Cara Flash Asus Zenfone C ZC451CG Menggunakan Adb Fastboot Tool

Mungkin sobat sedang mengalami masalah dengan HP Asus Zenfone C ZC451CG yang bootloop atau sering hank, atau berbagai masalah lain yang tidak bisa disembuhkan dengan cara reset ulang. Dan ketika mencoba memflashnya menggunakan PC dengan bantuan aplikasi Asus flash tool, masalah lain malah bermunculan, seperti Unzip img file failed, system img not found dan lain sebagainya. Nah berdasarkan pengalaman saya, disini saya menyarankan untuk melakukan flashing menggunakan Adb fasboot tool.

Cara Flash Asus Zenfone C ZC451CG Menggunakan Adb Fastboot Tool

Kenapa harus flash menggunakan Adb fastboot tool? Karena dengan adb fastboot tool proses flashing akan dimulai dari menghapus dulu semua file dan system yang korup atau error dan menggantinya dengan system baru. Berbeda dengan cara flash menggunakan asus flash tool, dimana android dipaksa untuk meload system baru menggantikan system lama, akhirnya malah terjadi crash dan error yang menyebabkan proses flashing gagal.

Berikut ini cara flash Asus Zenfone C ZC451CG menggunakan Adb fastboot Tool

Bahan yang diperlukan adalah Custom Rom Asus Zenfone C ZC451CG yang sudah lengkap dengan system.img nya. File tersebut jelas berbeda dengan firmware asli dari asus, karena firmware asli dari asus hanya bisa digunakan untuk upgrade dari system sebelumnya yang masih berjalan normal.

Untuk firmware flash Asus Zenfone C ZC451CG bisa sobat download dibawah ini:



Dalam file tersebut sudah saya sertakan Adb Fastboot Toolnya agar sobat tinggal mengextract dan menjalankannya.

Tapi sebelum sobat menjalankan Adb Fastboot Tool, pastikan laptop atau komputer sobat sudah terinstal Adb drivernya, tujuannya agar system windows sobat mengenali perintah CMD pada saat menjalankan Adb Fastboot Tool nanti.

Untuk adb fastboot tool plus driver bisa sobat download lewat link dibawah ini:

Silahkan download, extract dan instal sampai selesai.

Langkah-langkah flashingnya sebagai berikut:
  • Extract file yang berisi firmware dan Adb fastboot Tool yang telah sobat download sebelumnya.
  • Matikan HP dengan cara melepas baterai lalu pasang lagi.
  • Masuk ke menu fastboot mode dengan cara menekan dan tahan tombol volume + bersamaan dengan tombol power, setelah hp menyala lepaskan tombol volume + dan tombol power.
  • Setelah masuk ke menu fastboot mode silahkan sambungkan HP dengan PC menggunakan kabel data.
  • Buka folder firmware yang tadi sobat extract.
  • Diruang kosong dalam folder firmware tersebut tekan tombol Shift keyboard lalu klik kanan dan pilih Open Command Windows here.
  • Setelah muncul jendela CMD silahkan ketikan perintah-perintah dibawah ini satu persatu dari nomer 1 dulu.
  1. Ketik "fastboot erase cache" tanpa tanda petik lalu klik enter dan tunggu sampai selesai. Tujuannya untuk menghapus cache.
  2. Ketik "fastboot erase userdata" tanpa tanda petik lalu enter dan tunggu sampai selesai. Tujuannya untuk menggapus semua data user dan akun dari system android.
  3. Ketik "fastboot erase system" tanpa tanda petik lalu enter dan tunggu sampai selesai. Tujuannya untuk menghapus system yang sudah error atau korup dari android. Dengan begitu maka Android asus sobat akan benar-benar bersih dan siap di instal system baru.
  4. Ketik "fastboot reboot-bootloader" tanpa tanda petik lalu enter. Tujuannya untuk mereboot android dan akan kembali menyala di fastboot mode.
  5. Ketik "fastboot flash recovery recovery.img" tanpa tanda petik lalu enter. Disini proses flash dimulai dari memflash file recovery dulu, tunggu sampai selesai.
  6. Ketik "fastboot flash boot boot.img" tanpa tanda petik lalu enter. Tujuannya untuk memflash system boot yang nantinya akan digunakan oleh android untuk booting. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  7. Ketik "fastboot flash system system.img" tanpa tanda petik lalu enter. Tujuannya untuk memasukan system baru ke android. Proses inilah yang paling lama dan akan terjadi beberapa kali proses flashing. Tunggu sampai selesai dan hati-hati jangan sampai kabel data lepas.
  8. Terakhir setelah proses flashing system selesai, silahkan ketik "fastboot reboot" tanpa tanda petik lalu enter. Ini proses terakhir dan android sobat akan reboot dan memulai menjalankan system barunya.
Setelah android asus sobat bisa menyalan dan berjalan dengan sempurna, sangat disarankan untuk melakukan update system dengan firmware terbaru dari situs resmi asus. Karena yang sobat gunakan flash tadi masih firmware lama.

Nah saya rasa cukup jelas. Demikianlah cara flash Asus Zenfone C ZC451CG J007 menggunakan Adb fastboot tool yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Loading...
Flyin
Seorang Teknisi yang suka berbagi pengalaman walau hanya lewat tulisan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter