Thursday, July 26, 2018

Panduan Cara Instal Antivirus Avast Premier dan 22 Fitur Canggih Didalamnya

Apakah Anda pengguna antivirus Avast lama seperti saya? Atau Anda pengguna baru yang ingin mencoba kehebatan dari antivirus Avast? Siapapun Anda ada kabar gembira dari Avast, di 2018 ini antivirus Avast hadir dengan 22 fitur canggih didalamnya. Yang dimana 22 Fitur canggih tersebut hanya bisa Anda nikmati kalau menginstal antivirus Avast versi premiernya, atau Avast Premier.

Avast yang merupakan antivirus andalan saya yang sudah lebih dari 5 tahun menemani aktivitas saya bersama komputer kesayangan saya ini, selalu menghadirkan inovasi teknologi terbaru disetiap tahunnya. Avast sangat peka terhadap perkembangan kejahatan dunia cyber, sehingga ketika ada jenis virus baru, Avast akan menghadirkan fitur baru untuk penangkalnya.

Panduan Cara Instal Antivirus Avast Premier


Avast hadir dengan 3 versi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan antivirus Avast sebagai pelindung utama Anda dan komputer Anda, bisa Anda download lewat link dibawah ini:

Saya sarankan untuk mencoba menggunakan versi Avast premiernya agar bisa menikmati perlindungan penuh gratis selama 30 hari.

Berikut panduan cara instal antivirus Avast Premier dan 22 Fitur Canggihnya

Langkah 1: Silahkan klik kanan pada file instalasi avast yang sudah Anda download sebelumnya, tampilan awalnya seperti gambaar dibawah ini:

Cara Instal Antivirus Avast Premier tahap 1

Selain dilengkapi dengan 22 fitur canggih, Avast juga menawarkan fitur tambahan berupa Avast Secure Browser dan menawarkan apakah Avast Secure Browser tersebut mau dijadikan peramban default atau tidak.

Langkah 2: Klik pada sesuaikan untuk memilih fitur-fitur apa saja yang mau Anda instal, walau semuanya menurut saya sangat penting, tapi dalam hal ini harus disesuaikan juga dengan kapasitas space dan kemampuan komputer Anda.

Cara Instal Antivirus Avast Premier tahap 2

Langkah 3: Setelah Anda mengklik menu Sesuaikan maka Anda akan melihat 22 fitur canggih yang saya maksud, nah tugas Anda dalah memilih dengan seksama fitur mana saya yang menurut Anda paling cocok terinstal di komputer Anda.

Cara Instal Antivirus Avast Premier tahap 3

Nah keterangan dari 22 fitur canggih yang terdapat pada antivirus Avast Premier adalah sebagai berikut:

1. Proteksi File

Proteksi file merupakan komponen utama dari pemindaian (scan) real-time avast. System dari proteksi file akan mengawasi semua file yang ada di komputer dan akan memblokir semua yang dianggap berbahaya.

Untuk fitur Proteksi file sangat disarankan untuk di instal.

2. Proteksi Prilaku

Cara kerja dari fitur Proteksi Prilaku adalah akan memeriksa semua program (aplikasi) yang berjalan di komputer. Tujuannya agar dapat mendeteksi apabila terdapat malware tersembunyi di program (aplikasi) yang berjalan tersebut.

Untuk fitur Proteksi Prilaku sangat disarankan untuk menginstalnya. Dan kalau dirasa terlalu berat terhadap penggunaan RAM, Anda bisa menyesuaikannya nanti setelah proses instalasi selesai.

3. Proteksi Web

Cara kerja dari fitur Proteksi Web ini akan menghentikan malware dan spyware yang berusaha masuk ke komputer Anda dari situs web yang sedang Anda kunjungi juga dari lokasi online lainnya.

Selain itu fitur Proteksi Web dapat juga menghentikan pop-up dan add-on yang tidak diperlukan. Dan dapat memblokir situs web yang memiliki reputasi keamanan yang buruk.

Untuk fitur Proteksi web sangat disarankan untuk di instal apabila komputet Anda memang rutin digunakan untuk kegiatan online browsing.

4. Proteksi Surat

Fitur proteksi surat ini akan menjaga kotak masuk ke perangkat komputer, khususnya untuk komputer yang menggunakan Outlook atau Thunderbird. Dengan menginstal fitur Proteksi Surat maka Anda akan terbebas dari email yang terinfeksi virus dan menjaga agar email yang terinfeksi virus tidak dikirimkan ke akun Anda.

Untuk fitur Proteksi Surat sangat disarankan untuk di instal apabila Anda biasa mengirim dan menerima pesan lewat email.

5. Proteksi Ramsomware

Nah kita semua tahu kalau virus jahat yang satu ini terus menebar petaka bagi siapa saja. Dengan mengaktifkan atau menginstal Proteksi Ransonware yang ada pada antivirus Avast maka file-file penting seperti foto, video dan dokumen penting lainnya akan terlindungi.

File-file penting yang sudah dilindungi oleh Proteksi ransomware tidak akan bisa diubah, dihapus, atau dienkripsi tanpa seizin Anda.

Untuk fitur Proteksi Ransomware ini sangat disarankan sekali untuk di instal.

6. Anti Spam

Beberapa orang mungkin suka menebar spam ke orang lain lewat email, walau dirinya sendiri sangat muak dengan spam. Nah dengan menginstal Anti Spam maka email Anda akan bersih daru spam yang menggangu.

Untuk Anti Spam juga sangat disarankan untuk di instal apabila Anda sering menggunakan akun email untuk berinteraksi dengan berbagai layanan di internet.

7. Situs Asli

Banyak sekali dipencarian internet muncul situs-situs palsu, yang ketika kita mau masuk kedalamnya malah diarahkan ke situs-situs tidak jelas.

Cara kerja dari fitur Situs Asli yang ada pada Avast premier ini akan mendeteksi DNS dari situs tersebut. Dan akan memberitahukan kepada Anda kalau situs tersebut patut atau tidak untuk dikunjungi.

Intinya akan menjaga Anda dari situs palsu yang memang dirancang untuk mencuri data.

Untuk fitur Situs Asli ini sangat disarankan untuk di instal apabila kegiatan komputer Anda memang sangat diperuntukan untuk kegiatan browsing-browsing.

8. Firewall

Firewall secara umum adalah perlindungan pertama dari peretas. Firewall menjaga lalulintas keluar dan masuk dari jaringan komputer dan akan memblokir apapun yang dianggap sebagai ancaman berbahaya.

Karena disetiap windos sudah dilengkapi dengan firewall bawaan windows itu sendiri, sebaiknya sebelum memutuskan untuk menginstal Firewall dari Avast Anda harus terlebih dulu menonaktifkan Firewall bawaan windows.

9. Sanbox

Cara kerja system sanbox ini adalah ketika Anda mencurigai sebuah file yang Anda ambil dari internet apakah terinfeksi virus atau tidak, dengan adanya fitur Sanbox Anda bisa membuka file tersebut lewat Sanbox. Jadi kalaupun benar file tersebut terinfeksi virus, komputer Anda akan tetap aman.

Untuk fitur Sanbox sangat disarankan untuk di instal apabila komputer Anda memang sering digunakan untuk mengambil file dari internet atau dari perangkat lain seperti USB Flashdisk.

10. Pembaharuan Perangkat Lunak

Semakin tua sebuah software atau aplikasi yang terisntal di komputer tentu sangat besar kemungkinan akan terinfeksi oleh virus, apalagi ketika mengupdate software tersebut tidak dijaga oleh antivirus.

Karena kemungkinan para penjahat cyber mengetahui kelemahan dari petangkat lunak tersebut sehingga dengan leluasa menyebar virus ketika perangkat lunak tersebut di update tanda perlindungan antivirus.

Nah dengan adanya fitur pembaharuan perangkat lunak ini Anda akan lebih nyaman, karena fitur ini akan membantu membaharui semua perangkat lunak yang sudah usang di komputer Anda dan menjaganya dari infeksi virus.

11. Pembersih Browser

Apakah Anda salah satu orang yang suka memasang Add-on dibrowser? Apakah Anda tau kalau banyak sekali Add-on yang tidak terpercaya dapat memperlambat komputer Anda? Bahkan tidak hanya itu, banyak sekali Add-on browser yang memang dirancang untuk mencuri data atau bahkan meretas browser Anda secara keseluruhan.

Fitur pembersih browser atau brower cleanup akan mengindentifikasi dan akan menghancurkan Add-on berbahaya tersebut.

Untuk fitur Pembersih Browser sangat disarankan di instal apabila Anda termasuk orang yang suka memodifikasi browser dengan memasang Add-on tidak terpercaya.

12. Disk Rescue

Beberapa virus yang sangat agresif apabila sudah terlanjur masuk ke Drive yang ada di komputer Anda maka bisa saja mencegah proses instalasi antivirus (tidak bisa instal antivirus).

Nah kelebihan Avast dengan Disk Rescuenya ini bisa di instal di USB dan CD. Jadi sekalipun komputer tidak bisa menginstal antivirus pada awalnya karena sudah diblok oleh virus, Anda tetap bisa memberantas virus tersebut lewat USB atau CD yang sudah terisi dengan Disk Rescue.

13. Inspektur Wi-Fi

Misalnya seisi rumah atau mungkin tetangga Anda menggunakan internet melalui jaringan internet (LAN atau Router) Anda.

Nah cara kerja dari Inspektur Wi-Fi ini akan memantau dan mencegah berbagai ancaman untuk semua perangkat yang tersambung kejaringan komputer Anda.

Kalau memang jaringan internet Anda digunakan oleh banyak pengguna, maka disarankan untuk menyertakan Inspektur Wi-Fi kedalam instalasi antivirus Avast premier.

14. Ekstensi Keamanan Browser

Cara kerja dari fitur Ekstensi Keamanan Browser ini akan memindai setiap situs web yang akan Anda kunjungi. Memeriksa reputasi dan keaslian situs, memblokir iklan yang menggangu dan memasukan Anda ke mode super aman saat Anda melakukan transaksi online seperti internet banking.

Nah bagi Anda yang sering menggunakan internet banking sangat disarankan untuk menyertakan Ekstensi Keamanan Browser dalam instalasi Avast premier.

15. Ekstensi Browser SafePrice

Fitur ini terbilang sangat canggih menurut saya, karena selain memastikan kita membelanjakan uang hanya di situs yang aman, Ekstensi Browser SafePrice ini bisa memeriksa kalau di situs lain ada barang yang sama dengan yang kita beli tapi harganya lebih murah.

Bagi Anda yang suka berbelanja online sebaiknya fitur ini dipertimbangkan untuk di instal.

16. SecureLine VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah semacam jalur rahasia yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri web tanpa ada yang mengetahui jejak Anda.

Dengan menggunakan VPN sangat bagus untuk menghindari peretas saat Anda menggunakan sambungan wifi publik.

17. Penghancur Data

Ketika Anda menghapus atau menguninstal sebuah aplikasi menggunakan fitur control panel atau aplikasi lainnya, belum tentu data dari aplikasi tersebut benar-benar sudah terhapus total.

Nah fitur Penghancur Data Avast premier ini mampu menghapus dan menghancurkan data sampai ke akar-akarnya.

Dan kelebihan lainnya adalah ketika data tersebut sudah dihancurkan, fitur Penghancur Data ini akan menimpa file dengan data terenkripsi. Sehingga seklaipun data tersebut berhasil dipulihkan tetap tidak akan bisa dibaca.

Kalau Anda suka menyimpan rahasia di komputer dan takut ketahuan suatu saat walau sudah menghapusnya, Fitur Penghancur Data dari Avast Premier adalah pilihan tepat buat Anda.

18. Pengingat Password

Fitur ini bekerja seperti sebuah brangkas khusus yang akan menyimpan kata sandi Anda dan mengisi kata sandi secara otomatis untuk akun apapun yang ingin Anda masukan. Selama Anda membukanya dengan kata sandi utama terlebih dahulu.

Jadi Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi untuk memasukan berbagai kata sandi yang berbeda.

Bagi Anda yang suka berganti-ganti akun dan sering lupa kata sandi, sebaiknya fitur Password ini ikut di instal.

19. Proteksi Data Sensitif

Fitur Proteksi Data Sensitif ini memungkinkan Anda menemukan dokumen sensitif yang rentan, seperti tiket pesawat, file gaji karyawan, pajak dan lain-lain yang tersebar di PC Anda dan melindunginya dari malware, akses tidak sah, dan penyalahgunaan lainnya.

20. Proteksi WebCam

Anda mungkin tidak akan mengira kalau kejahatan cyber bisa merusak lewat apa saja, seperti salah satunya dari WebCam PV Anda. Coba bayangkan ketika Anda sedang asyik nganu-nganu dan direkam dengan WebCam lalu ada orang yang mengintip? Wah bisa hancur reputasi Anda bahkan keuangan Anda apabila hasil rekaman di salah gunakan oleh peretas tersebut.

Dengan adanya Fitur Proteksi WebCam maka akan memblokir malware dan aplikasi tidak terpercaya yang berusaha membajak WebCam dan memata-matai Anda.

21. Cleanup

Fitur Cleanup ini akan membuat PC Anda seperti baru terus. Karena fitur ini akan terus membersihkan file-file sampah, mengoptimalkan pengaturan dan masih banyak lagi.

Hal ini dapat memberikan PC Anda lebih banyak ruang, membuatnya booting menjadi lebih cepat dan bahkan membuatnya bekerja menjadi lebih cepat.

22. Mode Game

Mode Game ini akan menghentikan pemberitahuan dari Avast sehingga menjadi tidak ada suara kalau Avast mendeteksi adanya virus atau malware. Membuat pembaharuan perangkat apapun tidak ditampilkan, dan memprioritaskan proses hanya untuk game, sehingga game dapat berjalan tanpa gangguan.

Nah kalau Anda suka bermain game dan muak kalau muncul notifikasi lain yang tentunya sangat mengganggu konsentrasi, menginstal Mode Game di Avast Premier ini sangat disarankan.

Langkah 4: Setelah Anda membaca semua keterangan tentang 22 fitur canggih yang ada pada Avast premier, silahkan ceklist seesuai dengan yang Anda butuhkan, dan terkahir klik instal.

Untuk instalasi Avast Premier memerlukan koneksi internet, jadi pastikan komputer Anda terkoneksi dengan internet yang stabil agar proses instalasi berjalan dengan baik.

Proses Instalasi Avast Premier

Nah demikianlah panduan lengkap cara instal Antivirus Avast Premier lengkap dengan keterangan 22 fitur canggih yang ada didalamnya yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon