Panduan Yang Benar Cara Pasang Gacun Pada TV Polytron

Panduan yang benar cara pasang gacun pada TV Polytron - Gacun merupakan alternatif paling diminati oleh para teknisi dalam mengatasi berbagai keluhan kerusakan seputar rangkaian regulator. Seperti sulitnya mendapatkan komponen tertentu dibagian regulator yang rusak, maka pilihan terbaik adalah memodifikasi rangkaian regulator tersebut menggunakan gacun.

Panduan Yang Benar Cara Pasang Gacun Pada TV Polytron

Namun sayangnya banyak sekali teknisi terutama pemula yang tidak begitu memahami cara kerja regulator dibagian skundernya, seperti salahsatunya TV merk polytron yang ketika standby dan start ada perubahan voltase dibagian skundernya. Sementara gacun ketika dipasang pada TV merk apapun akan tetap menghasilkan tegangan standartnya TV yang bersangkutan. Misalnya untuk tegangan B+ adalah 115 volt, maka akan tetap menghasilkan tegangan 115 volt baik ketika standby maupun sedang start, begitu juga untuk tegangan-tegangan yang lain.

Sementara seperti yang kita semua ketahui kalau untuk TV Polytron ketika standby semua tegangan dibagian skunder harus turun dan ketika start tegangan harus naik semua, nah jelas hal ini akan jadi masalah yang serius walau tidak secara langsung kalau penerapan gacun pada TV Polytron tidak dibarengi dengan penataan lagi tegangan-tegangan tertentu dibagian skundernya.

Lalu apa masalah yang akan timbul apabila tidak dilakukan modifikasi dibagian tegangan skunder tertentu?

Kalau TV tersebut setelah pergantian regulator dengan gacun tidak pernah dimatikan menggunakan remot, atau tidak di standbykan maka saya jamin tidak akan ada masalah yang diakibatkan oleh gacun. Namun apabila TV tersebut sering dimatikan dengan remot atau di standbykan, bisa saja saat itu juga TV akan rusak kembali dengan terbakarnya resistor R515 atau yang berukuran antara 180 ohm - 470 ohm, lalu transistor PNP yang bekerja sebagai automatic adjust input tegangan 5 volt untuk micom akan rusak, bahkan bisa berlanjut pada kerusakan IC micomnya.

Kenapa bisa begitu? Karena setelah menggunakan gacun tidak ada lagi kerjasama yang baik antara micom dengan rangakain regulator. Ketika micom memerintahkan semua tegangan turun atau ketika micom memerintahkan semua tegangan naik, sudah tidak akan mendapat respon dari rangkaian regulator.

Lalu bagaimana agar ketika mengganti regulator dengan gacun pada TV Polytron tidak terjadi masalah dan TV tetap bisa di hidupkan dan dimatikan menggunakan remot? Simaklah penjelasan lengkap dibawah ini.

Cara pasang gacun pada TV Polytron

Seperti biasa, kabel merah pada gacun dipasang pada bekas kaki kolektor FET regulator, atau pada PCB pasang pada kode D. Lalu untuk kabel hitam pasang pada ground atau pada bekas kaki emitor fet regulator atau pada PCB pasang pada kode S. Untuk kabel biru mendingan dibuang saja.

Sampai disitu yang perlu sobat perhatikan adalah tegangan inti yang wajib ada ketika TV masih dalam keadaan standby adalah tegangan 5 volt untuk IC micom. Tegangan 5 volt tersebut diambil dari titik 50 volt untuk polytron model lama, dan dari tiitk 38 volt untuk polytron model baru. Itulah inti tegangan yang harus kita rubah.

Tegangan 50 volt pada polytron model lama atau tegangan 38 volt pada polytron model baru memiliki 2 fungsi kerja, pertama untuk memberi suplay pada transistor penentu tegangan 5 volt untuk IC micom, kedua untuk tegangan driver horisontal.

Nah yang perlu sobat rubah cukup titik input tegangan bagian pembuat tegangan 5 voltnya saja, potong jalur atau lepas resistor, pindahkan atau jumper menggunakan kabel pada salah satu tegangan 12 atau 14 volt dari output regulator. Dengan begitu maka ketika TV standby tegangan pada tiitk itu tetap 12 volt atau 14 volt, tidak akan terlalu berat beban transistor automatic adjust suplay 5 volt nya.

Apabila sobat melakukan langkah seperti yang saya jelaskan diatas maka saya berani jamin tidak akan terjadi masalah ketika TV dimatikan menggunakan remot meskipun dalam waktu yang lama, misalnya TV di standbykan beberapa hari.

Saya rasa cukup jelas pembahasan tentang panduan cara pasang atau cara mengganti atau memodifikasi regulator TV Polytron menggunakan gacun. Kalau ada hal yang kurang sobat mengerti silahkan tanyakan lewat kolom komentar atau langsung menghubungi kontak saya. Inshaa alloh dngan senang hati saya akan bersedia membantu. Sekian dan semoga bermanfaat.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter