Cara Membuat Soft Start Listrik Sederhana

Cara membuat soft start listrik sederhana - Tentu untuk sebagian orang yang memiliki meteran listrik dengan daya watt rendah sering dipusingkan oleh turunnya MCB apabila menyalakan peralatan elektronik terutama pesawat televisi yang ketika mulai start membutuhkan daya listrik yang watt nya besar lumayan besar, terkadang harus beberapa kali menaikan MCB baru televisi tersebut bisa menyala. Selain membuat jengkel juga kalau terus menerus bisa merusak perangkat elektronik dan juga MCB listrik itu sendiri, bahkan kerugian lain adalah dengan membengkaknya pembayaran listrik akibat hentakan-hentakan setiap kali menaikan MCB listrik.

Cara Membuat Soft Start Listrik Sederhana
Ilustrasi gambar dari tokopedia

Memang untuk saat ini bukan hal yang sulit untuk mendapatkan sebuah soft start listrik, hampir disetiap toko elektronik dan toko listrik pasti menjualnya. Tapi selain jarang ada yang kualitasnya bagus, juga harganya pun tidak cukup murah, paling tidak kita harus merogoh kocek minimal 25.000 untuk membeli soft start yang paling kuat dipakai hanya beberapa bulan saja sudah rusak. Nah oleh sebab itu pada kesempatan kali ini admin akan berbagi cara membuat sendiri alat anti jeklek atau soft start listrik sederhana dengan biaya yang sangat murah tapi hasilnya tidak kalah dengan soft start jadi yang biasa dijual di toko-toko.

Berikut ini cara membuat soft start listrik sederhana

Bahan atau alat yang dibutuhkan untuk membuat soft start sederhana adalah sebagai berikut:
  • 1 Buah stop kontak dengan lubang yang sesuai dengan kebutuhan.
  • 1 Buah colokan atau steker listrik.
  • 1 Buah NTC Thermistor ukuran 15 atau 20 ohm, harganya paling mahal 5.000 rupiah.
  • Kabel secukupnya.
Dan langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Hubungkan 2 ujung kabel listrik pada colokan atau steker listrik.
  • Hubungkan 1 kabel listrik langsung pada stop kontak, dan 1 kabel lagi hubungkan ke stop kontak melalui NTC Thermistor. Jadi dua kabel yang harusnya terhubung langsung pada stop kontak yang memiliki 2 buah kutub, salah satunya harus terhubung melalui NTC terebih dulu.
  • Rapihkan dan tutup lalu baut agar aman.
  • Soft start siap digunakan.

Penjelasanya:
Komponen inti yang membuat soft start tersebut bekerja dengan baik adalah terletak pada komponen NTC Thermistor, yang dimana sifat dari NTC Thermistor adalah ketika tanpa hambatan atau dalam keadaan dingin akan bersifat seperti resistor (Tahanan). Tapi setelah mendapat hambatan atau beban maka sifat resistornya akan hilang dan berubah menjadi fuse atau skring dengan ampere yang lumayan besar.

Nah dengan begitu otomatis ketika peralatan elektronik seperti pesawat televisi ketika pertama kali disambungkan dengan sumber tegangan listrik akan mendapat hambatan sementara dari NTC Thermistor tersebut, sehingga tidak akan menyentak MCB pada meteran listrik. Jadi tidak akan terjadi lagi MCB turun setelah menggunakan soft start listrik sederhana yang kita buat tadi.

Saya rasa cukup jelas penjelasan tentang cara membuat sendiri soft start atau alat anti jeklek MCB listrik yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Sekian dan semoga bermanfaat.
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter