Cara Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Android

Cara Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Android

Sejak pertama kali saya menggunakan Smartphone Android hal yang paling tidak saya sukai adalah fitur auto update atau update otomatis aplikasi-aplikasi yang terinstal di Android. Terlebih ketika sedang melakukan aktivitas dengan jaringan internet sedang tidak bagus atau kuota internet sedang sedikit tiba-tiba harus terhenti gara-gara jaringan terganggu atau kuota habis oleh update aplikasi yang berjalan dengan sendirinya.

Terkadang saya suka bingung, kenapa kok hampir semua aplikasi sangat sering melakukan update, bahkan ada yang sampai seminggu 3 kali. Apakah aplikasi-aplikasi tersebut ketika dipublikasikan oleh pengembangnya masih tahap uji coba, sehingga akan terus menerus dilakukan perbaikan untuk menutupi bug atau ada tujuan lain.

Yang jelas kalau menurut pemikiran saya hal ini lebih ke cara pengembang untuk mengontrol pengguna aktif dari aplikasi buatannya tersebut. Karena sangat sering saya perhatikan banyak sekali aplikasi yang setelah selesai di update sama sekali tidak ada perubahan, hanya versinya saja yang berubah sementara fitur-fiturnya masih tetap sama dengan sebelum di update.

Walau banyak juga aplikasi yang memang setelah di update terlihat perubahan yang signifikan, tapi sebagai pengguna kita tetap berharap untuk kedepannya agar semua pengembang melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mempublikasikan aplikasi buatannya.

Nah agar kita tidak selalu dirugikan oleh update-update aplikasi yang tidak penting alangkah baiknya menonaktifkan update otomatis aplikasi secara total. Karena nantipun kalau memang aplikasi tersebut mewajibkan untuk di update agar tetap bisa digunakan biasanya akan ada pemberitahuan langsung. Jadi dengan begitu kita lah yang mengontrol aplikasi mana yang perlu di update dan aplikasi mana yang tidak perlu.


Lalu bagaimana cara menonaktifkan auto update atau update aplikasi otomatis di Android? Caranya sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara menonaktifkan auto update aplikasi di Android

1. Buka aplikasi Google Paly store lalu klik menu yang ada disamping kolom pencarian.

Cara menonaktifkan auto update aplikasi android tahap 1

2. Ketuk pada setelan atau settings.

Cara menonaktifkan auto update aplikasi android tahap 2

3. Cari menu Update aplikasi secara otomatis kalau sudah ketemu silahkan klik.

Cara menonaktifkan auto update aplikasi android tahap 3

4. Karena pada defaultnya setiap Smartphone Android diseting pada "Update secara otomatis kapan saja" dan "Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi", maka yang harus Anda pilih adalah "Jangan update aplikasi secara otomatis".

Cara menonaktifkan auto update aplikasi android tahap 4

Nah dengan begitu maka Smartphone Android tidak akan bisa semena-mena lagi menguras kuota internet tanpa sepengetahuan pengguna.

Namun perlu saya garis bawahi bukan berarti tidak perlu dan tidak penting mengupdate aplikasi, hanya saya kita harus bisa mengontrol jangan sampai jadi korban developers gadungan.

Demikianlah cara menonaktifkan auto update atau update aplikasi otomatis di Android yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Aplikasi Android dan fungsi-fungsinya.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER