Sunday, July 15, 2018

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Khusus Platform Blogger

Cara redirect domain lama ke domain baru - Ketika awal-awal kita membuat sebuah blog terkadang yang kurang diperhatikan adalah dalam memilih atau menentukan nama domain dan bagus tidaknya untuk kedepannya. Seperti pengalaman saya ketika membangun blog ini, waktu itu saya tidak tau tentang apa itu Domain Authority, apa itu Keywords On Domain dan lain sebagainya. Yang tersirat dibenak saya cuma mau menggunakan nama blog berdasarkan branding yang saya bangun sebelum terjun ke dunia blogging.

Setelah blog ini berjalan beberapa bulan saya baru sadar kalau ternyata nama dan terutama domain memiliki peran yang sangat penting terhadap konten yang saya buat. Akhirnya tersirat dipikiran saya untuk mengganti domain dan nama blog, namun saya berpikir seribu kali kalau untuk mengganti nama dan domain blog ini. Karena diawal blog ini didirikan saya tidak berpikir untuk mendapat banyak pengunjung, jauh-jauh sampai kepikiran kalau blog ini akan jadi sumber kehidupan untuk keluarga saya.

Kebetulan selain blog ini, saya juga memiliki beberapa blog lain yang ketika dibuat hampir sama dengan blog ini, saya tidak memikirkan masalah bagus atau tidaknya nama dan domain untuk urusan SEO, DA (Domain Authority) dan relevansinya dengan konten yang saya buat. Nah setelah makin memahami tentang pentingnya sebuah domain akhirnya saya memutuskan untuk mengganti beberapa domain blog yang saya miliki.

Sudah pasti siapapun yang punya keinginan untuk mengganti domain akan berpikir bagaimana agar setelah domain diganti, pengunjung yang sudah rutin masuk dan artikel-artikel yang sudah menempati posisi bagus dimesin pencarian tidak menghilang atau tidak membangun lagi dari awal, Atau dengan kata lain, bagaimana cara mengganti domain blog agar tidak ribet dan tidak sampai kehilangan pengunjung?.

Jelas hal itu sangat perlu dipikirkan, sebelum memutuskan untuk mengganti domain yang merupakan alamat tunggal dari blog kita lewat jalur internet, kita harus tau dulu langkah-langkah yang seharusnya dilakukan. Agar seperti yang saya katakan tadi, sekalipun alamat blog kita sudah berganti tapi pengunjung tetap bisa masuk dari alamat lama sebelum alamat yang baru bisa terindeks dengan sempurna.

Salah satu cara yang harus kita lakukan adalah mengarahkan pengunjung yang masuk lewat URL domain lama ke URL domain baru tersebut. Atau yang umum disebut meredirect domain lama ke domain baru.

Muncul pertanyaan, kan kalau domain sudah diganti otomatis semua URL baik URL blog maupun URL dari semua potingan dan URL lain akan berganti? Sudah pasti akan berganti, kalau misalnya URL postingan sebelum berganti domain https://www.domainlama.com/2018/07/cara-redirect-domain-lama-ke-domain-baru.html, maka setelah berganti domain diganti URL nya berubah menjadi https://www.domainbaru.com/2018/07/cara-redirect-domain-lama-ke-domain-baru.html. Dan berlaku untuk semua URL.

Nah apakah semua URL lama bisa diredirect ke URL baru atau hanya alamat domainnya saja? Tentu sangat bisa, simak saja artikel ini sampai selesai.

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru

Cara redirect domain lama ke domain baru plus semua URL

Sebenarnya yang menulis artikel tentang cara redirect domain lama ke domain baru sudah sangat banyak.Tapi setiap penulis mungkin punya cara dan pengalaman yang berbeda, termasuk saya tentunya. Yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Membeli dulu domain yang mau dipakai untuk mengganti domain lama.

Ini sudah jelas diperlukan, bahkan kalau bisa harus disiapkan jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk mengganti domain. Karena biasanya untuk domain yang baru di order tidak bisa langsung digunakan, harus nunggu beberapa jam sampai proses order selesai.

2. Hapus domain lama di blog.

Untuk menghapus domain lama caranya masuk ke Setelan > dasar > hapus domain. Saya rasa sudah pada tau cara menghapus domain, ada tanda X sejajar dengan domain, tinggal klik X saja maka domain akan terhapus dan kembali ke domain awal yaitu namadomaian.blogspot.com.

Cara menghapus domain

3. Pointing ulang menggunakan domain baru.

Nah tahap ini akan memerlukan waktu yaang sedikit lama, tergantung sistem dari penyedia layanan domain. Dan saya rasa cara pointing domain sudah pasti semua orang yang berniat mengganti domain sudah pasti tau, karena sudah punya pengalaman ketika mempointing domain yang lama.

Setelah pergantian domain berhasil, maka seluruh URL dari mulai URL blog sampai URL apapun yang pada awalnya diawali oleh domain lama akan berganti secara otomatis.

4. Membuat blog baru.

Langkah selanjutnya adalah membuat blog baru yang tetap menggunakan blogspot. Untuk nama blog bebas, untuk URL blog juga bebas, karena nantinya blog baru ini akan Anda gunakan untuk meredirect URL saja.

5. Pointing domain blog baru.

Pointing dengan domain mana? gunakan domain lama yang tadi dihapus dari blog lama.Kenapa harus pointing lagi? karena setiap pergantian URL akan merubah DNS dan CNAME dari yag sebelumnya. Otomatis Anda harus melakukan pointing ulang lewat cpannel masing-masing penyedian layanan domain yang Anda gunakan.

Apakah perlu mengimport konten dari blog lama ke blog baru? Tidak perlu, yang harus Anda lakukan cukup membuat blog baru dan dipointing menggunakan domain lama. Dan tidak perlu membuat artikel, biarkan saja kosong.

6. Pasang script redirect.

Nah langkah ke 6 atau langkah terakhir yaitu memasang script redirect. Untuk scriptnya silahkan bisa Anda copas script dibawah ini:

<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://www.domainbaruanda.com' + window.location.pathname;
</script>

Pasang kode script tepat dibawah kode <head> atau sebelum </head> di blog baru Anda. Untuk type https bisa Anda ganti dengan http kalau memang lebih suka menggunakan http. Tapi disarankan untuk menggunakan https saja, karena update terbaru dari google akan menandai sbagai alamat tidak aman untuk situs yang masih menggunakan http. Dan untuk domain silahkan ganti dengan domain baru, kalau sudah silahkan klik simpan.

Baca juga: Cara mengaktifkan fitur https gratis di blogger.

Kalau semua langkah datas sudah Anda lakukan dengan benar silahkan ketik salah satu kata kunci yang biasa muncul dipencarian dan kalau sudah muncul silahkan klik, maka akan otomatis di direct atau dialihkan ke blog lama yang sudah diganti domainnya.

Jadi kerugian Anda kalau menggunakan cara yang saya share ini hanya akan kehilangan pengunjung pada saat domain dihapus sampai selesai memasang kode script redirect saja.

Demikianlah cara redirect domain lama ke domain baru berikut semua URLnya khusus blog yang menggunakan platform blogger. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon