4 Tips Melindungi Smartphone Android dari Serangan Virus dan Malware

Smartphone Android memang sangat rentan terhadap serangan virus dan juga Malware, karena sistem operasi Android memiliki ekosistem terbuka untuk instalasi banyak aplikasi, seperti aplikasi yang berasal dari Google play store atau aplikasi pihak ketiga yang dapat dilakukan oleh setiap pengguna. Terlebih aplikasi-aplikas untuk Android sangat mudah untuk diretas, seperti di edit dan dibuilt ulang, dengan begitu kemungkinan adanya virus atau malware sangat besar apabila sembarangan menginstal aplikasi.

Berbicara tentang aplikasi dari Google Play Store, walau memang Google telah melakukan proses pemindaian malware pada setiap aplikasi yang berada di Google play store, tetapi itu tidak berarti perangkat Android Anda sudah aman dari serangan virus. Karena pihak Google juga memberikan saran kepada semua pengguna android agar lebih waspada saat melakukan instalasi aplikasi Android.

Untuk mengatasi masalah serangan virus dan malware pada perangkat Android, pada artikel kali ini saya akan memberikan tips supaya perangkat Android yang Anda gunakan lebih aman dari serangan virus dan malware.

Tips Melindungi Smartphone Android dari Serangan Virus dan Malware


Berikut ini 4 Tips untuk melindungi Smartphone Android Anda dari serangan virus dan Malware

1. Lakukan Backup Data perangkat Android secara berkala

Data cadangan perangkat android sangat penting untuk dilakukan, jadi jika itu terjadi, Anda dapat mengembalikan semua data kembali seperti semula. Untuk itu sangat disarankan untuk melakukan backup secara berkala terhadap data pada smartphone Android Anda.

Untuk melakukan backup data pada perangkat android, itu bisa dilakukan secara manual atau otomatis.

Cara manual:
  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih dan aktifkan "Cadangkan dan setel ulang".
  • Selanjutnya, Anda akan diberi pilihan tentang data apa yang ingin Anda backup.

Cara otomatis:

Jika ingin melakukan backup data secara otomatis, centang kotak yang bertuliskan "backup data otomatis".

Setelah melakukan Backup data pada perangkat android, semua data akan disimpan oleh Google dan jika suatu saat Smartphone Anda bermasalah, cukup reset ulang, lalu masuk kembali menggunakan email sebelumnya, maka semua data yang telah disimpan oleh Google akan masuk kembali ke Android Anda. Bahkan sekalipun Anda mengganti perangkat Android, data-data yang pernah dibackup dari perangkat sebelumnya tetap akan bisa digunakan di perangkat baru.

2. Selalu gunakan fitur keamanan kunci layar perangkat Android

Fitur pengunci layar utama pada perangkat Android sangat penting digunakan, tujuannya untuk menjaga privasi Anda. agar tidak mudah dibuka oleh orang lain, terlebih oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena layar utama pada perangkat Android Anda adalah celah besar yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk menyebarkan virus. Seperti ketika Anda pergi ke suatu tempat dan smartphone Android Anda tertinggal, maka kalau fitur kemanan kunci layar tidak diaktifkan, siapa saja bisa dengan mudah membuka dan menyebarkan virus atau malware.

Untuk mengunci layar utama pada smartphone Android bisa menggunakan beberapa cara, seperti menggunakan PIN, Pola, sandi dan sidik jari.

3. Aktifkan Google Play Protect

Google tetap berkomitmen untuk melindungi semua pengguna android, makanya dalam setiap android dilengkapi oleh fitur Google Play Protect. Tujuannya adalah untuk mendeteksi apabila ada aplikasi berbahaya dan melakukan pemeriksaan kondisi aplikasi jika ada virus dan malware pada aplikasi yang terinstal di perangkat Android tersebut. Dan kalau Google Play Protect menemukan adanya aplikasi berbahaya yang tidak bisa dibersihkan atau dihapus oleh system,Google akan memberikan informasi dan menyuruh pengguna tersebut untuk segera menghapus aplikasi berbahaya tersebut.

Cara mengaktifkan Google Play Protect:
  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu keamanan, dan klik Google
  • Selanjutnya izinkan Google Play Protect terus bekerja.

4. Selalu instal Aplikasi dari Google Play Store

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Google play store selalu melakukan proses pemindaian Malware setiap aplikasi akan dipublikasikan. Selain itu, Google juga memiliki fitur keamanan yang diberi nama Google play protect untuk mendeteksi aplikasi yang mencurigakan. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu menginstal aplikasi di Google Play Store saja.

Menurut informasi terbaru, Google telah mengklaim dengan semua sistem keamanan yang dimiliki oleh Google Play Store, saat ini mampu mengurangi kemungkinan pengguna mengunduh aplikasi berbahaya hingga 40 persen.

Demikianlah tips melindungi smartphone Android dari serangan virus dan juga malware yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER