Cara Tracking Satelit Menggunakan HP Android

Terkadang pada situasi tertentu ketika tracking atau menemukan sinyal satelit, kita wajib melihat monitor atau TV agar bisa melihat pergerakan naik turunnya sinyal satelit yang sedang ditracking. Biasanya kalau mau tracking satelit, kita akan membawa TV dan perangkat receiver digital ke tempat yang bisa kita lihat dari posisi antena parabola yang sedang kita tracking. Namun bagaimana kalau posisi antena parabola dan TV tidak memungkinkan untuk saling berhadapan? Tentu kita akan bingung kan? Tapi dengan semakin canggihnya ilmu dan teknologi, semuanya biasa teratasi, hanya dengan bantuan 2 buah HP Android, sudah bisa digunakan untuk tracking satelit tanpa harus susah payah mengeluarkan TV agar terlihat dari posisi kita tracking.

Sesuai dengan judul artikel ini yaitu cara tracking satelit menggunakan HP Android, disini saya akan memberikan panduan bagaimana cara tracking atau menemukan sinyal sebuah satelit cukup hanya bermodal HP Android.

Cara Tracking Satelit Menggunakan HP Android


Alat-alat yang dibutuhkan untuk tracking satelit menggunakan HP Android adalah sebagai berikut:
  • 2 buah HP Android
  • Aplikasi VLC media player for Android
  • Aplikasi IP Webcam.
Petunjuk instalasinya adalah sebagai berikut:
  • Pada HP Android yang kesatu silahkan instal aplikasi IP Webcam, yang nantinya HP Android yang terinstal IP Webcam akan kita gunakan sebagai monitor ke TV.
  • Pada HP Android yang kedua silahkan instal aplikasi VLC media player for Android, yang nantinya HP Android yang terinstal VlC Media player akan kita bawa ke tempat antena parabola yang akan dipointing.
Petunjuk cara menggunakan HP Android untuk tracking satelit adalah sebagai berikut:
  • Seperti biasa nyalakan dulu TV dan Receiver digital, kemudian seting antena dan transponder yang akan digunakan acuan, misalnya untuk tracking satelit palapa kita gunakan channel transponder TVN yang paling kuat sinyalnya.
  • Setelah channel ditetapkan silahkan tekan info untuk melihat info signal LNB dan sinyal frekuensi.
  • Setelah pada layar TV menampilkan info lengkap dari channel dan satelit yang akan kita tracking, sekarang komeksikan 2 buah HP Android menggunakan wifi tethering.
  • HP Android yang terinstal IP webcam tadi kita gunakan sebagai hostpot wifi.
  • HP yang terinstal VLC Media player kita gunakan sebagai penerima wifi.
  • Setelah 2 HP Android sukses saling terkoneksi silahkan jalankan aplikasi IP Webcam, buka aplikasi lalu cursor ke paling bawah dan klik pada tulisan "Start Server".
  • Kalau kamera sudah berjalan silahkan arahkan ke TV untuk memonitor.
  • Catat IP adrress yang muncul di aplikasi IP Webcam. Misalnya IP Address yang muncul "https://192.168.1.70:8080".
  • Buka HP Android yang kedua yang sudah terinstal VLC Media Player didalamnya lalau buka aplikasi VLC Media Player dan pilih menu "Stream" dan masukan alamat Address pada kolom yang muncul lalu start.
Sekarang HP Android yang kedua akan terhubung dengan HP Android yang kesatu dan bisa melihat TV yang dimonitor oleh HP Android yang pertama. Nah dengan begitu dengan HP Android yang kedua yang nantinya kita bawa ke tempat tracking antena parabola, kita bisa melihat pergerakan sinyal dari transdponder yang sedang kita tracking.

Catatn: Pastikan koneksi wifi antara HP Android tidak sampai terputus, atau dengan kata lain, jarak antara kedua HP harus cukup untuk jangkauan hostpot wifi.

Nah demikianlah cara tracking satelit menggunakan HP Android yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Tracking Satelit Menggunakan HP Android"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel