Kursus Dasar Servis Elektronik Bagi Pemula

Memiliki keahlian dibidang servis elektronik selain bisa dijadikan bekal hidup di era yang serba elektronik, juga bisa dijadikan modal untuk membuka usaha sendiri atau usaha kelompok dalam hal menjual jasa perbaikan alat-alat elektronik. Namun untuk bisa memiliki keahlian dibidang servis elektronik tentu bukan hal yang mudah terlebih bagi pemula yang benar-benar baru mau belajar. Nah oleh sebab itu pada artikel kali ini admin ingin berbagi tips dasar kursus servis elektronik khusus bagi pemula.

Kursus dasar elektronik bagi pemula

Dari hasil pengamatan admin setelah mendengarkan keluhan dan pertanyaan dari beberapa sahabat yang ingin belajar servis perangkat elektronik adalah mulai dari mana dulu tahap mempelajarinya? Agar cepat dan mudah memahami berbagai jenis kerusakan yang sering terjadi pada perangkat elektronik serta langkah cepat dan tepat dalam menanganinya.

Berikut ini dasar-dasar kursus servis elektronik yang wajib diketahui oleh pemula:

1. Mengenal nama dan jenis-jenis komponen

Dalam setiap rangkaian elektronik terdapat banyak sekali komponen elektronik yang setiap komponen-komponen tersebut memiliki tugas dan cara kerja sendiri-sendiri. Tidak mungkin komponen jenis A misalnya bisa serta merta diganti komponen jenis B tanpa mengenal dulu fungsi dan cara kerja komponen tersebut.

Baca: Komponen elektronik yang wajib diketahui oleh teknisi.

2. Menguasai cara menghitung gelang warna pada resistor

Resistor merupakan komponen paling sakral dalam setiap rangkaian elektronik. Dimana apabila dalam praktek perbaikan perangkat elekronik ditemukan satu atau beberapa resistor yang putus atau berubah nilai, harus diganti dengan resistor yang nilainya sama persis. Walau ada tolersni sekitar 1% sampai 20% dari nilai aslinya, tapi tanpa menguasai dulu cara menghitung nilai gelang warna setiap resistor tentu hal tersebut akan sulit dilakukan.

Jadi menurut admin, menguasai dulu cara menghitung gelang warna pada setiap resistor untuk menentukan nilainya berapa adalah wajib, bahkan sangat disarankan jangan dulu melangkah ke pelajaran lain sebelum benar-benar menguasai cara menghitung gelang warna resistor.

Baca: Cara menghitung warna kode gelang resistor.

Baca: Cara menentukan ukuran resistor.

3. Mengetahui transistor dan jenis-jenisnya

Dalam perangkat elektronik baik perangkat elektronim manual atau digital pasti ditemukan komponen yang bernama transistor. Transistor terdiri dari 2 jenis yaitu ada transistor jenis PNP dan ada transistor jenis NPN, Nah dari 2 jenis transistor tersebut memilik bebagai varian serta ukurannya masing-masing.

Jadi tidak serta merta asal sama-sama jenis NPN diganti dengan jenis yang sama, karena setiap transistor memiliki ukuran yang berbeda, walau pada kenyataannya memang terkadang ada 1 type transistor yang memiliki puluhan bahkan ratusan persamaan.

4. Mengetahui ukuran dan cara kerja kapasitor

Dalam prakteknya nanti tentu sobat akan menemukan banyak sekali kapasitor disetiap rangkaian elektronik, ada kapasitor berpolariti atau yang akrab dengan sebutan elko atau kapasitor elektrolit, ada juga kapasitor non polariti atau yang akrab dengan sebutan kondensator mika, milar, cbb dan lain sebagainya.

Perlunya mengenal dan mengetahui ukuran dan cara kerja dari kapasitor karena pada prakteknya nanti pasti sobat akan mendapati kesulitan dalam menemukan ukuran atau nilai yang sama persis, misalnya ada sebuah kapasitor elektrolit dengan nilai 1000uf 25v rusak sementara persediaan yang sobat miliki adalah 1000uf 16v dan 1000uf 35 volt. Nah elko yang mana yang bisa sobat gunakan untuk pengganti akan sobat ketahui setelah paham betul tentang ukuran dan cara kerja sebuah kapasitor.

5. Mengetahui FET dan cara kerjanya

FET adalah komponen yang lebih sering digunakan dalam rangkaian elektronik modern terutama untuk rangkaian daya besar. Dimana ada banyak sekali jenis FET yang beredar dipasaran yang kalau kita tidak mengetahui seluk beluknya FET akan membuat bingung.

Tapi beruntung untuk saat ini banyak sekali situs-situs penyedia layanan datasheet komponen elektronik, yang pastinya akan mempermudah kita untuk menemukan nilai dan persamaan dari setiap komponen elektronik. Salah satu situs yang paling sering admin kunjungi untuk melihat dataset komponen elektronik adalah alldatasheet.com.

6. Mengenal jenis-jenis IC datasheet dan persamaanya

IC atau (Integritas Circuit) merupakan komponen inti dalam setiap rangkaian elektronik modern, ada banyak sekali jenis IC yang beredar dan sering digunakan oleh produsen-produsen elektronik. Walau terkadang namanya beda tapi pada kenyataanya sama. Seperti contoh IC vertikal yang umum digunakan namanya LA78141 dan STV9325a, kedua nama IC vertikal tersebut memiliki nama yang jauh berbeda tapi memiliki kesamaan karakteristik yang pada prakteknya nanti bisa sama-sama digunakan.

Tentu kalau admin sebutkan semua jenis komponen elektronik yang wajib diketahui sebagai dasar utama kalau sobat ingin belajar kursus servis elektronik, akan membua sobat jenuh juga dalam membacanya, karena masih banyak lagi nama-nama dan jenis komponen elektronik lainnya seperti IGBT, SCR, FBT, TRAFO, NTC, PTC, THERMOPUSE, JUGFET, YOKE DEFLEKSI, PANEL LED, PANEL LCD, BACKLIGHT LED, BAKLIGHT TTL dan lain-lain yang semuanya memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

Intinya dari pembahasan kursus dasar elektronik yang admin bahas kali ini, admin tekankan agar siapa saja yang punya keinginan belajar servis elektronik, kenali dulu nama-nama dan jenis-jenis komponen elektronik serta cara kerjanya, setelah sobat menguasainya maka ketika nantinya terjun langsung menangani berbagai kerusakan elektronik tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Karena menurut pengamatan admin, banyaknya teknisi yang kesulitan dalam menangani setiap kerusakan elektronik disebabkan oleh minimnya pengetahuan mereka tentang komponen dan cara kerjanya.

Sekian dulu pembahasan kursus dasar servis elektronik yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini, dilain waktu inshaa alloh akan admin update lagi dengan pembahasan yang lebih lengkap dan rinci.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER