Panduan Cara Menggunakan CH341A Programmer

Cara menggunakan CH341A programmer - Siapapun yang bergelut dibidang elektronik terutama yang berprofesi sebagai teknisi tentu sudah mengenal aplikasi yang disebut CH341A programmer, karena aplikasi tersebut merupakan salah satu alat penunjang pekerjaan apabila sudah berhubungan dengan masalah program, namun tidak sedikit teknisi yang mengenal tapi tidak paham dalam mengoperasikannya.

Cara Menggunakan CH341A Programmer

CH341A Programmer adalah aplikasi yang dikhususkan untuk pemograman chip memori, dimana kemampuan dari aplikasi ini diantaranya:
  • Bisa memformat chip memori
  • Bisa mengisi chip memori kosong
  • Bisa mengambil data dari chip memori yang sudah berisi firmware
  • Bisa digunakan untuk memflash ulang chip memori dari berbagai perangkat elektronik yang menggunakan chip memori
  • dan masih banyak lagi.

Pasti Anda sering menemukan firmware-firmware baik itu firmware televisi, firmware receiver dan berbagai firmware di internet.

Anda juga pasti berfikir darimana firmware-firmware tersebut didapat bukan?

Firmware-firmware tersebut diambil dari data yang sudah tersimpan dalam chip memori yang salah satu cara mengambilnya adalah menggunakan aplikasi CH341A tersebut, lalu diupload ke internet dengan tujuan untuk berbagi.

Atau Anda juga mungkin pernah membeli sebuah chip memori yang dimana sipenjualnya menawarkan apakah mau membeli memori yang kosong atau yang sudah terisi. Tentu Anda juga berfikir, bagaimana caranya sehingga ada chip memori yang dijual dalam keadaan sudah terisi data? Nah salah satu aplikasi untuk mengisi chip memori tersebut adalah CH341A programmer juga.

Lalu Anda berfikir apakah Anda juga bisa melakukan semua itu? Tentu saja bisa, dengan membaca artikel ini sampai selesai, Anda pasti bisa menjadi seorang programmer chip memori yang profesional.

Untuk bisa menggunakan aplikasi CH341A programmer dibutuhkan beberapa alat penunjang, yang diantaranya:
  • 1 buah komputer bisa laptop atau desktop
  • 1 perangkat CH341A progarmmer yang bisa Anda beli ditoko komputer atau di toko online
  • Driver dan software CH341A programmer
  • Chip memori kosong
  • Chip memori isi
  • Firmware-firmware yang dibutuhkan.

Berikut ini panduan cara menggunakan atau mengoperasikan CH341A programmer

a). Pertama-tama sebelum menjalankan software CH341A Programmer pastikan Anda sudah menginstal drivernya terlebih dahulu, untuk software dan drivernya bisa Anda download lewat link dibawah ini:

b). Selanjutnya silahkan extract dan buka file dalam folder USB Driver lalu instal dengan cara mengklik kanan lalu pilih Run as Administartor file yang bernamaCH341PAR.

c). Setelah selesai menginstal driver, silahkan pasang CH341A programmer yang sudah terpasang chip memori baik yang sudah terisi ataupun yang masih kosong atau chip rusak yang mau di flash ulang dengan cara mengkoneksikannya lewat port USB laptop atau desktop.

Pastikan pemasangan chip memorinya sudah benar tidak terbalik.

d). Selanjutnya buka dan jalankan software CH341A programmer yang sudah Anda download tadi, aplikasi software nya berada dalam folderCH341A_V1.29.

Aplikasi exe ch341a programmer

e). Setelah softwarenya terbuka maka Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini:

Software ch341a programmer

Disini saya hanya akan memberikan 3 panduan saja, yang diantaranya:
  1. Membackup data dari chip memori
  2. Mengisi data chip memori
  3. Memflash ulang chip memori.

Karena 3 hal diatas saja yang menurut saya sangat umum dilakukan oleh teknisi.

1. Cara membackup data firmware dari chip memori menggunakan CH341A programmer

Untuk membackup data berarti chip memori yang Anda pasang ke CH341A programmer harus chip memori yang terisi data, dan cara membackup data dari chip memori tersebut adalah sebagai berikut:

a). Klik tombol detect untuk memastikan kalau chip memori sudah terpasang dengan baik. Anda akan melihat informasi tentang chip memori tersebut seperti:
  • Manufacture: Yang merupakan informasi produsen chip memorinya
  • Memory Name: Yang menunjukan nama dari chip memori tersebut
  • Memory Size: Yang menunjukan ukuran dari chip memori tersebut
  • Manufacture ID: Yang menunjukan kode ID dari chip memori tersebut
  • Memory Type: Yang menunjukan type dari chip memori tersebut
  • Memory Capacity: Yang menunjukan kapasitas dari chip memori tersebut
  • Device ID: Yang menujukan ID devise CH341A yang Anda gunakan.
b). Selanjutnya setelah chip memori dan datanya terdeteksi silahkan klik tombol Read. Tunggu sampai proses pembacaan data firmware di dalam chip memori selesai 100%.

c). Selanjutnya setelah data firmware dalam memori selesai dibaca, silahkan klik tombol SAVE untuk menyimpannya. Jangan lupa untuk memberi nama firmware yang akan Anda simpan agar mudah di ingat.

Sampai disitu maka proses backup data firmware dari chip memori sudah selesai.

2. Cara mengisi data firmware kedalam chip memori kosong menggunakan CH341A programmer

Untuk mengisi data firmware kedalam chip memori kosong berarti Anda membutuhkan chip atau IC memori yang masih kosong dan firmware yang akan dimasukan.

Pastikan chip memori yang akan di isi memiliki ukuran yang tidak kurang dari ukuran firmwarenya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a). Buka software CH341A programmer lalu klik detect untuk memastikan kalau chip atau IC memori sudah terpasang dengan baik.

b). Klik open untuk membuka file firmware yang akan dimasukan.

c). Setelah file firmware berhasil diload oleh software CH341A programmer silahkan klik tombol Write dan tunggu sampai proses penulisan data firmware kedalam chip memori selesai 100%.

d). Terakhir klik tombol Verify dan tunggu juga prosesnya sampai 100%.

Sampai disitu maka proses pengisian data firmware kedalam chip memori sudah selesai, dan chip memori sudah siap untuk digunakan sesuai dengan peruntukannya.

3. Cara memflash ulang data firmware chip memori menggunakan CH341A Programmer

Yang terakhir adalah memflash ulang data chip memori, biasanya hal ini dilakukan untuk chip memori yang mengalami kerusakan system, entah karena memang terjadi kerusakan wajar atau yang paling banyak kasus karena gagal dalam proses upgrade seperti salah memasukan firmware atau proses upgrade terputus ditengah jalan sebelum selesai.

Untuk melakukan proses flash ulang chip memori menggunakan CH341A Programmer pastikan Anda memiliki dulu file firmware yang benar.

Dan langkah-langkahnya sebagai berikut:

a). Buka software CH341A programmer lalu klik detect untuk memastikan kalau chip memori yang akan di flash ulang tersebut sudah terpasang dengan baik dan masih terbaca. Karena kalau chip memori sudah dalam keadaan rusak dan tidak bisa lagi terbaca maka proses flashing tidak bisa dilakukan.

b). Setelah chip memori terbaca silahkan klik tombol Erase untuk memformat atau mengosongkan dulu data yang cacat yang ada dalam chip memori tersebut. Tunggu sampai proses Erase selesai 100%.

c). Setelah proses Erase selesai yang ditunjukan dengan munculnya informasi erasing complete, selanjutnya klik Open untuk memasukan file firmware yang akan digunakan untuk memflash ulang.

d). Setelah file firmware berhasil diload oleh software CH341A programmer selanjutnya klik tombol Write dan tunggu sampai prosesnya selesai 100%.

e). Setelah proses Write selesai selanjutnya silahkan klik tombol Verify dan tunggu sampai prosesnya selesai 100%.

Sampai disitu maka proses flash ulang chip memori sudah selesai Anda lakukan dan chip memori sudah bisa dipasang kembali untuk melihat hasilnya apakah chip memori tersebut sukses di flash ulang atau gagal.

Saya rasa cukup jelas panduan cara menggunakan CH341A programmer yang bisa saya sampaikan kali ini, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER