Receiver Digital Nyala Normal Tapi Tidak Tampil Gambar Video

Pasti diantara sobat teknisi sering menemui kerusakan receiver dengan keluahan tidak tampil gambar atau video pada televisi, sementara untuk fitur lain seperti suara, remot, panel kontrol dan penerima sinyal tidak ada masalah sama sekali. Nah apabila sobat menjumpai masalah seperti itu jangan buru-buru memvonis kalau rusak IC nya, karena berdasarkan pengalaman saya sangat jarang ditemui kalau kerusakan tidak ada output video berasal dari kerusakan IC.

Receiver Digital Nyala Normal Tapi Tidak Tampil Gambar Video

Perlu sobat ketahui kalau hampir semua receiver digital baik yang mpeg2 maupun yang sudah full HD pada bagian output videonya dilengkapi dengan rangkaian penguat sinyal video, yang tujuan dari rangkaian penguat sinyal video tersebut untuk menguatkan sinyal video dari IC, agar sinyal output mampu memberikan sinyal beresolusi tinggi pada pesawat televisi dan menghasilkan gambar yang sangat jelas.

Rangkaian penguat sinyal video tersebut terdiri dari beberapa buah komponen, yang diantaranya:

  • 1 Buah transistor jenis NPN yang berfungsi sebagai peguatnya
  • 2 Buah kapasitor elektrolit 220uf 16 volt yang 1 untuk sinyal input dan yang 1 lagi untuk sinyal output
  • Dan beberapa buah resistor sebagai komponen pendukung rangkaian penguat sinyal video.

Apabila sobat menemukan kerusakan receiver digital dengan keluhan tidak ada sinyal video keluar, maka yang wajib sobat periksa adalah komponen-komponen yang saya sebutkan diatas. Cara menemukannya adalah dengan cara menelusuri dari socket video output yang akan tersambung pada elko 220uf 16 volt lalu elko tersebut tersambung pada emitor transistor jenis SMD, lalu basis trasistor tersebut tersambung ke IC melalui elko 220uf 16 volt.

Menurut pengalaman saya yang paling sering rusak adalah elko untuk video outputnya, walau terkadang ada juga yang rusak adalah transistornya. Apabila yang rusak berupa transistor SMD nya, dan sobat susah mencari pegganti, saya sarankan gunakan saja transistor C945 atau C9014 sebagai pengganti trasistor SMD tersebut.

Itulah cara memperbaiki kerusakan receiver digital dengan gejala tidak ada sinyal video output yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Receiver Digital Nyala Normal Tapi Tidak Tampil Gambar Video"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel