Perbaiki Power Suplay Regulator Receiver Digital IC SD 4842/44P 67K65

Hampir semua receiver digital keluaran baru baik itu receiver digital mpeg2 atau receiver digital mpeg4 HD menggunakan power suplay regulator yang komponen utamanya menggunakan IC SD 4844 67K65 atau SD 4842P 67K65. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang gejala kerusakan dan cara memperbaiki power suplay regulator yang menggunakan IC SD 48442/44P 67K65.

Perbaiki Power Suplay Regulator Receiver Digital IC SD 4842/44P 67K65

Pada umunya kerusakan power suplay regulator pada receiver digital ada 4 jenis, yaitu:

  1. Mati total.
  2. Tegangan berdenyut dengan lampu indikator berkedip.
  3. Tegangan kurang atau lebih.
  4. Tegangan baru bisa normal setelah terhubung ke arus listrik beberapa menit.


Nah dari keempat jenis kerusakan tersebut, saya akan coba jelaskan satu persatu penyebab dan langkah-langkah cara memperbaikinya.

1. Power suplay regulator receiver digital mati total

Penyebab bisa karena fuse atau sekring putus, atau resistor smd bias yang benilai 470k 2 buah diseri putus salah satunya atau keduanya, ada konslet dijalut skunder, atau bisa karena IC power nya rusak.

Langkah-langkah memperbaikinya:

Periksa apakah tegangan AC masuk ke dioda penyearah atau tidak, kalah tidak periksa dari mulai kabel, saklar sampai fuse.

Kalau tegangan masuk ke dioda penyearah dan pada elko regolator yang bernilai 400-450 volt sudah ada tegangan tapi regulator belum juga bekerja coba periksa resistor smd untuk bias IC power.

Kalau tegangan di bias regulator sudah ada tapi regulator belum juga bekerja coba periksa dioda-dioda penyearah dibagian output regulator siapa tau ada salah satunya yang terhubung singkat atau komslet.

Kalau semua sudah terukur dan tidak ada yang rusak berarti kerusakan ada pada IC powernya itu sendiri.

2. Tegangan berdenyut dengan lampu indikator berkedip

Kerusakan tegangan berdenyut dengan tanda yang bisa lihat lampu indikator power berkedip biasanya kerusakan ada dibagian flyback regulator.

Langkah-langkah memperbaikinya:

Periksa apakah elko yang defaultnya berukuran 47uf 25 volt rusak atau tidak. Untuk lebih pasti bisa dicoba diganti dengan yang baru. Saya biasa menggunakan elko bernilai 47uf 50 volt untuk penggantinya.

Kalau setelah elko diganti tegangan masih berdenyut, silahkan periksa elko dibagian output regulator 3.3 volt atau 5 voltnya, elko tersebut biasanya bernilai 1000uf 10 volt atau 1000uf 16 volt.

Kalah setelah elko tersebut diganti tapi tidak membuahkan hasil, silahkan coba ganti optocoupler 817 sekalian denhan TL341a atau KIA431a nya.

Kalau setelah pergantian komponen-komponen diatas regulatot belum juga bekerja dengan baik, kemungkinan kerusakan ada pada IC power bagian flybacknya yang rusak.

Ada beberapa pengalaman dengan menyolder ulang IC power tegagan jadi normal, tapi hal tersebut bukan cara menyelesaikan masalah, karena masalah akan timbul kembali apabila IC power sudah dingin. Langkah sebaiknya yang harus sobat lakukan adalah mengganti IC power dengan yang baru.

3. Tegangan kurang atau lebih dari semestinya

Kerusakan seperti itu biasanya diakibatkan oleh tidak bekerja dengan baiknya rangkaian regulasi atau terjadi setengah konslet dibagian output regulator.

Langkah-langkah memperbaikinya:

a) Apabila tegangan kurang: Lepas dulu beban output, apakah tegangan masih kurang? Kalau masih kurang, coba ganti elko output regulator dan lihat hasilnya.

Kalau tegangan masih kurang silahkan coba ganti optocoupler sekalian dengan IC TL431a atau KIA431a nya.

b) Apabila tegangan lebih dari semestinya: Silahkan periksa semua resistor yang berhubungan dengan rangkaian regulasi, kalau ketemu yang putus atau berubah nilai silahkan ganti.

Ganti juga optocoupler dan ic TL431a atau KIA431a nya. Karena komponen tersebut merupakan komponen inti dari rangkaian regulasi, atau rangkaian yang menentukan besar dan kecilnya hasil dari output regulator.

4. Tegangan baru normal setelah menunggu beberapa menit

Terkadang kita akan mendapati kerusakan berupa ketika pertama kali dinyalakan atau receiver digital dihubungkan pada arus listrik, receiver tidak mau start, hanya terlihat lampu indikator yang menyala redup.

Langkah-langkah memperbaikinya:

Kerusakan tersebut biasanya diakibatkan oleh sudah lemahnya elko output regulator bagian 3.3 volt atau 5 voltnya. Atau bisa jadi karena elko bagian flyback regulator sudah lemah, silahkan ganti elko-elko tersebut dan mudah-mudahan regulator bisa langsung bekerja dengan sempurna.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab dan cara memperbaiki kerusakan power suplay regulator receiver digital mpeg2 dan mpeg4 HD terutama yang menggunakan IC Power SD 4842P 67K65 atau SD 4844P 67K65 yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

0 Komentar untuk judul "Perbaiki Power Suplay Regulator Receiver Digital IC SD 4842/44P 67K65"

Posting Komentar