Mengenal Perbedaan TV Tabung Jenis Layar Datar, Slim dan Ultra Slim

Artikel yang saya beri judul "Mengenal perbedaan TV tabung jenis layar datar, slim dan ultra slim" ini bukan bermaksud menggurui para profesional teknisi elektronik yang sudah paham betul tentang perbedaan dari jenis-jenis tv tersebut. Tapi artikel ini lebih ditujukan untuk para calon generasi penerus yang mulai merintis karis sebagai teknisi agar lebih luas wawasan dan pengetahuannya.

Mengenal Perbedaan TV Tabung Jenis Layar Datar, Slim dan Ultra Slim

Inisiatif saya membuat artikel ini karena terinspirasi dari beberapa pengalaman membantu teman yang sesama teknisi tapi belum begitu memahami tentang perbedaan dari jenis tv layar datar, slim dan ultra slim.

Contohnya begini,... "Mas saya habis ganti mesin TV tapi kok gambarnya besar banget, padahal yang saya masukan mesin bekas layar datar juga".

Setelah saya teliti ternyata dia memasukan mesin TV Ultra slim ke tabung layar datar.

Ada juga pengalaman begini,... "Mas saya habis ganti mesin TV slim tapi kok gambarnya tidak mau penuh, kalau dipaksa penuh transistor horisontal sama IC vertikalnya panas banget dan sudah bebera kali jebol".

Setelah saya teliti ternyata dia memasukan mesin TV slim ke tabung Ultra Slim.

Nah dari pengalaman-pengalaman diatas jelas menunjukan kalau orang tersebut belum memahami sepenuhnya tentang perebedaan dari jenis-jenis TV tersebut, sehingga ketika menjalankan prakteknya akan menemukan kendala yang serius.

Baca juga: Cara memasang mesin TV cina dan panduan lengkapnya.

Lalu apa saja perbedaan dari jenis tv model layar datar, slim dan ultra slim serta perbedaan pada struktur mesinnya itu?

1. TV Tabung jenis layar datar

TV Jenis layar datar merupakan teknologi kedua setelah tv tabung jenis layar cembung, dan kategori layar datar ini ada 2 jenis, ada yang memang dibuat datar berikut komponen pembentuk dimensi gambarnya yang disebut Defleksi Yoke, ada juga yang hanya didatarkan layarnya tapi pada kenyataannya tetap menggunakan teknologi layar cembung.

Untuk membedakan TV layar datar yang menggunakan teknologi pembentukan dimensi gambar yang memang layar datar atau hanya dibuat datar saja bisa dilihat dari mesin aslinya. Kalau TV tersebut memang menggunakan teknologi layar datar akan terlihat ada rangkaian PIN CUSHION di mesin aslinya tersebut.

Kalau tidak terdapat rangkaian PIN CUSHION di mesin TV aslinya berarti TV tersebut bisa dibilang TV layar cembung yang hanya bentuk datar saja.

Dalam pergantian mesin seandaiya mesin aslinya sudah tidak mungkin diperbaiki dan mau diganti dengan mesin baru atau mesin bekas, simesin aslinya itu harus dijadikan tolak ukur atau pedoman.

Kalau mesin TV yang menggunakan rangkaian PIN CUSHION hanya akan bagus kalau diganti dengan mesin TV yang dilengkapi dengan rangkaian PIN CUSHION juga. Misalnya untuk mesin TV cina hanya mesin untuk ukuran 29" keatas saja yang sudah dilengkapi dengan rangkaian PIN CUSHION.

2. TV Tabung jenis Slim

Kalau sobat sepaham dengan saya, untuk jenis TV Slim ini bisa dibilang jebakan produsen televisi agar televisi yang diproduksi dan dijualnya punya nilai jual yang bagus. Dari bentuk layar memang sudah sangat datar, dari bentuk bodi memang sudah sli, tapi pada dasarnya televisi tersebut hanya TV biasa yang kita anggap saja layar datar yang menggunakan Defleksi Yoke khusus agar hasil gambar yang didapatkan terlihat benar-benar rata.

Padahal kalau diteliti dengan seksama kalau gambar TV menampilkan gambar kotak akan terlihat jelas cacatnya.

Nah kalau mendapati jenis TV model Slim biasa yang ada rangkaian mesin slinya tidak dilengkai dengan rangkaian PIN CUSHION, dipastikan bisa diganti dengan mesin TV biasa.

Seperti bebera kali saya mengganti mesin TV Polytron slim dengan mesin TV cina 14-21", hasilnya tetap seperti aslinya, karena memang TV tersebut bukan Ultra Slim tapi TV Slim biasa.

3. TV Tabung jenis Ultra Slim

Sekalipun kita melihat dibodi nya tertulis Ultra Slim, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan kalau TV tersebut benar-benar Ultra slim.

Untuk meyakinkan kalau TV tersebut Ultra Slim atau bukan bisa dilihat dari rangkaian mesin aslinya, pasti kalau TV jenis Ultra Slim yang asli akan terdapat rangkaian PIN CUSHION, dan kalau mau mengganti mesin TV nya harus menggunakan mesin TV yang sama dilengkapi dengan rangkaian PIN CUSHION.

Mungkin itu saja penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengenal dan membedakan jenis TV tabung layar datar, slim dan ultra slim. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Mengenal dasar system dan cara kerja rangkaian pesawat televisi.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER