TV Akari Slim Standby dan Cara Mengatasinya

Halo sobat.., Jumpa lagi dipembahasan seputar servis elektronik. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang penyebab TV akari slim standby dan cara tepat untuk mengatasinya.

TV akari model slim yang saya bahas ini menggunakan mesin mirip mesin TV cina biasa. Yang membedakan dengan TV cina biasa hanya dibagian vertikal yang menggunakan tegangan simetris 12 volt + 12 volt - yang diambil langsung dari regulator, juga tegangan video amplifier 180 volt diambil dari FBT. Untuk komponen lain seperti IC program serta rangkaian lainnya bisa dikatakan sama dengan TV cina biasa.

Dari gambaran diatas mudah-mudahan artikel ini tepat dengan referensi yang sedang sobat cari. Namun jika beda, jangan sungkan-sungkan untuk melayangkan pertanyaan, semoga setelah membaca langsung pertanyaan lengkapnya saya bisa membatu.

TV Akari Slim Standby dan Cara Mengatasinya

Penyakit umum TV akari Slim yang gambaran rangkaiannya saya sebutkan diatas adalah standby. Dengan karakter standbynya sebagai berikut:
  • Tegangab B+ terukur normal 115 volt.
  • Tegangan vertikal terukur normal.
  • Tegangan Audio terukur normal.
  • Tegangan untuk IC program dan memori terukur normal.
  • Tegangan tunner dan tegangan osilator vertikal horisontal juga untuk cromium terukur 0 volt dan baru akan ada tegangan setelah TV ON karena menggunakan rangakaian power switch dengan 3 buah komponen transistor yang dikendalikan oleh rangkaian standby dari IC program.

Kendalanya apabila TV dinyalakan dengan cara menekan tombol CH+ atau Power ON pada remot, tegangan 5 volt untuk IC program langsung drop dan kelihatan sedikit turun naik. Dan tegangan lain yang keluar dari travo regulator pada turun kecuali tegangan B+ 115 volt yang tidak ada perubahan.

Nah apabila sobat menemukan gejala standby seperti yang saya sebutkan diatas pada TV Akari Slim, penyebabnya bisa dipastikan karena Elko 47uf160 volt untuk B+ 115 volt kering.

Memang agak sedikit aneh, karena ketika diukur tegangannya tetap 115 volt atau terlihat tidak ada kelainan, hanya karena tidak memfilter DC dengan baik maka rangkaian stabilizer jadi terpengaruh sehingga optocoupler memberikan sinyal yang buruk terhadap basis STR. Inilah yang menyebabkan semua tegangan menjadi drop dan membuat TV tidak mau menyala alias standby.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab TV akari model Slim standby dan cara mengatasinya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER