Wednesday, August 01, 2018

Microsoft Akan Menghentikan Support Untuk Windows 7 Mulai 14 Januari 2020

Kabar kurang sedap bagi pengguna Windows 7, karena pada tanggal 20 februari 2018 pihak Microsoft mengumumkan kalau pihaknya akan menghentikan dukungannya terhadap System Operasi yang telah membesarkan namanya tersebut yaitu Windows 7. Dan pemberhentian dukungan itu akan dimulai dari tanggal 14 januari 2020.

Microsoft Akan Menghentikan Suport Untuk Windows 7 Mulai 14 Januari 2020

Keputusan Microsoft untuk menghentikan dukungannya terhadap System Operasi Windows 7 ini entah karena memang sudah komitmennya yang hanya akan memberikan dukungan selama 10 tahun saja. Atau salah satu strategi bisnis memaksa para pengguna Windows untuk segera beralih ke Windows 10.

Namun yang jelas hal ini akan berdampak hebat dikalangan pengguna Windows 7, karena sangat banyak perangkat komputer yang masih digunakan oleh pengguna Windows 7 tidak support untuk menjalankan System Operasi Windows 10.

Untuk para pengguna Windows 7 yang perangkat komputernya support untuk menjalankan Windows 10 sebaiknya segera melakukan upgrade, agar ketika tiba saatnya dukungan untuk Windows 7 dihentikan sudah paham betul menjalankan Windows 10, mumpung saat ini masih tersedia Windows 10 versi gratisnya.

Baca juga: Cara mendapatkan Windows 10 Enterprise Evaluations GratisTrial 90 hari.

Dihentikan seperti apa dukungan untuk Windows 7 oleh microsoft tersebut?

Dilansir dari halaman resmi Microsoft yang diterbitkan tanggal 20 Februari 2018 lewat artikelnya yang berjudul: Windows 7 support will end on January 14, 2020 yang saya terjemahkan kebahasa indonesia isinya sebagai berikut:

Windows 7 mendukung siklus hidup

Microsoft membuat komitmen untuk menyediakan 10 tahun dukungan produk untuk Windows 7 ketika dirilis pada 22 Oktober 2009. Ketika periode 10 tahun ini berakhir, Microsoft akan menghentikan dukungan Windows 7 sehingga kami dapat memfokuskan investasi kami untuk mendukung teknologi yang lebih baru dan pengalaman baru yang hebat. Akhir spesifik dari hari dukungan untuk Windows 7 adalah 14 Januari 2020. Setelah itu, bantuan teknis dan pembaruan otomatis yang membantu melindungi PC Anda tidak lagi tersedia untuk produk tersebut. Microsoft sangat menganjurkan Anda untuk pindah ke Windows 10 kira-kira sebelum Januari 2020 untuk menghindari situasi di mana Anda memerlukan layanan atau dukungan yang tidak lagi tersedia.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa arti akhir dari dukungan bagi saya?

Setelah 14 Januari 2020, jika PC Anda menjalankan Windows 7, itu tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan. Oleh karena itu, penting bahwa Anda meningkatkan ke sistem operasi modern seperti Windows 10, yang dapat memberikan pembaruan keamanan terbaru untuk membantu menjaga Anda dan data Anda lebih aman. Selain itu, layanan pelanggan Microsoft tidak akan lagi tersedia untuk menyediakan dukungan teknis Windows 7.

Apa yang harus saya lakukan?

Untuk sebagian besar pengguna Windows 7, pindah ke perangkat baru dengan Windows 10 akan menjadi jalur yang disarankan. PC saat ini lebih cepat, ringan, namun kuat, dan lebih aman, dengan harga rata-rata yang jauh lebih rendah daripada PC rata-rata delapan tahun lalu. Panduan kami dapat membantu Anda memilih PC baru hanya dalam beberapa langkah mudah.

Bisakah saya meng-upgrade PC saya yang sudah ada ke Windows 10?

Untuk memanfaatkan kemampuan perangkat keras terbaru, kami sarankan pindah ke PC baru dengan Windows 10. Sebagai alternatif, PC Windows 7 yang kompatibel dapat ditingkatkan dengan membeli dan menginstal versi lengkap perangkat lunak.

Apa yang terjadi jika saya terus menggunakan Windows 7?

Anda dapat terus menggunakan Windows 7, tetapi setelah dukungan berakhir, PC Anda akan menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan dan virus. Windows akan terus berjalan dan dijalankan, tetapi Anda tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak, termasuk pembaruan keamanan, dari Microsoft.

Dapatkah Windows 7 masih diaktifkan setelah 14 Januari 2020?

Windows 7 masih dapat diinstal dan diaktifkan setelah dukungan berakhir; namun, akan lebih rentan terhadap risiko keamanan dan virus karena kurangnya pembaruan keamanan. Setelah 14 Januari 2020, Microsoft sangat menganjurkan Anda untuk menggunakan Windows 10, bukan Windows 7.

Apakah Internet Explorer masih didukung di Windows 7?

Dukungan untuk Internet Explorer pada perangkat Windows 7 juga akan dihentikan pada tanggal 14 Januari 2020. Sebagai komponen Windows, Internet Explorer mengikuti siklus hidup dukungan dari sistem operasi Windows yang diinstal. Lihat FAQ Lifecycle - Internet Explorer untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana jika saya menjalankan Windows 7 Enterprise?

Jika Anda menggunakan Windows sebagai bagian dari lingkungan kerja, kami sarankan Anda memeriksa dulu dengan departemen TI Anda atau melihat dukungan penyebaran Windows 10 untuk mempelajari lebih lanjut.

Bagaimana dengan Windows 7 Embedded?

Windows untuk perangkat embedded seperti ATM atau pompa bensin memiliki tanggal siklus hidup yang terkadang berbeda dari versi Windows yang digunakan pada perangkat PC.

Kalau kita seksama membaca alasan penghentian dukungan untuk Windows 7, sangat jelas mengisyaratkan kalau pihak Microsoft ingin semua pengguna windows beralih ke Windows 10, dan kalau yang komputernya tidak support menjalankan Windows 10 segera membeli perangkat baru.

Namun disini saya jelaskan, bukan berarti Windows 7 akan mari dan tidak akan lagi bisa digunakan. Hanya tidak akan mendapat pembaharuan seperti update keamanan dan software-software resmi bawaan Windows 7.

Demikianlah informasi tentang rencana Microsoft yang akan menghentikan dukungannya kepada Windows 7 terhitung mulai 14 Januari 2020 kedepan.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon