Fitur Inspeksi URL Hadir di Google Webmaster Tools

Kabar gembira untuk para blogger karena kini fitur Inspeksi URL telah hadir di Google Webmaster Tools, yang tentunya dengan hadirnya fitur terbaru ini akan semakin mempermudah langkah para webmaster dalam mengoptimalkan kinerja halaman situsnya terhadap mesin pencarian.

Fitur Inspeksi URL Hadir di Google Webmaster Tools

Apa itu fitur Inspeksi URL?

Inspeksi URL adalah fitur untuk memeriksa satu persatu URL yang ada di setiap situs blog dan memastikan apakah sudah terindeks atau belum. Dimana sebelumnya kita terkadang bingung ketika mendapati hasil indeks yang tidak sesuai dengan jumlah artikel.

Seperti contoh salah satu blog saya memiliki artikel berjumlah 249 URL, tapi yang terindeks hanya 230 URL, nah untuk menemukan 19 URL yang belum terindeks terkadang harus melakukan submit ulang lagi semua URL dan hasilnya terkadang malah turun indeksnya.

Nah dengan adanya fitur Inspeksi URL semuanya jadi lebih mudah, kita bisa memeriksa satu-persatu URL dan bisa dengan cepat menemukan URL mana yang belum terindeks serta mengetahui kesalahan sehingga tidak dimasukan kedalam daftar indeks Google.

Bagaimana cara menggunakan fitur Inpeksi URL di Google webmaster tools?

Untuk menggunakan fitur Inspeksi URL kita harus masuk ke Google Webmaster Tools versi baru dan melihat di sebelah kiri lalu membukannya, masukan URL yang mau diperiksa lalu klik enter, maka kita akan melihat dengan jelas keterangan dari URL yang sudah terindeks atau yang belum terindeks.

Url yang sudah terindeks

Gambar diatas menunjukan salah satu URL diblog saya yang sudah berhasil terindeks.

Namun dengan hadirnya fitur Inspeksi URL ada salah satu fitur yang di hilangkan oleh Google, yaitu fitur submit URL yang biasa kita akses diluar webmaster tools, jadi untuk malakukan submit URL baru atau URL lama, kita harus masuk dulu ke Google webmaster tools dan menggunakan fitur Ambil sebagai Google (Petch as Google).

Demikianlah informasi tentang hadirnya fitur terbaru Inspeksi URL dari Google webmaster tools yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Klik disini untuk membuka komentar

1 comment

Terimakasih info nya gan

Balas

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER