Cara Melumpuhkan Protek TV Polytron

Banyak sekali pertanyaan yang masuk tentang bagaimana cara melumpuhkan protek pada TV Polytron. Nah artikel ini sengaja saya buat dengan tujuan semoga bisa menjawab pertanyaan para sobat teknisi yang sedang terkendala mengatasi seputar masalah protek pada TV Polytron.

Cara Melumpuhkan Protect TV Polytron


Namun sebelum saya lanjut ke cara melumpuhkan protek pada TV Polytron, saya akan menjelaskan dulu tentang apa itu protek dan apa tujuannya hampir semua mesin TV dilengkapi dengan system protek.

Baca Juga: Titik-titik protek umum pada TV Polytron.

Apa itu protek? Protek adalah kejadian dimana pesawat televisi mengalami gagal start atau tidak mau menyala. Atau TV hanya mampu menyala beberapa saat lalu mati lagi.

Apa tujuan rangkaian protek? Setiap produsen televisi akan menerapkan system protek pada mesin TV yang dibuatnya dengan tujuan untuk meminimalisir kerusakan parah yang diakibatkan oleh kerusakan salah satu komponen.

Menurut saya penerapan system protek pada setiap mesin TV memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungannya mesin TV tidak akan mengalami kerusakan yang terlalu parah apabila terjadi masalah.

Namun kerugiannya menurut pengalaman saya, terkadang yang sering ruksak justru rangkaian detektornya, atau rangakain yang akan memberikan sinyal error atau trable pada IC program. Sebagai contoh kecil pada TV Polytron yang menggunakan IC vertikal LA78141, TV tersebut seringkali mengalami protek yang disebabkan oleh elko 1uf 50v yang berfungsi sebagai sensor protek. Padahal elko tersebut sengaja dipasang untuk mendeteksi adanya kerusakan pada ranglaian vertikal. Kalau rangkaian vertikal normal maka elko tersebut akan bekerja sebagai penyalur sinyal AC dan dibuat DC 5 volt untuk kaki protek IC Micom.

Memang adakalanya dalam menangani kerusakan televisi, kita dengan terpaksa harus melumpuhkan system protek tersebut. Agar ketika kita melakukan penelusuran kerusakan tidak terganggu dengan sebentar-sebentar protek.

Lalu bagaimana cara melumpuhkan protek pada TV polytron?

Jujur saja selama menjalani profesi sebagai tukang servis, untuk polytron saya hanya menguasai 3 jenis atau model TV Polytron, yaitu:
  1. TV Polytron yang menggunakan IC Micom HBM 00-01 dan sejenisnya dengan IC Osilator STV 2247 dab 2286..
  2. TV Polytron yang menggunakan IC Micom HBT 00-01G dan sejenisnya
  3. TV Polytron yang menggunakan IC Micom HBT 05-01G (model SMD) dan sejenisnya.
Yang dimana dari 3 jenis TV Polytron tersebut ada sedikit perbedaan pada system proteknya.

1. Cara melumpuhkan protek pada TV Polytron yang menggunakan IC STV 2247 dan STV2286

TV Polytron yang menggunakan IC STV2247 dan STV2286 akan mengalami protek apabila mengalami masalah diseputar regulator bagian tegangan 50 voltnya, atau mengalami masalah diseputar flyback dan masalah diseputar vertikal.

Untuk melumpuhkan proteknya bisa dicoba dengan cara melepas dioda IN4148 pada PIN 46 IC STV2247/2286 nya.

PIN 46 pada IC STV2247 dan STV2286 adalah kaki BCL atau ABL. dimana mendapat tegangan awal dari tegangan B+115v. Apabila resistornya putus atau FBT rusak dan menggangu tegangan B+ maka akan menggangu tegangan BCL juga, maka dengan cara melepas dioda IN4148 atau yang menggunakan kode D304 di PCB, system proteknya tidak akan bekerja.

Baca Juga: Kerusakan umum pada TV Polytron dan Digitec.

2. Cara melumpuhkan protek TV Polytron HBT 00-01G dan sejenisnya

Polytron yang menggunakan IC tunggal HBT 00-01G dan semacamya akan protek apabila pada kaki IC PIN 62 tegangan kurang dari 3,4 Volt.

Penyebabnya biasanya dari kerusakan IC vertikal atau rangkaian Vertikal, atau bisa saja karena elko 1uf 50 volt yang bekerja sebagai sensor protek mengalami kerusakan.

Untuk melumpuhkan protek pada polytron yang menggunakan IC tunggal HBT 00-01G atau HBT 00-02G atau HBT 00-04G atau HBT 00-05G bisa dengan cara menyuntikan tegangan 5 volt pada kaki IC PIN 62.

3. Cara melumpuhkan protek TV Polytron HBT 05-01G dan sejenisnya

Hampir sama dengan yang diatas, TV Polytron yang menggunakan IC HBT 05-01G model SMD akan protek apabila terjadi kerusakan pada rangkaian Vertikal atau kerusakan elko 1uf 50 volt yang bekerja sebagai sensor protek

Untuk melumpuhkannya bisa dengan cara menyuntikan tegangan 5 volt pada kaki IC PIN 67.

Adapun cara lain untuk melumpuhkan protek TV Polytron adalah dengan cara masuk ke menu servis, yaitu dalam keadaan TV standby silahkan tekan tombol menu di remot sekitar 5 detik maka TV akan menyala.

Apabila TV bisa menyala lama tanpa protek lagi setelah masuk ke menu servis, berarti kerusakan hanya kerusakan kecil saja. Namun apabila dengan cara masuk ke menu servis TV tetap protek berarti kerusakan lumayan parah.

Nah demikianlah cara melumpuhkan protek pada TV Polytron yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter