Wednesday, July 25, 2018

Tips Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer Anda

Apapun alasanya menginstal antivirus di perangkat komputer adalah wajib, mengingat akhir-akhir ini kejahatan dunia cyber semakin meningkat saja, manusia berotak jahat akan melakukan berbagai cara untuk meraih keutungan dengan cara merusak, mencuri dan menggunakan data seseorang untuk hal-hal yang tidak baik yang penting menguntungkan untuk dirinya sendiri.

Memang tidak dipungkiri, memasang antivirus di perangkat komputer selain memberikan keuntungan juga bisa berakibat kerugian di beberapa hal, oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk memasang antivirus kita harus pintar-pintar dalam memilih dan menentukan antivirus apa yang menurut kita paling cocok untuk perangkat komputer kita.

Baca Juga: Apa keuntungan dan kerugian dari memasag antivirus di PC.

Tips Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer

Tips Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer

Semua produsen antivirus tentu menawarkan berbagai kelebihannya masing-masing, dan bisa dikatakan kalau tidak ada satupun antivirus yang jelek. Tapi kita sendirilah yang harus menentukan pilihan, karena terkadang tidak semua fitur yang ditawarkan oleh sipembuat antivirus cocok dengan aktivitas kita dalam menggunakan komputer.

Baca juga: 10 Daftar antivirus terbaik sepanjang masa.

Menurut saya yang terbilang cukup lama hidup bergelut dengan perangkat komputer, ada 2 (dua)  hal yang perlu diperhatikan dalam memilih antivirus, yaitu:

1. Memiliki fitur perlindungan penuh

Arti kata memiliki fitur perlindungan penuh yang saya maksud adalah cukup untuk melindungi data dan kegiatan kita dalam menggunakan perangkat komputer tersebut.

Misalnya Anda setiap hari harus browsing keberbagai situs untuk mencari berbagai informasi, nah gunakan antivirus yang memberikan perlindungan untuk kegiatan browsing (Safe Browser).

Anda suka berbelanja online, gunakan antivirus yang memiliki fitur (Avoid fake sites for safer shopping) atau fitur yang akan memprotect Anda agar tidak sampai masuk ke situs toko online palsu.

Anda suka download dan instal-instal software dari internet, gunakan antivirus yang mampu memblokir aplikasi yang didalamnya sudah terinfeksi virus.

Dan masih banyak lagi yang harus kita perhitungkan agar ketika antivirus tersebut kita instal benar-benar memberikan manfaat yang maksimal.

Dibawah ini rekomendasi fitur antivirus yang menurut saya sangat cocok untuk memproteksi komputer dari berbagai kejahatan cyber saat ini:
  • Block viruses and other malware
  • Scan for Wi-Fi security weaknesses
  • Secure your passwords
  • Avoid fake sites for safer shopping
  • Safely run suspicious apps
  • Block hackers with advanced firewall
  • Block annoying spam and phishing emails
  • Get an extra layer of ransomware security
  • Stop webcam spying
  • Permanently shred sensitive files
  • Automatically update apps.

2. Memiliki pilihan fitur instalasi

Memilih antivirus yang memiliki pilihan fitur instalasi lebih ditekankan untuk meminimalisir dampak kerugian yang diakibatkan dari memasang antivirus. Karena terkadang tidak semua fitur yang ada pada masing-masing antivirus tersebut bisa kita gunakan dan kita manfaatkan dengan baik.

Sebagai contoh, komputer kita tidak dilengkapi dengan webcam. Lalu untuk apa menginstal fitur anti webcam spying? bukan akan membantu melindungi, justru akan merugikan space komputer dan bisa membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat.

Atau komputer kita tidak dilengkapi dengan wifi, untuk apa menginstal fitur Scan for Wi-Fi security weaknesses? Itulah penting memilih antivirus yang memiliki pilihan fitur instalasi dan penggunaan.

Nah demikianlah tips ringan tentang cara memilih antivirus terbaik untuk komputer anda. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon