Gambar TV Pertama Kali Dinyalakan Buram

Bukan hal yang aneh apabila sobat teknisi mendapati gejala kerusakan televisi yang ketika pertama kali dinyalakan gambarnya buram, lalu setelah nyala beberapa saat gambar mulai nampak jelas. Nah pada artikel kali ini admin akan membahas penyebab dan cara memperbaiki kerusakan pada pesawat televisi dengan gejala gambar buram ketika televisi pertama kali dinyalakan atau pada saat televisi dalam keadaan dingin.

Sebenarnya artikel ini sengaja admin buat karena terisnpirasi dari salah satu pertanyaan seorang user di sebuah group tanya jawab seputar elektronik.

Pertanyaan dari user tersebut kurang lebih seperti berikut: "Kenapa ya tv saya kalau pertama kali dinyalakan gambarnya buram, kalau sudah panas bagus sendiri?"

Gambar yang disertakan oleh user tersebut seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Gambar TV Pertama Kali Dinyalakan Buram
Sumber gambar dari group facebook

Nah sobat pasti akan atau mungkin sering menemukan masalah yang sama. Sobat masuk ke artikel ini tentu karena belum mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Berikut ini penyebab dan cara mengatasi gambar tv buram ketika pertama kali dinyalakan

Umumnnya ada 2 penyebab yang bisa menyebabkan gambar televisi buram ketika pertama kali dinyalakan atau ketika pesawat televisi masih dalam keadaan dingin.

1. Kerusakan pada socket CRT

Didalam socket CRT terdapat sambungan untuk fokus dari FBT, apabila logam yang harusnya membentuk resistansi tetap sesuai setelan fokus dari FBT ketika tegangan fokus masuk sudah berkarat atau berjamur maka resistansinya akan terus berubah-ubah. Hal inilah yang akan menyebabkan fokus gambar jadi tidak menentu.

Untuk mengatasinya hanya bisa dilakukan dengan cara mengganti socket CRT tersebut. Walau dengan cara membersihkan terkadang bisa menampakan hasil yang bagus, tapi cara tersebut kurang direkomendasikan karena kemungkinan besar dalam beberapa hari kedepan masalah akan timbul lagi.

2. Kerusakan ada pada fokus FBT

Apabila setelah pergantian socket CRT tidak menampakan hasil atau perubahan sama sekali, kemungkinan besar kerusakan ada pada fokus FBT itu sendiri. Karena fokus FBT merupakan sebuah potensiometer berukuran besar dengan daya watt yang besar juga. Jadi sangat berpotensi untuk rusak apalagi kalau FBT tersebut sudah berumur lama. Kerusakan pada fokus dan screen FBT yang resistansinya terus berubah-ubah, sering admin temukan pada FBT model lama seperti pada TV polytron dan digitec jadul.

Admin rasa cukup jelas penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi masalah gambar tv buram pada saat pertama kali dinyalakan atau pada saat tv masih dalam keadaan dingin. Sekian dan semoga bermanfaat.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter