Cara Memperbaiki TV yang Mengeluarkan Desis Disertai Suara Ledakan

Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika menyalakan pesawat televisi tiba-tiba terdengan suara mendesis dan sesekali disertai dengan suara ledakan keras? Suara mendesis dan suara ledakan tersebut berasal dari kop flyback yang bocor dan karena televisi masih dalam keadaan dingin dan lembab maka akan terjadi ledakan akibat konsleting antara tegangan tinggi dari flyback dengan lembab yang ada pada tabung CRT.

Walau terkadang televisi masih bisa menyala dengan normal tapi kalau sudah mengeluarkan suara mendesis dan ledakan seperti itu kalau dibiarkan bisa membahayakan komponen lain seperti IC vertikal dan Transistor Horisontal. Bahkan sering kejadian akibat percikan api dari ledakan tersebut menyambar komponen sensitif seperti IC program dan IC Osilator akhirnya TV jadi rusak parah.

Cara Memperbaiki TV yang Mengeluarkan Desis Disertai Suara Ledakan

Nah jika TV Anda mengalami masalah seperti yang saya sebutkan di atas, tidak usah khawatir dan tidak usah dibawa ketukang servis. Karena dengan panduan yang akan saya berikan, saya yakin siapapun pasti bisa memperbaiki masalah tersebut.

Cara memperbaiki TV yang mengeluarkan suara mendesis disertai dengan suara ledakan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau penyebabnya adalah karena bocornya kop flyback sehingga tegangan tinggi yang harusnya terserap masuk ke Anoda dan Katoda CRT malah keluar dan menyambar tabung yang dalam kondisi lembab.

Cara memperbaikinya sebagai berikut:
  • Buka penutup belakang pesawat televisi, pastikan televisi sedang dalam keadaan mati.
  • Lepas karet kop flyback yang menempel pada tabung CRT, tapi sebelumnya pastikan tidak ada tegangan sisa, karena walau sudah bocor dan terbuang akibat ledakan namun bisa saja masih ada tegangan sisa yang kalau tersentuh lumayan bisa membuat kaget. Untuk membuangnya bisa dengan cara mengkonsletkannya kabel grounding CRT.
  • Ganti karet kop dengan yang baru, walau masih terlihat bagus tapi ada baiknya tetap diganti.
  • Bersihkan lubang tabung CRT jangan sampai ada karat yang tersisa.
  • Lihat kondisi tabung CRT pas dudukan karet kop tersebut, kalau sudah cacat tergores oleh percikan api sebaiknya diamplas dulu sampai bersih lalu di cat menggunakan cat kayu atau cat besi juga bisa. Pengecatan sebaiknya dilakukan 2 tahap, tahap pertama untuk meratakan bekas goresan, dan tahap kedua untuk memberi lapisan agar karet kop flyback tidak langsung menempel di  kaca.

Cara mengecat dudukan karet kop flyback

  • Setelah cat benar-benar kering lalu pasang kembali karet kop flyback dan pastikan ujung kawat atau kaleng cakram flybacknya nyangkut dengan baik pada lubang tabung CRT.

Cara memasang karet kop flyback yang baik dan benar

  • Setelah karet kop terpasang dengan baik, silahkan coba nyalakan pesawat televis dengan hati-hati, Anda harus siap mencabut colokan listrik apabila masih ada yang bocor.
  • Kalau sudah tidak ada bocor sama sekali, berarti pekerjaan memperbaiki masalah diatas sudah selesai.

Catatan: Kalau masih terdengar suara mendesi walau sangat kecil, berarti masih ada bocor, dan ini tidak boleh ditolerirl, Anda harus kembali memeriksa apakah cat kurang rata atau masih ada karat yang menempel pada kaleng yang ada pada lubang CRT, atau karet pengganti kurang bagus.

Demikianlah cara memperbaiki televisi yang mengeluarkan suara mendesis disertai dengan suara ledakan keras yang diakibatkan oleh kebocoran tegangan tinggi dari flyback.

Baca Juga: 5 Jenis kerusakan televisi yang cara memperbaikinya tidak perlu menggunakan jasa teknisi.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER