Cara Tembak Tabung CRT Tanpa Perlu Alat Khusus

Seperti yang kita ketahui bersama kalau menemukan tabung CRT yang kondisinya sudah lemah di warna tertentu atau memang sudah lemah untuk keseluruhan warna, pasti tersirat dibenak kita untuk mencoba memperbaikinya dengan cara menembaknya, siapa tau tabung CRT tersebut masih bisa diselamatkan. Nah untuk menembak tabung CRT tentu diperlukan peralatan khusus yang sering disebut CRT Restorer. Tapi disini admin ingin berbagi trik cara menembak tabung CRT yang lemah tanpa perlu peralatan khusus.

Cara Tembak Tabung CRT Tanpa Perlu Alat Khusus

Mungkin ada yang ragu kalau untuk menembak tabung CRT tidak diperlukan alat khusus, sementara dengan peralatan khusus juga banyak yang tidak berhasil. Nah oleh sebab itu sebelum saya lanjut ke cara menembak tabung CRT tanpa perlu alat khusus, saya akan menjelaskan dulu cara kerja dari alat untuk menembak tabung CRT yang bisa dibuat sendiri atau yang bisa kita beli ditoko elektronik.

Setiap alat penembak tabung CRT walau yang canggih sekalipun cara kerjanya tidak lebih dari merefresh atau membersihkan korosi yang ada pada katoda lampu RGB. Tidak mungkin ada alat yang bisa menyambungkan lampu RGB yang putus atau memperbaiki lampu RGB yang memang sudah lemah. Nah oleh sebab alasan itulah saya berfikir dan terus berfikir bagaimana caranya merefresh atau merestorer atau membuang korosi pada katoda lampu RGB tanpa harus buang-buang waktu dan biaya tapi hasilnya tetap sama. Dalam artian tetap sama adalah setelah korosinya hilang, tabung CRT ada yang kembali bagus seperti tabung CRT baru, ada yang hanya menunjukan perubahan sedikit, ada juga yang tidak menunjukan hasil sama sekali.

Lalu bagaimana cara menembak tabung CRT tanpa perlu alat khusus yang akan saya jelaskan sekarang? Caranya cukup simple, silahkan perhatikan baik-baik.

Cara menembak tabung CRT tanpa peralatan khusus

Alat yang sobat butuhkan hanya 1 buah kapasitor elektrolit ukuran 2,2uf 400-450 volt dan 10uf 400-450 volt. Dan langkah-langkah menembak tabung CRT adalah sebagai berikut:

1). Perhatikan dulu karaker warna tabung CRT yang akan kita tembak, apakah dominan hijau, atau dominan biru atau dominan merah, atau lemah dikeselurahan warna.

2). Setelah mengetahui warna apa yang kurang silahkan lepas solderan di kaki RGB yang warnanya sangat lemah. Sebagai contoh kalau warna dasar tabung CRT dominan kuning berarti yang lemah adalah lampu B atau birunya. Tapi kalau lemah dikeseluruhan warna, silahkan lepas semua solderan di kaki R G B semuanya.

3). Langkah selanjutnya setelah solderan di lepas silahkan nyalakan televisi dan ukur kaki socket RGB yang sudah dilepas tadi menggunakan avometer skala 250 volt DC. Kalau masih ada kaki RGB yang masih normal bisa dijadikan panduan untuk menyamakan tegangan. Misalnya kaki R dan G keluar tegangan 100v, sementara pada kaki B hanya ada 25 volt misalnya. Nah kita harus berusaha merefresh kaki B supaya bisa keluar tegangan yang sama dengan kaki R dan G.

Gambar dibawah contoh tabung CRT yang warna merah nya atau R nya lemah.

Cara Tembak Tabung CRT Tanpa Perlu Alat Khusus

4). Siapkan elko yang ukurannya 2,2uf 400-450 volt lalu bungkus menggunakan isolasi agar tidak nyetrum, usahakan kaki positif dan negatif elko tersebut tetap bisa dilihat agar tidak terbalik ketika mengisi tegangan.

5). Balikan mesin TV agar bagian primer regulator kelihatan, karena nantinya kita akan mengisi tegangan elko langsung dengan cara menempelkan pada elko primer regulator.

6). Nyalakan pesawat televisi lalu dengan hati-hati jangan sampai kesetrum tempelkan elko 2,2uf 400-450 volt pada kaki elko primer regulator sebentar saja asal mengisi tegangan.

7). Setelah elko terisi tegangan silahkan arahkan kaki positif elko pada ground dan kaki negatif elko pada kaki RGB yang sudah dilepas solderannya agar tidak tersambung dengan rangkaian penguat RGB sampai terdengar suara ledakan kecil dan terlihat percikan api di dalam leher tabung CRT.

8). Setelah terdengar ledakan dan terlihat percikan api, lepas elko dan ukur kaki PIN tersebut apakah sudah sama atau mendekati sama dengan tegangan yang lain atau belum.

9). Kalau tegangan berhasil naik dan sudah sama dengan tegangan dari kaki PIN CRT yang masih normal, silahkan coba solder lagi sampai nyambung dan coba lihat hasilnya. Apakah sudah bagus atau belum? Kalau sudah bagus berarti proses tembak tabung CRT lemah sudah berhasil, tapi kalau belum silahkan ulangi langkah dari langkah kedua sampai langkah ke 9 tapi coba gunakan elko yang 10uf 400-450 volt agar lebih kuat dalam menembak korosinya.

Dibawah ini contoh gambar dari tabung CRT yang berasil diperbaiki.

Cara Tembak Tabung CRT Tanpa Perlu Alat Khusus

Bagaimana mudah bukan? Yang perlu sobat perhatikan kalau tegangan sudah sama tapi gambar tidak juga terang dan bagus berarti lampu RGB sudah sangat lemah, atau kalau setelah ditembak berulang kali tegangan tidak mau sama berarti positif tabung CRT sudah sangat lemah dan tidak mungkin bisa diperbaiki.

Nah demikianlah langkah-langkah cara menembak tabung CRT tanpa perlu alat khusus yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter