebagian rangkaian elektronik.

Nah oleh sebab itu berdasarkan pengalaman saya, disini saya akan berbagi informasi tentang cara memodifikasi berbagai rangkaian power suplay regulator elektronik cukup dengan menggunakan sebuah IC modul PWM plus power regulator yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar teknisi, IC modul PWM plus power regulator namanya IC DM0565R atau FSDM0565R. Yang dimana kelebihan dari IC DM0565R tersebut adalah sangat simple, wattnya lumayan besar dan sangat stabil apabila digunakan untuk rangakaian regulator yang wajib menggunakan system regulasi seperti untuk TV LED dan LCD, yang apabila tegangan kurang stabil bisa menyebabkan TV susah start dan bisa berakibat fatal kedepannya.

Cara Mudah Memodifikasi Berbagai Power Suplay Regulator Dengan IC DM0565R


Selain simple dan sangat mudah digunakan, juga untuk harga IC DM0565R ini tidak begitu mahal, bisa kita dapatkan dengan harga dibawah 20.000 dan tersedia disemua toko online seperti Lazada, tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain. Dan mungkin ditoko-toko elektronik dekat tempat tinggal sobat sudah tersedia.

Sekarang kita lanjut ke cara memasang IC DM0565R pada rangakaian power suplay regulator.

Seperti halnya hendak menggunakan gacun, menggunakan DM0565R juga kita harus melepas dulu komponen inti seperti transisitor regulator atau FET, dan sebaiknya dilepas juga komponen PWM nya kalau memang rangkaian regulator tersebut menggunakan IC Modul PWM, dan yang harus disisakan adalah rangakain bias, rangkaian flyback, dan rangkaian regulasi.

IC DM0565R Memiliki 6 kaki atau 6 PIN Out, yang dimana data PIN out dari 6 kaki IC DM0565R adalah sebagai berikut:

  1. Drain, karena komponen power yang terinclude didalam ic DM0565R adalah FET, atau kalau pada transistor adalah Colector nya.
  2. Ground.
  3. Vcc.
  4. Vfb.
  5. NC.
  6. Vstart.

Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:
  • PIN 1 dihubungkan dengan bekas kaki Drain kalau awalnya menggunakan FET, atau kaki kolektor kalau awalnya menggunakan transistor.
  • PIN 2 Hubungkan dengan Ground atau dengan bekas kaki S kalau awalnya menggunakan FET atau dengan bekas kaki emitor kalau awalnya menggunakan transistor.
  • PIN 3 Hubungkan dengan PIN 4 dari Optocoupler dan PIN 3 optocoupler harus di ground kan.
  • PIN 4 Hubungkan dengan tegangan flyback. Tegangan flyback itu adalah tegangan yang dihasilkan dari induksi trafo regulator.
  • PIN 5 tidak digunakan.
  • PIN 6 Hubungkan dengan rangkaian bias 12 volt, atau kalau tidak ada bisa membuatnya dengan cara memasang resistor 68k ohm 1 watt dari VCC 308V, nah ujung resistor hubungkan dengan PIN no 6 dari IC DM0565R, boleh juga kalau mau dikopel dengan dioda zener 12 volt ke ground.

Atau agar lebih jelas silahkan perhatikan contoh skema dibawah ini:

Rangakaian regulator dengan IC DM0565R

Kelebihan lain dari  menggunakan IC DM0565R dibanding dengan menggunakan gacun 3 kabel adalah apabila dipasang pada rangkaian elektroni yang ketika standby tegangan output regulator mengecil seperti pada TV Polytron, maka rangkaian regulator akan sama seperti menggunakan rangkaian aslinya.

Saya rasa cukup jelas, demikianlah cara merubah atau memodifikasi berbagai rangkaian power suplay regulator menggunakan IC DM0565R yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

0 Komentar untuk judul "Cara Mudah Memodifikasi Berbagai Power Suplay Regulator Dengan IC DM0565R"

Posting Komentar