Friday, July 06, 2018

Cara Merubah Sistem Flash disk Atau Hardisk External dari FAT32 ke NTFS Tanpa Harus Kehilangan Data

Anda memiliki flashdisk atau mungkin hardisk eksternal yang saat ini masih menggunakan sistem file FAT32 dan Anda ingin merubahnya menjadi sistem NTFS, dengan alasan misalnya karena FAT32 tidak mendukung penanganan file besar lebih dari 4GB atau misalnya hanya ingin coba-coba saja. Tapi pastinya Anda punya ketakutan, yaitu takut data yang ada pada flashdisk atau hardisk eksternal Anda tersebut setelah di rubah sistemnya ke NTFS maka data Anda akan hilang. Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara merubah sistem FAT32 ke NTFS tanpa harus takut kehilangan data.

Cara Merubah Sistem Flash disk Atau Hardisk External dari FAT32 ke NTFS

Walau pada umumnya disarankan untuk menggunakan sistem file NTFS karena stabilitas, keamanan dan waktu defragmentasi yang lebih rendah, namun pada akhirnya sebagian besar dari kita tetap menggunakan FAT32 karena memang sebagian besar jenis flashdisk yang dijual dipasaran sudah di format dari pabrikannya di FAT32. Kita baru sadar akan kekurangan format FAT32 setelah mendapati ketika mengcopy file besar muncul peringatan "Tidak ada ruang atau disk error", padahal sebenarnya masih banyak ruang tersisa.

Ketika menghadapi masalah seperti itu ada yang tidak mau ambil pusing untuk merubah sistemnya, ada juga yang ingin sekali merubah tapi takut akan kehilangan data. Inilah akibat dari sebagian diantara kita malas membaca, padahal pihak microsoft sendiri sudah sejak lama memberikan solusi untuk masalah ini. Yaitu menambahkan kemampuan dalam command prompt untuk mengatasi ini dengan cara yang sangat sederhana.

Saat ini banyak sekali software atau aplikasi yang bisa dengan mudah digunakan untuk merubah FAT32 ke NTFS. Tapi disini saya akan menjelaskan cara yang lebih sederhana lagi, tidak perlu menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga. Cukup menggunakan perintah sederhana melalu Command Prompt atau CMD bawaan windows itu sendiri.

Berikut langkah-langkah merubah sistem FAT32 ke NTFS menggunakan CMD

1). Catat nama nama flashdisk yang ingin Anda rubah, misalnya Removable Disk (J) berarti yang akan Anda eksekusi nanti adalah drive J.

2). Klik Mulai atau Start atau logo windows di pojok kiri paling bawah layar komputer Anda.

3). Dikotak pencarian ketikan CMD, berlaku untuk semua varian windows, dari windows xp, vista, windows 7, windows 8 dan windows 10.

4). Setelah muncul CMD silahkan jalankan dengan cara klik kanan lalu pilih Run as Administrator.

5). Setelah jendela command Prompt atau CMD terbuka silahkan ketik "chkdsk j: /f" tanpa tanda kutip lalu enter, ingat J disini adalah flashdisk yang mau di rubah sistemnya. Kalau flashdisk Anda berada di H maka yang harus Anda ketik adalah "chkdsk h: /f ". Sistem windows akan memeriksa masalah dan memperbaikinya secara otomatis, jadi Anda tunggu sampai selesai.

Memeriksa drrive menggunakan CMD

6). Ketikan lagi "Convert J: /FS:NTFS" tanpa tanda kutip lalu enter, maka sistem windows akan menjalankan perintah Anda yaitu mengconvert atau merubah sistem FAT32 flashdisk tersebut menjadi NTFS. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Menjalankan proses convert FAT32 ke NTFS

7). Setelah CMD menujukan tulisan seperti pada gambar diatas atau tandanya selesai, silahkan periksa flashdisk yang baru saja Anda rubah sistemnya dengan cara klik kanan pilih properties.

Flashdisk sudah berhasil dirunah dari FAT32 menjadi NTFS

Gambar diatas menunjukan kalau proses convert FAT32 ke NTFS sudah berhasil, dalam hal ini sekali lagi saya tegaskan, And tidak perlu takut akan kehilangan data, karena cara ini sudah teruji sangat aman.

Demikianlah cara mudah merubah sistem flashdisk maupun hardisk dari FAT32 menjadi NTFS yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berkomentar yang bijak dan sopan dengan tidak menyisipkan link aktip. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon