Cara Flash Receiver Tanaka Champion HD Mata Merah atau Mode On

Sahabat teknisi yang baik hati, jumpa lagi dengan saya di artikel seputar servis elektroik. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara Flash receiver Tanaka Champion HD yang rusak dengan gejala mata merah atau hanya mode ON menggunakan CH341A Programmer dan Flashing menggunakan USB Flaskdisk.

Cara Flash Receiver Tanaka Champion HD yang Mata Merah atau Mode On

Awalnya saya ditelepon salah seorang sahabat yang meminta bantuan setelah receivernya mode ON gara-gara salah memasukan firmware. Lalu setelah saya berikan firmware yang asli dan diberikan instruksi tentang cara memperbaikinya tidak lama kemudian kembali menelepon saya dan mengatakan kalau receiver Tanaka Champion HD nya itu bukannya sembuh malah dari mode ON jadi mata merah, atau bisa dibilang kerusakan softwarenya sudah berada ditingkat paling parah.

Kebetulan ada waktu senggang saya sempatkan diri untuk berkunjung ketempat beliau dan langsung memeriksa receiver Tanaka Champion HD miliknya tersebut. Karena ada kekhawatiran kalau sewaktu oprek-oprek teman saya itu menyentuh bagian komponen tertentu sehingga ada yang rusak, sebelum mengambil tindakan untuk memflashnya, saya sempatkan dulu memeriksa bagian-bagian tegangan, dan setelah diteliti tidak ada kelainan maka saya putuskan untuk memflash ulang receiver tersebut.

Seperti yang saya katakan diatas, kalau kerusakan receiver Tanaka Champion HD milik sahabat saya itu awalnya hanya rusak mode ON, tapi setelah di flash ulang malah jadi mata merah.

Perlu sobat ketahui, kalau reveiver digital sudah menunjukan gejala kerusakan mode ON atau mata merah yang disebabkan oleh kesalahan firmware atau ketika melakukan flashing USB tiba-tiba terhenti karena mati jaringan listrik, kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki dengan flash menggunakan USB. Karena sudah tidak ada bios yang akan membaca masukan USB, kecuali untuk receiver tertentu seperti yang saya ketahui merk Skybox, itu memang bisa walaupun sudah mata merah masih ada kemungkinan bisa diperbaiki dengan memflashnya menggunakan USB.

Untuk receiver lain saya sarankan sebaiknya daripada membuang-buang waktu, langsung flash menggunakan CH341A Programmer atau bisa juga menggunakan USB To TTL. Tapi karena untuk saat ini sangat jarang receiver digital yang memberikan fasilitas untuk flash lewat RS232, maka saya sarankan juga agar setiap teknisi memiliki alat dan aplikasi CH341A Prorammer yang menurut saya merupakan alat paling ampuh untuk mengatasi berbagai kerusakan firmware receiver.

Baik langsung saja..!

Alat yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
  • Alat dan aplikasi CH341A Prorammer.
  • Firmware Tanaka Champion HD Asli jenis BIN yang bisa sobat dowanload disini.
  • Firmware Tanaka Champion HD jenis AP yang bisa sobat download disini.

Kenapa saya memberikan 2 buah firmware berbeda? Nanti akan saya jelaskan setelah pembahasan pertama yaitu flashing menggunakan CH341 Programmer selesai.

Cara flash receiver Tanaka Champion HD menggunakan CH341A Programmer

  • Lepas Chip 25Q32 yang ada di receiver, lalu pasang ke alat CH341A Programmer. Pastikan pemasangannya tidak terbalik, ada tanda titik dipojok IC yang harus disesuaikan dengan titik pada dudukan IC di CH3411 Programmer.
  • Buka aplikasi CH341A Programmer pastikan statusnya terkoneksi.
  • Klik Detect, pastikan IC sudah terdeteksi dan menampilkan info model Chip 25Q32.
  • Setelah Chip terdeteksi silahkan klik Erase yang tujuannya untuk memformat dulu IC tersebut.
  • Setelah proses Erase selesai, klik file lalu open dan pilih firmware yang bernama TANAKA CHAMPION HD 25Q32 bin. Pastikan formatnya bin.
  • Setelah firmware terload oleh aplikasi CH341A Programmer, silahkan klik tombol write yang tujuannya untuk menulis firmware tersebut kedalam IC.
  • Setelah proses write selesai, lanjut dengan mengklik tombol menu Verifiy yang tujuannya untuk menyimpan atau memburning firmware didalam IC tersebut.
  • Setelah selesai silahkan buka kembali IC dari dudukan IC yang ada di alat CH341A Programmer dan pasang kembali ke receiver.

Nah sampai tahap ini saya anggap proses flasing sudah selesai, asal sobat mengikuti semua langkah yang saya jelaskan diatas inshaa alloh receiver Tanaka Champion HD nya sudah bisa menyala dengan baik.

Baca Juga: Panduan lengkap cara menggunakan CH341A programmer.

Namun karena firmware yang digunakan tadi masih merupakan firmware asli dan seperti yang kita ketahui kalau penyakit Tanaka Champion HD ini susunan program channelnya acak-acakan, setiap menambahkan program baru pasti nomer urutnya akan kacau.

Nah untuk mengatasinya gunakan firmware yang kedua yang berformat AP. caranya sebagai berikut:
  • Copy firmware USB_SW_TANAKA_CHAMPION_HD.AP kedalam USB Flasdisk dan pastikan menyimpannya diluar folder.
  • Masuk ke pengaturan lalu pilih upgrade melalui USB.
  • Pilih All code dan pilih firmware USB_SW_TANAKA_CHAMPION_HD tadi lalu OK.
  • Receiver akan reboot sebentar tapi bukan masalah, tunggu saja proses upgarde di mulai sampai selesai.

Nah sekarang silahkan dicoba menambahkan atau membuat program baru, maka masalah channel acak-acakan sudah tidak akan sobat jumpai lagi.

Demikianlah cara flash receiver Tanaka Champion HD menggunakan CH341A programmer dan flash upgrade menggunakan USB flaskdisk yang bisa saya sampaikan. Kalau ada hal yang kurang dimengerti silahkan layangkan pertanyaan sobat dikolom komentar yang disediakan.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER