Cara Menganalisa Kerusakan Receiver Digital dengan Gejala Mata Merah dan Mode ON

Siapapun yang hobi oprek-oprek receiver digital rasanya sudah tidak asing lagi dengan masalah yang 2 ini, yaitu mata merah dan mode ON. Dimana kedua jenis kerusakan ini paling umum terjadi untuk receiver digital keluaran terbaru, dan tentunya perlu kecermatan dalam menganalisanya, karena kalau salah dalam menganalisa bisa saja receiver digital yang kita tangani tidak akan bisa menyala lagi dengan normal.

Cara Menganalisa Kerusakan Receiver Digital dengan Gejala Mata Merah dan Mode ON

Bagi orang yang awam atau baru coba-coba belajar memperbaiki receiver digital dan karena minimnya informasi yang didapat ketika mendapati kerusakan receiver digital dengan gejala mata merah atau mode ON tentu yang langsung tergambar dibenaknya adalah harus ditangani dengan cara di flash ulang.

Padahal tidak selalu gejala mata merah dan mode ON bisa ditangai dengan cara di flash ulang, karena ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan receiver gagal booting dengan gejala yang nampak yaitu hanya nyala lampu indikatornya saja atau hanya menampilkan tulisan on pada displaynya.

Faktor apa saja yang bisa menyebabkan receiver digital hanya nyala lampu indikator atau hanya menampilkan tulisan ON tersebut dan bagaimana cara menganalisanya, mari kita pelajari bersama dengan seksama.

1. Receiver digital rusak dengan gejala mata merah

Ketika receiver digital dinyalakan maka sumber daya listrik yang masuk ke power suplay akan menghasilkan beberapa sumber tegangan untuk keperluan masing-masing rangkaian yang ada didalam receiver digital tersebut.

Untuk rangkaian yang tidak menggunakan saklar digital atau pengatur besar kecilnya tegangan adalah lampu indikator. Jadi sekalipun tidak ada arus tegangan yang masuk ke komponen-komponen inti seperti IC program, IC memori dan lain-lain, lampu indikator akan tetap mendapatkan tegangan dan akan tetap bisa menyala.

Nah langkah pertama yang harus kita ambil adalah memastikan dulu apakah semua tegangan untuk masing-masing komponen utamanya sudah ada atau belum? sudah pas atau belum?..

Kalau semua tegangan sudah terukur dan tidak ada yang menunjukan kekurangan, baru langkah terakhir yaitu memflash ulang IC Memori bisa kita lakukan.

Menurut pengalaman saya hal yang paling sering terjadi yang bisa menyebabkan receiver mata merah selain kerusakan pada sistem adalah karena kurangnya tegangan untuk beberapa komponen inti.

Seperti output regulator yang kurang walau hanya sedikit, atau IC pengatur besar kecilnya tegangan yang seharusnya masuk ke komponen inti mengalami aus atau lemah. Yang paling sering saya temukan adalah keringnya elko-elko penyetabil tegangan dan rusaknya IC 1117 sebagai pengatur besar kecilnya tegangan untuk masing-masing rangkaian.

Mungkin perlu saya jelaskan tentang cara kerja dari IC dengan label 1117 yang biasa digunakan untuk pemberi suplay rangkaian digital. Kalau IC tersebut diberi tegangan input 5 volt maka keluarannya akan 3.3 volt. Dan kalau diberi tegangan input 3.3 volt maka keluarannya akan sekitar 1.5 volt.

Nah kalau semua tegangan sudah terukur dengan baik dan sudah tidak menunjukan kelainan, baru langkah terakhir dengan memflash ulang IC Memori bisa kita lakukan.

2. Receiver digital rusak dengan gejala mode ON

Apakah gejala mode ON sudah pasti akan beres apabila di flash ulang? menurut pengalaman saya tidak selalu, bahkan ada yang bisa menyala kembali dengan normal tanpa harus dilakukan flashing ulang.

Terjadinya mode ON pada receiver digital disebabkan oleh gagalnya pemuatan sistem yang dikerjakan secara bersamaan oleh IC program dan Chip memori.

Bisa memang karena cacatnya sistem atau ada sesuatu yang menggangu sinkronisasi antara IC Program dan Chip memori.

Sebagai contoh saya sering menemukan adanya komponen kapasitor yang setengah konslet dan menganggu SCL SDA antara IC program dan Chip memori. Bahkan pernah juga menemukan kerusakan pada IC LAN yang mengakibatkan terganggunya pemuatan data dari Chip memori ke IC Program, setelah IC LAN tersebut dilepas, receiver digital bisa menyala dengan baik hanya saja tidak bisa tersambung ke internet lewat LAN.

Dari semua keterangan yang saya utarakan diatas pada dasarnya yang paling penting sebelum mengkalim sebuah kerusakan adalah haru teliti dulu dalam menganalisanya. Agar pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan punya ilmu baru dari pengalaman baru.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara menganalisa jenis kerusakan receiver digital dengan gejala umum yaitu mata merah dan mode ON. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Cara menggunakan CH341A Programmer yang merupakan sebuah software dan aplikasi yang bisa digunakan untuk memflash ulang Chip memori berbagai perangkat elektronik digital.
Klik disini untuk membuka komentar

No comments

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER