LED Sharp Aquos LC-24SA4000 Mati Protect

Jumpa lagi dipembahasan seputar servis elektronik, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi pengalaman perbaiki TV LED Sharp Aquos LC-24SA4000 yang rusak dengan gelaja kerusakan mati protect.

LED Sharp Aquos LC-24SA4000 Mati Protect

Sharp Aquos LC-24SA4000 merupakan televis LED 24" inch yang menggunakan mesin sangat simple, antara regulator dan mainboard sudah terbentuk menjadi 1 keping PCB saja.

Awal-awal saya mengira kalau kerusakan ada dibagian tcon, karena sewaktu dinyalakan sempat menunjukan lampu backlight nya menyala seaat.

Tetapi setelah TV dibongkar dan diperhatikan ternyata elko output bagian dc to dc inverter backlight nya terlihat kembung, dan coba saya ukur sudah dalam keadaan setengah konslet.

Pantas saja sampai terjadi protect, rupanya ketika rangkaian dc to dc inverter backlight bekerja, arus outputnya terganggu oleh elko, sehingga tv tersebut menjadi protect. Tanpa banyak pikir lagi, langsung admin ganti elko SMD tersebut dengan elko 47uf 100 volt, dan televisi bisa menyala dengan sempurna.

LED Sharp Aquos LC-24SA4000 Mati Protect

Nah demikianlah pengalaman tentang salah satu penyebab dan cara memperbaiki LED TV Sharp Aquos yang mati protect yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Walau pada kenyataan ada banyak penyebab protect pada TV LED Sharp, tapi mudah-mudahan salah satunya yang sedang sobat kerjakan, sama dengan pengalaman saya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter